pregnancy

1 hari di ruang bersalin 2 rumah sakit (part 1)

pegalMungkin gue akan lebih senang kalau memang udah 36 minggu keatas berada diruang bersalin itu. Tapi tidak.. usia kandunganku masih 30 minggu.. kontraksi ringan tiap 5 menit.. dan masih ada sedikit darah waktu sampe di ruang bersalin RS Muhammadiyah Bandung. Jam 3 sore udah di ruang bersalin nungguin Dr. Dwiwahyu dian yang lagi operasi caesar di RS Immanuel. Sambil nunggu aku berusaha berpikir positif, mengatur napas tiap kontraksi datang kek yang diajarin di buku hypnobirthing, berusaha rileks. jam 7 malam dr.Dian baru datang.

Setelah periksa dalam dan masih keluar darah, dr. dian gak bisa nyembunyiin muka ga enaknya. Pelan-pelan kontrolku mulai lepas, dan meledaklah air mata yang daritadi ditahan. Aku udah gak bisa nangkep apa yang dr.dian bilang, cuma bisa ngomong “tolong selamatkan anak saya dok…”

Abis itu ican keluar ngobrol ama dr.dian. Yang sekilas aku tangkep kalo pendarahan gak berenti kita harus siap operasi dan mengeluarkan bayi demi keselamatan ibu dan bayinya.

Memang darahnya mulai berkurang.. trus aku di usg. ternyata bener plasenta previa. Nutupin setengah jalan lahir, menggeser dan menyobek pembuluh darah. Karena itu ada pendarahan tapi gak ada rasa nyeri. Akhirnya ican, mama ku dan dr.dian berdiskusi karena ini juga situasi yang agak rumit. Kalo pendarahan terus takutnya supply makanan ke bayi terganggu. akan lebih baik dikeluarkan saat bayi masih belum melemah, tapi kembali lagi usia dan berat yang belum matang itu jadi pertimbangan seberapa dia bisa bertahan diluar.

Akhirnya diputuskan untuk observasi dulu semalam, liat darahnya berenti ato nggak. Karena yang keluar udah warna coklat, bukan darah segar. Tapi kalo sewaktu-waktu pendarahan lagi dr.dian siaga untuk langsung operasi. Aku dipindahin dari RS muhammadiyah ke RS immanuel pake ambulan karena di muhammadiyah gak ada NICU (Neonathal Intensive Care Unit) untuk bayi prematur.

Kalut..
tapi mulai pasrah..
aku pernah baca di buku “kehamilan hari demi hari” kalau usia 30 week kemungkinan hidup bayi 80%. Dan dr.dian pernah operasi bayi seberat 800gr usia 25 minggu, yang akhirnya sehat dan selamat, pulang dengan berat 1,8kg dalam 3 bulan.

Perjalanan 15 menit di ambulan itu terasa sangat lama…

bersambung disini : 1 hari di ruang bersalin 2 rumah sakit (part 2)

3 thoughts on “1 hari di ruang bersalin 2 rumah sakit (part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s