ASIX · baby's corner · Health

Udah 8 hari gak BAB :(

Ini hari ke-8 Zahra ngga buang air besar (BAB). Tapi dia keliatan sehat-sehat aja, ketawa, rewelnya juga standar kalo mau nyusu atau ngantuk. Tapi aku khawatir juga 😦 Berusaha untuk gak panik, brosing-brosing ke mbah google cari informasi. Dapetnya beberapa info berikut tentang BAB bayi ASIX :

Saat bayi memasuki usia sekitar > 6 minggu, pola dari BAB akan berubah. Jika tadinya bayi ASI sering BAB, maka ia akan jarang BAB. Frekuensi BAB tiap bayi ASI pun bervariatif. Ada yang 2 atau 3 hari sekali. Bahkan ada yang hingga 12 hari atau lebih tidak BAB.

Kondisi tersebut juga normal terjadi. Di usia ini, bayi ASI akan jarang BAB. Hal ini disebabkan ASI diserap sempurna oleh tubuh bayi. Karena diserap sempurna, maka tidak akan ada ampas yang dibuang dalam bentuk tinja.

Selama perilaku bayi baik-baik saja, pola pertumbuhannya baik, tidak kesakitan atau rewel luar biasa saat mengejan (lethargic), maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Perhatikan juga saat bayi BAB dan bentuk tinjanya. Jika tinja berbentuk seperti biasa (lunak seperti bubur atau selai) dan bayi tidak mengalami kesulitan saat mengeluarkan tinjanya, maka bayi jelas tidak mengalami sembelit (konstipasi). Lain halnya bila bayi mengalami sembelit, tinjanya akan keras padat, agak kering dan sulit dikeluarkan. Jika hal ini terjadi, ibu dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter anak.

 

Karakteristik BAB bayi ASIX:

  1. Tampilan
    tidak pernah keras dan berbentuk bulatan2 kecil dan hitam
  2. Warna
    sangat bervariasi dari warna hitam pekat (meconium hari pertama), hijau gelap dan pekat (masa transisi, hari ke-2/3) dan berbagai macam warna kuning – tua, muda, terang, gelap, kehijauan, dll
  3. Bau
    hampir tidak pernah berbau busuk, cenderung bau seperti susu masam/basi
  4. Bentuk/Tekstur
    sangat bervariasi – cair dan berbiji, seperti pasta gigi (lengket), padat tapi tidak keras (seperti ampas tahu), dll
  5. Frekuensi
    sangat bervariasi: setiap kali menyusu – 10 hari sekali

 

KAPAN HARUS WASPADA :

  • warna BAB hijau, dengan lendir (virus), dengan busa (foremilk inbalance), dengan gejala alergi (intoleransi/alergi makanan ibu)
  • warna BAB merah — merah terdapat pada bagian luar BAB dan tampak seperti noda-noda kecil (luka pada anus/usus besar)

 

KAPAN HARUS KHAWATIR :

  • bayi ASIX hampir tidak pernah sembelit, ciri2 sembelit adalah: BAB berbentuk bulatan2 kecil dan sangat keras, kadang disertai dengan darah dan lendir
  • BAB lebih sering dari biasanya, contoh: biasanya sehari BAB 5x, nah ini bisa sampai 10x (menyimpang dari yang normal) disertai dengan perubahan tekstur dan warna
  • BAB berwarna hitam, tanpa/dengan disertai sembelit
  • BAB berwarna merah — darah sudah bercampur dengan BAB, warna merah tua, coklat tua, merah maroon, hitam — gangguan berasal dari saluran pencernaan bagian atas
  • BAB terus menerus berdarah dan bercampur lendir — segera hubungi dokter..!!

2 Hari ini aku udah makan pepaya, mulai kemaren Zahra lebih sering perutnya dipijat “ILU” dan kakinya digerakin seperti mengayuh sepeda, trus kedua kaki ditahan menekan perut sampe 10 hitungan. Eh anaknya malah ketawa-tawa…

Duh mudah-mudahan hari ini pup ya nak… Kayanya tunggu 10 hari baru ke DSA apa gimana ya 😦

Sumber :

http://keluargasehat.wordpress.com/2009/06/30/bab-bayi-asi-exclusive/

Advertisements

17 thoughts on “Udah 8 hari gak BAB :(

  1. Selama makannya cuma ASI, menurut saya gak perlu khawatir. Tapi supaya gak kepikiran, ya mending ke DSA aja mbak buat konsul 🙂

    Soal pijat perut “ILU” dan gerakan kaki mengayuh sepeda itu menurut saya memang bagus dan efektif. Setelah Dita puput pusar (umur 10 hari an lah), setiap kali sebelum mandi pagi atau sore, badannya selalu saya pijat dengan beberapa gerakan, salah 2 nya gerakan tsb. Ya..mempraktekkan kursus pijat bayi gratis dari RS lah. Berhenti mijatnya setelah Dita sudah susah banget diem buat dipijat. Alhamdulillah sampai umur 13 bulan ini Dita gak pernah sembelit. Nanti kalau Zahra sudah MPASI, sering kasih buah pear (dikukus trus diblender). Coz pear is great for constipation! (katanya Whole Some Baby Food) 🙂

