ASIX

Bawa ASIP beku keluar kota

Setelah kemaren sempet deg-deg-an dan konsultasi sana sini. Akhirnya aku coba ngebagi 2 kloter untuk bawa 6 liter (60 botol) ASI perah-nya si neneng. Per 30 botol aku bawa pake cooler box besar dan blue ice sebanyak berikut :

blue5

Hasilnya.. perjalanan dari bandung jam 11 siang sampe jakarta jam 2 siang, ASI nya masih beku ku ku… *horayy* alhamdulillah… Katanya memang blue ice ini tahan sampe 8 jam. Dan blue ice ini juga buat jaga-jaga kalo *tapi amit-amit deh jangan sampe* Kulkasnya mati listrik!!!

DSC04456

Tapi Insya Allah kalo emang bisa ngasih si neneng ASI segar yang baru diperah terus, mungkin ngga usah pake ASI beku ini. Mudah-mudahan bisa ya.. amin.

Advertisements

21 thoughts on “Bawa ASIP beku keluar kota

  1. Alhamdulillah, ikut lega deh πŸ™‚ . Wah, aku dibuat ketar-ketir karena listrik mati mah udah beberapa kali. Sampai umur Dita 11 bulan ini, kira2 sudah 5 kali listrik mati. Yang paling lama 4 jam. Tapi kalau kondisi kulkasnya OK, katanya sih sampai 12 jam ASIP masih beku. Sekarang sih di freezer aku tambahin es batu banyak2. Setidaknya bisa mempertahankan suhu freezer lebih lama jika listrik mati. Kalau mbak pakai blue ice lebih sip tuh.

    Oh ya mbak, share dong. Waktu bawanya mbak pake cooler bag merk apa? Lock n Lock? Harganya brp? Trus rubbermaid blue ice nya beli dimana ya? Sekalian juga harganya. Ada temen yang nanya nih. Thanks πŸ™‚

    1. rubbermaid beli di ace hardware mbak.. cooler box nya ga tau merk apa py bokap biasa buat mancing ikan. tp pk lock n lock juga bisa. klo hrg yang kotak besar blue ice no 1 itu 44rb, yg kecil 20rb, yg ketiga 30rban, yg plastik besar 40rban..

  2. Wah! infonya menarik niy!
    Aku jg lagi komit pengen ngasi asi eksklusif ke Dd Nathan kalo dah lahiran nanti.

    Botol buat Asinya tuh yg kayak gimana tuh Mom? maklum dulu Nathan wkt aku balik kerja, terpaksa Asi Stop:( *masi oon.com emang. bisa dipoto lebih deket gak? hehehe….

    dikantor ada kulkas sih, tapi perjalanan dari kantor ke rumah tetep harus pake cooler box ya? perlu blue ice juga?

    1. botol ASI nya beli di http://www.avellinoshop.multiply.com mba.. kayanya jatohnya 2500an satu botol. atau kalo mau murah beli botol kaya UC1000 di pasar taman pramuka kayanya 1000an deh.. atau murah lagi beli UC trus botolnya dipake..
      rencananya kalo merah di kantor mau aku taro dikulkas, kebetulan ada kulkas diruanganku, tapi perjalanan dari kantor ke rumah lumayan mungkin 1-2 jam (kalo macet edan-edanan) jadinya aku bawa cooler bag sama blue ice.

  3. nice tips..
    lagi perlu info ini buat bawa ASIP dari kantor ke rumah..
    jarak kantor rumah 1,5 jam. udah siap cooler box sih, cuman binun aja butuh berapa blue ice.. tks yah..mama na zahra..

  4. Mbak Darina, ikut nimbrung komennya mbak Sarie dan mbak Laksmi ya. Kalau untuk bawa ASIP hasil perahan dari kantor mungkin tidak sebegitu ribet bawa ASIP yang sudah beku. Soalnya kalau bawa ASIP beku dan mencair di jalan, dalam 24 jam ASIP harus segera diberikan ke bayi, lebih dari 24 jam, terpaksa dibuang karena ASIP beku yang telah mencair tidak boleh dibekukan lagi.

