parenting · review

The Baby Book by William Sears, M.D

The Baby Book by dr.Sears
The Baby Book by dr.Sears

Belum, aku belum khatam baca the baby book ini. Abisnya 1000 halaman lebih bo.. Tapi udah baca sampai bagian 3 dari total 5 bagian, jadi sedikit banyak aku udah bisa mengambil kesimpulan dari isi buku ini.

Detail dan keren. Gak heran buku ini laku keras dan dijadikan buku primbon untuk mengasuh anak dari 0 bulan sampai 2 tahun. Penulisnya William Sears adalah dokter spesialis anak dan istrinya adalah seorang perawat. Mereka memiliki 8 orang anak, 2 diantaranya sudah menjadi dokter anak juga tampaknya.

Cara-cara pengasuhan mereka ini menurut aku jauh dari kebiasaan orang barat. Dan beberapa cara mereka bikin aku sering bergumam “ooh ternyata gitu ya, jadi selama ini aku salah sangka”. Misal orang barat kan jarang ngegendong bayi mereka dengan tujuan supaya bayi mandiri. Tapi menurut dr.sears bayi baru lahir hingga 6 bulan membutuhkan kenyamanan yaitu dengan gendongan. Bayi yang sering digendong terbukti jarang rewel, jarang kolik, berat badan cepet nambah, dan belajar lebih cepat karena energi yang dipakai untuk menangis digunakan untuk tumbuh dan belajar. Sangat masuk akal ya.. jadi istilah “bau tangan” itu ada baiknya juga dilakukan. Toh katanya nanti saat bayi sudah besar mereka akan beraktifitas dan belajar lebih banyak di lantai. Dan bayi hanya sebentar menjadi bayi…

Memang beberapa perawatan bayi sehari-hari kaya memandikan dan memijat rasanya lebih gampang kalo baca buku dari dr.suririnah aja (review-nya klik disini) karena bergambar dan bahasanya lebih simple. Tapi buku 1000 halaman ini masih punya banyak informasi yang kita butuhkan, seperti :

  • kiat melahirkan yang menyenangkan
  • bagaimana memulai awal yang benar dengan bayi baru lahir
  • apa yang harus dilakukan dari menit-menit pertama bayi lahir sampai umur 2 tahun
  • masalah/penyakit umum di minggu-minggu pertama
  • nutrisi makanan bayi *penting nih*
  • cara mengasuh : gimana kalo dia rewel, cara nidurin, dll.
  • cara menyusui yang benar. Cara menyusui yang benar disini lebih detail dibahas daripada buku dr.suririnah maupun di modul-nya AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Ternyata bibir bawah bayi tu harus posisi keluar dan areola masuk semua ke mulut bayi. Kita pegang puting dengan ibu jari dan telunjuk, dan saat memasukkan ke mulut bayi kita tahan dagunya dengan punggung telunjuk sehingga areola kita masuk seluruhnya ke mulut bayi. Kalo bibir bawahnya terlipat kedalam kita lepaskan dulu dengan memasukkan jari kelingking ke pinggir mulut bayi, lalu coba dimasukkan lagi. Dengan lidah bayi melakukan penekanan dibawah areola kita dia menekan semacam kelenjar penghasil asi yang melancarkan keluarnya ASI.
  • Obat-obatan yang aman.
  • apa yang bayi lakukan saat dia 6 bulan mulai berdiri, bagaimana perawatan kakinya, toilet training, daan masih banyak lagi sampai usia 2 tahun.

Aku sendiri sekarang bacanya banyak nge-skip yang kira-kira masih lama diterapkan. Jadi baca-baca buat yang newborn baby dulu aja, ntar kalo ada masalah *mudah2an ngga* atau udah lewat masa newborn aku buka-buka lagi buku ini.  Tersedia hardcover 1000 halaman jadi satu, atau softcover dijadiin 5 buku per bagian. Aku pilih yang softcover karena terpisah jadi lebih gampang bacanya, kalo satu tebel gitu asa beurat yak. Kalau di gramedia harganya Rp.199.000,- kalo beli online di serambi lebih murah, kalo ga salah diskon 30% gitu. Tapi aku belinya di pasar palasari bandung Rp.147.000,- yang softbook udah disampulin plastik. hehe.. prinsip ibu-ibu kan kalo ada yang lebih murah kenapa beli yang lebih mahal? 😀

5 thoughts on “The Baby Book by William Sears, M.D

  1. Masih ya, infonya.
    Sy mau beli buat kado utk saudara yg baru punya anak. Kayaknya, sy mau coba nyari di Palasari.
    Thanks ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s