persalinan · pregnancy

Cerita bersalin : Saatnya kontraksi asoy

38 week 3 days : keluar lendir bening. Ini apa yah? panjang kira-kira 20cman, tapi gak ada darah.. gak mules apalagi kontraksi.

38 week 5 day : keluar lagi lendir tapi kali ini warnanya coklat. Tapi gak merah darah sih.. dan tenang aja tuh, gak ngrasa apa-apa..

38 week 6 days

jam 3.00 kebangun dari tidur soalnya sakit perut, rada mules, tapi cuek, tidur lagi. Ampe jam 4 tyt udah ga ngantuk. yaudah makan roti bakar deh ama teh panas, biasanya berhasil mancing BAB, ternyata bener rada menc**t, wedew mana flu berat..

jam 5.00 dah ga ngantuk, perut abis BAB mayan lega. saatnya jalan cepat. 15 menit cukup. eh tapi ko perut rada kenceng ya sekarang

jam 8.00 mamaku bangun akhirnya bilang periksain aja. yaudah deh, cekap aja ke RS ntar jam 9, skrg mandi dulu, makan nasi ma telor, cabcus..

jam 9.00 udah sampe RS tapi dr. dian belon dateng

jam 10.00 dr. dian dateng, periksa dalam, ternyata udah bukaan 2!!! WHATTT??? Alhamdulillah… aku buru-buru nelp hubby di jakarta. Trus langsung rawat inap, tapi takut bosen di kamar jadi aku keliling RS aja jalan kaki, sambil FBan pake HP. nulis status “lagi jalan kaki keliling RS, udah bukaan 2 katanya” 5 menit kemudian.. jrenggg… 20an comment. Alhamdulillah banyak yang ngedoain.. ayo-ayo semangat, mendadak bukaan 10 dong!!

jam 11.00 udah di ruang tunggu bersalin, kalo sebelumnya masih ketawa2, utak atik BB sambil makan muffin, sekarang udah gak bisa!!! makin sakit, ampe pinggang.

jam 12.00 berusaha atur napas sesuai buku hypno. subhanallah.. alhamdulillah.. subhanallah.. alhamdulillah.. gonta ganti posisi menghadapi kontraksi. tidur nyamping kanan, kiri, duduk, ngangkang, jalan, liatin jam. it works!! masih sakit tapi at least aku yakin bisa berhasil ngejalanin semua ini. Aku bakal butuh tenaga banyak, makan nasi dulu jatah dari RS.

jam 15.00 yuk mareeee asoooy (untuk mengurangi ke-lebay-an maxudnya asoy = amat sangat sakit sekali). Periksa dalam MASIH BUKAAN 3 JUGA!!! “ya bukaan 4 lah” kata suster. APAAA??? dari jam 11 cuma nambah satuuuuu? Aku langsung minta minum rumput fatimah yang tadinya aku tolak. Udah basah gini nyemplung aja sekalian!! aku butuh kontraksi lebih kuat supaya ngebuka lagi, dah ga peduli deh.. lagian ko aku gak di induksi sih? Suster tolong tanyain dr.dian apa aku perlu di induksi? tapi katanya gak perlu soalnya aku udah mules.. Wedewww.. sampe kapan ini akan berakhiiiirrrrr

aku ngambek gak mau di foto, lagi sakit banget gini!
aku ngambek gak mau di foto, lagi sakit banget gini!

Jam 18.00 Ya Allaaaahh… sakiiit sakiitt.. nafasku udah keluar bunyi-bunyian. uuuhh.. aah..uuh…aaah… Apalagi aku FLU BERAT!! Gak bisa napas pake hidung, alamak LENGKAP SUDAH! Mama ko sakit gini sih? Ini sampe kapan? Gak tahan nih mau pingsan! rahangku gemeter karena cape napas pake mulut. Hubby di kiri, mamaku di kanan, terus ngingetin jangan tegang, istigfar, mengalihkan pembicaraan yang tentu saja tidak berhasil sama sekali dengan kontraksi sesakit itu. Kaya di tusuk gergaji listrik,trus diputer-puter, ditibanin beton berton-ton!! pinggul kaya dirobek, ditabrak truk gandeng bertingkat pula!! *bahkan gue gak merasa ini hiperbola*

Suster akhirnya dateng bawa infus, kata dr.dian coba di induksi aja. Tapi suster saya pengen ngeden rasanya, di periksa dalam. UDAH BUKAAN 7!!! Dan keluar lendir darah lumayan banyak. ALHAMDULILLAAAAAHH gak jadi di induksi. Ya Allah gak nyangka udah semakin dekat. Aku langsung dibawa ke ruang bersalin…

(bersambung ke Cerita bersalin : Mengantar ke dunia)

Advertisements

10 thoughts on “Cerita bersalin : Saatnya kontraksi asoy

    1. Anis n Nuri :
      tapi tiap orang beda-beda ko jeng, ada yang bukaan 9 baru ngrasa mules.. setengah ngeden anaknya udah keluar. Jangan pada parno yah, kan ceritanya belon selesai.. hehe..

  1. ih ngeri juga ya mb… waktu saya mo lahiran sasha, niatnya normal… tp krn kepikiran terus betapa sakitnya nanti, saya jd stress en berat badan saya turun en kondisi baby didlm jg udah kurang baik (detak jantungnya melemah) yah terpaksa di sesar deh….
    pengen sih lahiran normal… perjuangan en pengorbanan utk anak jd lebih terasa…
    pokoknya selamat menjadi ibu baru ya mb…
    penasaran nih pengen liat baby ZK… photonya donk… πŸ™‚

  2. rumput fatimahnya jd loe minum ti?
    emang fungsinya buat apa si? di ruang bersalin nya YPK malah ada tulisan gede2 “Dilarang minum rumput fatimah tanpa sepengatahuan dokter”

    1. jadi ktnya mengandung oksitosin yang fungsinya sama kaya induksi nur.. cuma kalo induksi infus kan terkontrol. kalo ini ngga.. yah wallahu alam deh gue waktu itu nyari semangat

  3. hi mba darina….slm knal sebelumnya…
    aku udah lama jadi silent reader blognya mba.. =)
    hari ini iseng2 pengin tau crita2 pas mba mengandung ZK yang lucu bgt itu…hehe…
    pas baca posting ini…huhuhu…langsung berkaca2…
    Subhanallah bgt kayaknya yah…
    nice to read ur blog…keep writing….

  4. mbak darina, salam kenal…
    Baca story persalinannya jd inget waktu nglairin rasya 6bulan lalu…saya harus induksi oral dan infus, masuk RS jum’at jam 3 malem, lahir sabtu jam 3 kurang 10 menit malem..huufftt kebayang kan sakitnya mahaluarrrrrrrrbiasaaaaa…kluarga sempet bilang secar aja tp waktu itu sy ngeyakinin kluarga klo saya kuat dan bisa normal, alhamdulillah dokter jg mendukung untuk tetap normal krn kondisi sy dan bayi masih baik….semua perjuangan terbayar sudah saat baby dipelukan….. :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s