    Kalau saya pakai cooler box dari medela. Waktu beli itu sdh termasuk blue ice dan 4 botol @150 ml plus tas nya. Jadi kalau sudah ada cooler box ya tinggal beli blue ice nya. Kalau di kantor ada kulkas lebih bagus, tapi kalau menurut saya bawa ke rumahnya tetap pakai cooler box+blue ice untuk menjaga supaya tetap dingin.

    Ada link yang bagus buat referensi soal ini : http://www.askdrsears.com/html/2/T026900.asp#T026901

  5. Eh tambahan, maksudnya yang 24 jam itu, setelah ASIP beku mencair, masih bisa disimpan di kulkas selama 24 jam. Lebih dari itu, harus dibuang. Makanya harus cepet2 di berikan ke bayi. Jadi kebayang deh gimana deg2-an nya Mbak Darina waktu bawa ASIP beku kemarin. Ngumpulin ASIP nya istilahnya setetes demi setetes, kalau banyak yang harus dibuang apa gak nangis darah. Saya sempet mengalami 2 botol ASIP retak saja, udah nangis. Saat itu berasa ASIP itu lebih berharga dari berlian. Ah masaaa…berlian aja gak punya ding πŸ˜€

    1. hehe makasih bunda dita.. iya emang deg-deg-an kalo cair itu loohh… huhuhu.. tapi alhamdulillah semua udah lewat n selamat. kalo soal berlian aku juga punya satu kecil bgt itu juga gara-gara kawin (hayah dibahas, haha :D)

  6. haha ini emang rubbermaid rekomendasi banget ya..gw juga taunya dari forum. Kira2 butuh2 berapa yah utk dibeli fit? utk tinggal di freezer (kalo amit2 mati lampu) dan di kantor kalo abis merah…

    1. gue ini untuk 30 botol aja butuh blue ice sebanyak seperti diatas.. Tapi mungkin bisa juga blue ice nya segitu tapi freezer nya jangan dibuka-buka nis.. taro botol-botolnya di paling dalem dan diatur sedemikian rupa kena blue ice nya. tapi kalo lebih dari 4 jam kayanya harus diungsikan yah.. makanya kmrn gue baca di forum ada yang beli genset segala.. ck ck ck..

  7. Mau nanya..

    Cooler box rubbermaid nya yg brp liter? Aq jg lg binguung krn hrs dinas keluar kota 5 hari..Cooler box yg gede itu boleh masuk kabin pesawat gak ya? Thks..

    1. cooler box ku bukan rubbermaid, blue ice nya aja yang rubbermaid. Aku kurang tau brp liter tapi sekotak lumayan besar. Cooler box gede kurang tau juga bisa masuk kabin atau ngga, coba di telp aja. Tapi kalo antisipasi mgkn pake cooler bag besar bisa masuk. Saranku mgkn ASIP nya pake plastik ASI aja, kalau pake botol kaca berat. Maap ya kalo gak membantu

  8. mbak darinaa…thanks to you aku jadi tau harus beli blueice apa dan dimana.. πŸ™‚ tapi rubbermaid itu cuman ada di ace hardware kah?ditempat laen ada ga yaa…carefour misalnya?hehe..
    btw thanks for allow me to follow u in twitter πŸ™‚

    1. Maksudnya, bgmn cara ngatur bawa Asi nya, rencana 10 hari di LA. Dan pastinya akan banyak bawa ASI niy. Thanks Mom….

    2. Wah saya ga pernah bawa selama itu mom.. setau saya blue ice juga cuma tahan 8 jam. mgkn coba tanya pihak penerbangan apa bisa titip di kulkas mereka di pesawat?

  9. bisa masuk ke kabin pesawat ngga ya mba asi perah bekunya…ni saya tgl 7 besok mo ke bogor dr palembang pendidikan, jd ni krg lbh ada 60 botol asi perahnya buat dede nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s