persalinan

Tips Persalinan

Heheh.. gara-gara ada beberapa teman yang nanya seputar persalinan dan ada beberapa yang akan bersalin jadi pengen inget-inget lagi kira-kira kemaren pas melahirkan hal-hal apa yah yang lumayan memudahkan aku. Memang sih tetap bakal sakit pastinya *yaiyalah namanya juga melahirkan, kalo gak sakit namanya jalan-jalan, hayah* Tapi semoga jadi sedikit meringankan beban ya..

Saat kontraksi datang..

  • lakukan teknik pernapasan perut.
  • Jangan tegang. Ini penting. Karena kalau tegang malah tambah sakit.
  • Pastikan vagina rileks dengan cara merilekskan rahang mulut, lidah ditempelkan ke langit mulut (sumber : buku hypnobirthing)
  • Terima aja semua rasa sakitnya, jangan ditahan.
  • Lihat jam dinding saat kontraksi datang. ambil asumsi misal kontraksi akan berlangsung selama satu menit *sebenernya kurang sih* Jadi saat kontraksi dimulai di angka 6, berarti akan berakhir juga di jarum jam angka 6. Ini lumayan berhasil mengalihkan perhatianku bukan pada rasa sakit.
  • Lihat jam dinding lagi untuk menghitung berapa jeda kontraksi. ini juga supaya kita “siap-siap” bakal dateng kontraksi lagi.
  • Waktu kontraksi mereda, kalau laper isi perut. Makan dan minum untuk mengisi energi. perjuangan masih panjang.
  • Cari posisi yang paling nyaman untuk menerima kontraksi. aku nyoba tidur miring kanan, kiri, terlentang, duduk dengan kaki bersender/diangkat, duduk membelakangi kursi, jalan-jalan, pokoknya semua cobain aja.
  • Sebut terus kalimat afirmatif kita. Misal “ngga sakit, ngga sakit” –> yang mana jelas-jelas boong sih. Atau “aku pasti bisa melewati semua proses ini”, “sebentar lagi aku akan bertemu bayiku”, “saat ini adalah saat yang paling aku nantikan, rasa sakit ini yang aku tunggu-tunggu” Dan lain-lain sesuai keinginan kita aja. Tapi dalam hati aja ya, ntar dikira penyair lagi unjuk gigi baca puisi.. hehe kidding πŸ˜€
  • Menahan mengejan : saat rasa ingin mengejan sudah datang tapi masih disuruh nahan. Aku minta tolong ican untuk menahan pantatku pake kepalan tangannya.
    persalinan05c
    Mayan berhasil sih.. entah sugesti ato ngga.. hehe.. ada juga beberapa posisi lain yang aku dapet dari blog orang. KLIK DISINI.
  • Terus berdoa. Misal sambil bernapas saat ditarik aku sebut “subhanallah” dan sewaktu dihembuskan sebut “Alhamdulillah” atau doa-doa lain.

Kalau ditanya seberapa sakit, yah pokoknya asoy deh πŸ˜€ Aku sempet mau nyerah juga minta caesar atau pereda nyeri gitu, tapi aku mikir lagi kalau ngga ada alasan medis yang berarti lebih baik dihindari. Soalnya aku pernah baca juga beberapa efek samping pereda nyeri. Mungkin memang benar gimanapun yang alami pasti lebih baik. Aku percaya Allah udah mengatur sedemikian rupa, Insya Allah yang terbaik. Dan seperti kata pepatah, just do the best and let God do the rest, akhirnya saat bertemu bayi kita, semua usaha dan pengorbanan itu terbayar sudah πŸ˜‰

welcome to the world our precious baby girl
welcome to the world our precious baby girl
Advertisements

6 thoughts on “Tips Persalinan

  1. Itu ilustrasi gambarnya lucu banget si ti..dari mana sih LOL gw lagi mempersiapkan diri nih….huffffff 0__o latian relaks dan pernafasan gw masih kurang nih!

  2. dulu gue juga baca tu bukunya.. dan hasilnya…. waktu kontraksi bener2 dateng.. gatot bow.. lupa semua sak pleng2an! jadi deh, sakit huhuhuhuww…

    kali ini bikin contekan deh..

  3. iya uda dari lama kelarnya sih, cuma masih belajar utk masuk ke tahap relaksasi dengan cefat…suseh juga, mana tiap belajar bawaannya langsung tidur lagi hahaha…

    eh ya, lucu2 deh ya gambar orang jepun tuh! ga jadi serem πŸ˜€

  4. punya buku hypnobirthing tapi g kebaca.. jadi gak tau caranya.. cuman berdasarkan waktu ikut senam hamil aja.. jadi pas kontraksi pake napas huh hah huh hah itu hehehe.. untungnya kontraksinya bisa kutolerir.. sakit tapi nggak banget2.. cuman pas bukaan 9 yang udah nggak tahan tuh.. pengen ngeden tapi g boleh.. rasanya kayak sembelit yg udah lamaaaaa banget.. trus pengen pup tapi gak boleh hehehe..

    sayangnya aku g tau tuh kalo pantatnya bisa ditahan pake kepalan tangan.. jadi aku kmaren cuma modal kegel aja *halah :p

    tapi yang pasti tuh kunci pas ngelahirin itu y ikhlas n tawakal.. mudah2an smuanya lancar πŸ™‚

  5. persiapan lahiranku dulucuma dari buku-buku. Tapi makin banyak baca malah makin ngilu, akhirnya mutusin untuk c-section aja. Dokter ga kasih.

    Ternyata 38 minggu si baby dah keluar. Aku cuma pake partial epidural – jadi ga ngaruh ke bayi & masih bisa ngerasa kapan musti mengejan. Proses persalinan lumayan cepet, sekitar 7 jam total dari kontraksi. Duh, untungnyaaa pake epidural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s