pregnancy

Rumput Fatimah : minum atau ngga?

Tante tei taun kemaren abis balik dari Tanah Suci bawain aku biji salak, bubuk kurma sama rumput fatimah. Entah kebetulan atau ngga, pas aku minum rebusan biji salak itu jadi langsung hamil.. hehe.. yah kayanya emang udah rejeki aja sih.. alhamdulillah..

Tapi untuk minum rendeman air rumput fatimah ini aku masih mikir-mikir. Googling iseng-iseng, eh ternyata banyak yang menyarankan kalau hamil jangan minum air rumput fatimah.

Ini nih artikel nya :

MITOS mengatakan, jika Anda susah melahirkan, minum saja rumput Fatimah. Namun menurut dr Febriansyah, berdasarkan penelitian, rumput Fatimah sama dengan oksitoksin ( zat yang digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim). Biasanya, rumput Fatimah ini direndam dalam air hingga mengembang, kemudian air rendamannya diminum.

“Dokter tidak menyarankan pasien untuk meminum rumput Fatimah karena kontraksi yang ditimbulkan akan sangat tinggi, tanpa ada jeda waktu istirahat. Yang sering terjadi, para ibu hamil itu sudah meminumnya dari rumah. Alhasil, kontraksinya benar-benar kencang. Tapi pembukaannya tidak sesuai dengan kontraksinya,” sesal dokter yang berpraktek di RSIA Hermina Jatinegara ini.

Ia menambahkan, akibat kondisi ini, si ibu akan kesakitan, dan bayinya menjadi stres. Inilah yang menyebabkan dokter memutuskan untuk operasi. “Bahkan bisa saja akibat dari meminum jamu tradisional ini, rahim ibu bisa robek,” amarnya.

(Mom& Kiddie//tty)

Jadi yang aku tangkep rumput fatimah ini semacam induksi yah.. memancing kontraksi, tapi karena di minum jadi ngga bisa kita kontrol, beda ama induksi infus. Jadi inget nadeen pernah bilang “kalo terpaksa di induksi jangan yang diminum pake pil, mending pake infus aja, jadi bisa dikontrol kalo mau berenti induksi”

Hmm, aku emang pengen cepet-cepet brojol, tapi kayanya aku mending ngga minum aja deh.. takut.. :S

10 thoughts on “Rumput Fatimah : minum atau ngga?

  1. Hai.. Salam kenal mbak..
    Sebaiknya memang ga usah diminum mbak.. Apalagi dosis minumnya cuma kira2. Pengalaman temenku yang minum rendaman rumput fatimah malah kontraksinya ngga terkontrol dan sempet pendarahan.

    Kalaupun akhirnya harus induksi,ya ngga apa2 mba. Pengalamanku sendiri, aku juga diinduksi waktu melahirkan karena udah lewat batas waktu. 10jam diinduksi pake infus ga ada pengaruhnya sama sekali,gak mules sama sekali. Akhirnya induksi diganti pakai obat untuk melenturkan mulut rahim yang damasukkan lewat vagina. Ga lama kemudian langsung mules dan pecah ketuban, 4jam kemudian anakku lahir secara normal dan lancar. Kata dokter untuk anak pertama termasuk cepet prosesnya. So, ga perlu takut di induksi kalo memang akhirnya kita mesti diinduksi. Kalo pikiran kita udah serem dengerin kata orang tentang sakitnya induksi, tar kita jadi tersugesti.

    Bismillah aku doain Insya Alah lahirannya lancar dan bisa kasih ASIX ya.. 🙂

    Hihi sorry jd kepanjangan nih 🙂

    1. iya yah mbak.. aku juga takut kontraksi duluan tapi belum ada pembukaan. Pengen cepet2 mules nih.. tp baru 37 minggu… rata2 pada 39-40w yah.. thx 4 share ya, mudah2an aku bisa normal juga. amin.. salam kenal…

  2. Setuju sama mbak Motik, gak usah minum mbak. Semoga saja bisa kontraksi alami dan pembukaannya lancar jadi gak perlu diinduksi. Tapi misal diinduksi pun, gak papa. Aku dulu juga diinduksi karena udah pecah ketuban, trus pembukaan 2 gak nambah2. Alhamdulillah, setelah diinduksi bisa melahirkan spontan. Di bilang sakit, ya sakit tapi sakit yang nikmat karena membayangkan sebentar lagi akan bertemu dengan buah hati 🙂 . Aku doakan proses melahirkannya lancar, mbak dan dedeknya sehat. Amin.

  3. hai dar.. udah lahiran blom?
    klo kmrn andri dah pembukaan tp ga mules2.. sama mama mertua disuruh minum. awalnya sih takut, tp bismillah aja..
    eeeh, taunya ga ngaruh, ga mules sedikit pun, pdhal bny minumnya. saranku sih jgn deh, soalnya sm bidan/dokter jg ga bolehin..krn takutnya bs menyebkan pendarahan, krn takutnya perut trs melakukan kontraksi wlpun bayi dah kluar.
    Akhirnya andri kmrn diinduksi deh dar… tp alhamdulilah cm 4 jam proses lahirannya, cpeet.. mudah2an darina bs lancar ya lahirannya.. amin..

    1. iya aku udah baca cerita persalinannya, seru.. hehe.. seneng ya bisa normal.. iya ni aku nunggu tgl 8 april mau di CTG, kalo aman nunggu lagi seminggu, kalo gak aman mau induksi.. harusnya due datenya 10 april, tapi tgl merah. kalo tgl 9 april lagi pemilu *entah apa hub nya,hehe* jadi moga2 bisa 8 april aja

  4. aku pgn hamil nie..pas baja soal biji salak jd pnasaran..crita dunk..biji salak apaan..truz gmn tuh caranya?klo bs email lsg aja k email aku yawgh…thx in advance

    1. reply disini aja ya, ga lagi buka email euy. biji salak tapi besar gitu.. dibawain tanteku dari mekah. direbus trus airnya diminum ama suami n istri. Tapi kynya fungsinya sama aja ama sari kurma dan sari penyubur lainnya.. cobain aja diminum pas H11, H13, H15 (H hari pertama mens).. gudlak ya, rejeki mah ga kemana

  5. beli dimana rumput fatimahnya??
    apa mestidimekkah yah
    jauh yah…
    kasi info dunk..aq perlu ni…
    perlu banget…serius…
    tolong aqlah wahai temen teman

    1. di Tanah Abang kata temen kantorku banyak jeng.. Atau coba di toko baju muslim/oleh-oleh haji gitu.
      Tapi aku sendiri belum pernah beli sih, kmrn kebetulan dikasih.. maap kalo ga membantu ya..

    2. Rumput Fatimah bisa dibeli di toko-toko yang menjual pakaian muslim, air zam zam dan oleh2 lain dari tanah suci. Banyak lho sekarang dikota kota besar. Atau tanyakan sama pengurus KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang dekat dengan kediaman anda. Insya Allah ketemu. Bisa juga ditanya kepada ibu2 hajjah kenalan dekat. Mungkin ada nyimpan dirumah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s