    Dik Zahra..semoga kedepannya pupnya rutin ya sayang dan yang penting selalu sehat dan ceria. Biar mama gak bingung ya 🙂

  2. Iya..kukmrn jg searching ttg krakteristik baby asi. Pas bgt..krn kmrn khawatr bab affan sering beair kdang byk, affan 1 bln, trnyta mmg gt tuk umur baby 6 mggu kbwah. Stlh lbh 6 mg lbh jarang, asi diserap sempurna..ASi is d best deh
    Wah..slamat2 zahra dah pup..bkn tenang seantero nenek 😀

    1. Dulu zahra dibawah 2 bulan pup nya sehari 2 kali banyak bgt, sejak 2 bulan keatas jadi 2-3 hari sekali. Baru kali ini terlama 8 hari. anaknya tenang-tenang aja, ibu ama nenek nya yang ketar ketir ya.. hehe.. salam kenal dari zahra ya affan 😀

  3. duh bunda, hari ini hari ke-8 anakku yang baru menginjak usia 4 bulan belum BAB, khawatir banget bunda, gimana yah … adakah kiat-kiat biar si dede ini BAB, tapi seperti ciri2 yang bunda kasih, si dede ini asik2 aja, perutnya aku urut pelan, kakinya aku angkat agak nekan perut, pantatnya aku kasih air biar agak merangsang mules, eh yang di’begitu’ in nya malah ngajak ketawa, minumya sih full ASI, aku dah makan pepaya tiap hari, minum susu ultra, khlorophil, sayuran … pokoknya yang bikin mules, tapi belum membuahkan hasil, malah akunya yang mules hehehe, apa aku minum vegeta aja yah, bahaya ga yah kira-kira???

    1. dulu zahra 10 hari ga BAB bun, tyt biasa kalo asix gini. coba aja diliat anaknya selama ga kliatan kesakitan atau rewel mgkn aman. atau konsul ama dsa nya. bundanya makan pepaya aja yang byk.. mudah2an cepet BAB ya..

  4. Assalaamu’alaikum. Salam kenal semuanya. Alhamdulillah sy yg lagi panik juga krn Zalfa putri kedua saya belum pup sdh 5 hari. Waktu anak pertama sy lupa, kayakny ngga pernah panik krn anak blum pup, hehehe. smoga Zalfa juga ngga ap2 n smoga segera pup. Biar ummi n abiny tenang 🙂 trmksh semuany atas infonya 😉

  5. dzakira sampek hr ini blom pup pdahal udah hampir 2minggu.. umurnya br 2bln n ASIx.. sebelumnya jgga pup nya 1minggu, tp fesesnya sprti bubur wrna coklat..
    bahaya gak ya mom?

  6. salam kenal,
    mohon masukannya bunda semuanya, anak saya umur 10bln sudah beberapa minggu ini babnya sulit, seminggu sekali,,,,,
    minggu ini udah 8hari blm bab juga, pada hal setiap haari udah makan buah, minumnya full asi, jg makan bubur pendamping asi.
    Anaknya rewel sih enggak terlalu, malah senyum2 dan masih aktif bergerak.
    Sudah saya lakukan gerakan pijat di peru, gerak senam kayuh sepeda,,,,,sekarang saya waswas,,,,
    sebelumnya terimakasih.

    1. Assalamualaikum …. Momi2 smua , saya juga lagi galau masalah bab, usia baby 21bln sudah 5 hari ini blom bab, emang biasanya kalo bab 3/4 hari ..sempet di kasih formula tp malah sembelit,coba browsing2 mgkn salah satu nya tdk cocok susu formula nya krn dulu sempet alergi dan minum nya soya… Tp si baby tetep ceria2 aja kaya biasa nya , apa momy ada yg punya baby seumuran baby saya yah ???
      Wassalamualaikum

  7. mom, aku mau tanya setelah 10 hari gak pup itu bentuk dan warna fesesnya seperti apa ya? dan bagaimana siklus bab setelahnya?
    aku mau sharing.. babyku umurnya 1 bulan 3 minggu, ASIX. Sudah bbrp waktu ini babnya tidak tiap hari. Pertama 9 hari, lalu 4 hari, 9 hari lagi setelah itu 8 hari. fesesnya berwarna kuning dan teksturnya seperti pasta gigi. Waktu aku konsul ke dsa beliau bilang kalo bayi asix masih wajar. Namun tetap saja aku khawatir.
    Aku mau tanya, setelah 10 hari itu apakah babynya pup tiap hati atau tidak? tks 😉

  8. Anak saya udah 3tahun minum susu atau kadang makan nasi dan sekarang udah 5hari tidak bab apakah berbahaya

  9. Halo bunda saya mau bercerita bayi saya 3bukn, udah 11 hari ga bab padahal asix, konsul ke bidanyan , jawabannya kasih dulcolax aja gimana ya, sebelum sebelumnga sih anak saya babnya 10 hari sekali seminggu sekali sekarang dh 11 hari blm bab juga , tolong dijawab ya bunda” khawatir banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s