pregnancy · review

Mencoba lagi praktek buku Hypnobirthing

front-coverSetelah dinyatakan ada kemungkinan bisa melahirkan normal ama dr.dian, aku jadi buka buku hypnobirthing lagi. Tadinya mau ikutan kursus nya di RS Bunda tapi keadaan berkata lain. Yah sudahlah.. Buku ini sedikit banyak sudah cukup membantu.

Jujur masih susah praktek. Asa bingung gitu..ada teknik pendulum, teknik bola energi, teknik menggerakkan lengan, teknik memanjangkan jari tangan. oalah.. iki piye tho.. rada pusing baca buku, kayanya bacanya harus diulang terus biar inget. Tapi CD nya sangat membantu ternyata. Kemaren aku bete banget dan sindrom kebosanan atau salahkan hormonal. Trus aku dengerin CD ini nyoba relaksasi. Alhamdulillah rada tenang loh.. Mungkin gara-gara musiknya, dan keinginanku juga untuk rileks.

Bab yang aku ulang bacanya sekarang adalah Teknik pernapasan saat persalinan. Sangat mudah dipraktekan dan diingat. Dan sangat membantu waktu kemaren aku terpaksa ke UGD karena pendarahan. Waktu kontraksi aku atur napas seperti yang aku baca di buku. Waktu aku bilang aku kontraksi tiap 5 menit dr.dian ama susternya bilang “kuat yah”. Hmm? kontraksinya ringan sih menurut gue, dan teknik napas itu sangat menolong. Tapi gak tau ya kalo ntar persalinan, pasti 1000X lebih mules dan dasyat kalo denger dari rintihan ibu-ibu sebelah waktu kemaren itu…

Ada beberapa tips juga kaya sebaiknya lidah kita ditaro di atas mulut untuk merilekskan rahang. Kalo lidah dan rahang kita rileks artinya vagina kita juga rileks *baru tau*, ato kalo gak tahan pengen ngeden ambil posisi sujud, pipi letakkan di lantai *nah kalo ini bisa gak ya dilakukan, hmmm*. Dan tips-tips lainnya..

Yang paling utama yang aku ambil dari buku ini adalah kita harus rileks, menerima segala rasa sakit dengan mengatur napas bukan menahannya. Intinya mungkin keep positive thingking and be tough kali ya. Kalau pun ntar akhirnya caesar beberapa teman yang ikutan kursusnya dan akhirnya caesar bilang gak sia-sia juga ikutan karena lebih mempermudah mereka. Mudah-mudahan aku inget teknik dan tips yang diajarin supaya mempermudah dokter, bayiku ama aku sendiri. Bismillah…

4 thoughts on “Mencoba lagi praktek buku Hypnobirthing

  1. gue jg dah beli dan dikit2 praktekin yg diajarin buku ini, tp ternyata..
    got eklamsia jd hrs dicaesar deh, hiks..
    mudah2an bs dipake buat anak kedua nnt..

  2. aloow Iti..dah nyoba praktek hypnoborthning ya??aq malah belum selesai bacanya dan lagi rada bosen baca buku2 kehamilan..tapi harus mulai semangat lagi neh…insya Allah lancar ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s