pregnancy

Plasenta aksesoris (tambahan), darimana?

Hari ini check up lagi ke dr.dian, setengah penasaran aku tanya ama dr.dian sebenernya apa yang membuat plasenta aksesoris (tambahan) muncul? Karena kata beliau kasus ku ini sangat jarang. Untuk yang mengalami plasenta previa aja 1 : 200. Berarti yang punya 2 plasenta kaya aku lebih jarang lagi dong?

Ya, aku punya 2 plasenta. Diatas yang besar, dan tambahannya dibawah kecil yang menutupi sepertiga jalan lahir, akhirnya penyobek pembuluh darah dan terjadilah pendarahan sabtu kemaren.

dr. d : “biasanya ini terjadi pada kehamilan kembar. Plasenta buat satu lagi untuk bayi yang satunya, nah kalo darina saya gak tau ini plasenta tambahannya dibuat untuk siapa, karena bayi nya satu”
me : “adik saya kembar dok.. anaknya tante saya juga kembar”

Analisa sotoy gue nih, mungkin tadinya mau kembar, tapi gak jadi. Awal hamil i got that feeling maybe my baby are twins. Tapi setelah di usg cuma satu yo alhamdulillah…

Dr. dian sendiri tidak membenarkan atau menyalahkan analisa sotoy gue, ada berbagai kemungkinan memang. Yah yang terjadi memang seperti ini, diterima aja. Dia bilang karena kasusku unik, pasti nanti akan di dokumentasikan. Yah kalo di foto plasentanya aja aku gak keberatan jadi bahan kuliah or something.. ge er amat paling juga nama plasentanya doang yang bahas bukan pasiennya. *placenta juga bisa tampil rupanya*

oiyah alhamdulillah me n my baby sehat, aku naek 1 kg dalam seminggu dan bayiku berdasar lingkar kepala umurnya 32 week 6 day, kalo dari tanggalan sih umurnya seharusnya 31 week 5 day. Wah seneng banget program makan edan-edanan ku rada berhasil.. kalo gak sakit atiiiii….

7 thoughts on “Plasenta aksesoris (tambahan), darimana?

  1. Hi, salam kenal ..gue dedet. Sekarang lagi hamil 26 minggu. Terakhit USG ada indikasi plasenta tambahan dan menutupi jalan lahir. Gal terlalu puas dengan jawaban dokter yang juga masih mengharuskan obesrvasi, aku coba cek pengalaman orang lain. Membaca pengalaman kamu memberi pencerahan juga, tenang karena kamu akhirnya bisa normal. Aku juga pengen normal. Boleh tanya ga? Kalo plasenta tambahan kamu itu apakah sama dengan plasenta previa? Ketika plasenta previa menyebabkan pendaharan waktu itu, plasenta tambahannya kemana ? atau plasenta tambahan muncul setelah plasenta previa ? Sorry ya banyak nanya. Thanks

    1. kalo dari pemahaman ku placenta previa adalah keadaan plasentanya yang menutupi jalan lahir. sedangkan placenta tambahan itu “kepanjangan” dari placenta, analisa sotoynya karena placenta nya panjang jadi nutupin jalan lahir (placenta previa). yang penting kepala bayi masuk jalan lahir jadi mendorong placenta keatas.

  2. Hi mom,
    Saya juga punya plasenta tambahan, tp semasa kehamilan tdk terlihat di Usg bahkan sempat 4D jg tdk teilhat.
    Proses kelahiran saya sekitaran 48 jam . Stuck d pembukaan 3 selama 2 hari , segala mcm obat d masukin tdk mmbntu sma sekali. Dgn bantuan induksi baru anak lahir 4 jam setelah induksi . Saat itu anak lahir dgn 1 plasenta.
    Lucunya, sehari stlh lahiran dokter mmriksa keadaan rahim sy mllui Usg tdk teilhat jg Ada yg trtinggal.
    Seminggu stlh kluar dr rmh sakit waktunya saya checkup, bru kliatan d stu Ada yg trtinggal, dan itu plasenta lg. Jd harus d kuret waktu itu. Aneh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s