financial planning

My first ReksaDana dan Dana Pendidikan

graduateSetelah pembicaraan alot dengan seorang agen kemaren, akhirnya aku memutuskan untuk tidak mengambil asuransi Unitlink dan mulai investasi di Reksadana.

Pertanyaan selanjutnya adalah, dimana belinya? Mau langsung ke Manager Investasi (MI) atau beli lewat bank? MI apa yang prospeknya bagus?

Karena kalo beli langsung aku buta sama sekali jadi aku memutuskan untuk beli lewat bank. Seperti biasa aku menggunakan jasa Bank Mandisendiri. Syarat pembelian RD ternyata beda-beda tergantung jenis RD dan MI nya.

Misal untuk MI Schroders untuk RD pendapatan tetap pembelian minimal 10 juta. Kalo campuran malah ngga ada di bank ini, kalo RD Saham min pembelian pertama 500ribu selanjutnya bisa beli min 100ribu.

Untuk MI Fortis RD campuran ama Saham nya min pembelian juga 500ribu, untuk selanjutnya kalo mau Installmen Plan (debit langsung dari tabungan tiap bulan) min 100 ribu.

Fee-nya juga beda-beda tiap MI dan jenis RD. (at least fee nya lebih sedikit daripada unitlink)

Karena masih gaptek aku memutuskan untuk ambil RD campuran aja dulu, liat dulu gimana cara baca nya, liat angkanya, intinya belajar dulu baru ntar mulai nambah lagi resiko dan jumlahnya.

Oiya kalo di beli di bank ternyata temponya max cuma 12 bulan, tapi bisa perpanjang lagi kalo jatuh tempo.

Nah, aku pusing tuh yang Wina bilang :

Kalo medium term di Reksadana pendapatan tetap atau Pasar Uang

Kalo long term di Reksadana Saham/Campuran

Berarti kalo kita mau bikin buat long term repot juga yah kalo beli lewat bank yang cuma bisa max 1 tahun, repot dong perpanjang tiap tahun? Sedangkan kalo beli langsung masih blank deh tuh..

Aku memutuskan menggunakan ReksaDana untuk dua hal : Dana Pensiun dan Dana Pendidikan.

Untuk dana pensiun akan aku bahas nanti, sekarang pengen ngobrolin dana pendidikan nih.

Iseng-iseng pake kalkulatornya http://www.tujuanloapa.com, uang pangkalnya aku kira-kira aja butuhnya berapa.

Tahun Kelahiran : 2009

tujuanloapa

S2 sengaja gak aku isi, harapannya sih kalo udah kelar S1 Zahra udah bisa mandiri dan bertanggung jawab atas hidupnya *caelah, bahasanya*

Liat donk angkanya… phiuuh.. surprise..surprise…

Aku kutip juga nih tips nya untuk Dana Pendidikan :

TIPS

  • Segeralah siapkan Dana Pendidikan untuk putra-putri Anda.
  • Untuk jenjang pendidikan yang akan dicapai di bawah 3 tahun mendatang, upayakan dana sudah tersedia secara penuh dan tidak perlu diinvestasikan lagi.
  • Untuk jenjang pendidikan yang akan dicapai dalam 5 tahun ke atas, Anda dapat menggunakan beberapa reksadana per tujuan pendidikan.
  • Dengan cara ini, Anda dapat mengkombinasikan beberapa reksadana dengan risiko yang berbeda-beda.
There u go..
PR-nya banyak ya nek kalo udah punya anak.
Karena kita yang bertanggung jawab atas masa depan anak kita.
Mudah-mudahan makin lama makin dapet banyak ilmu soal ReksaDana ini.
Karena kalo nabung aja, gak akan kekejar.
LET’S SAY IT OUT LOUD!

We ARE smart! We continuously gain more knowledge on investment. And We ARE Responsible For Our Own Finances!

Advertisements

28 thoughts on “My first ReksaDana dan Dana Pendidikan

    1. hehe, ya intinya pas berapa tahun itu kita butuh berapa duit say..
      ikut asuransi pendidikan? oke juga.. tapi itung ntar tahun ke berapa dapet nya berapa, kalo ntar jumlahnya kurang dan kita nambahin pake uang sendiri percuma kan?
      atau misal kita bayar premi tiap bulan 100.000, trus 36 bulan lagi pas masuk playgroup dapetnya 3juta, mending nabung sendiri aja kan dapetnya 3,6juta? Ya begitulah analisa sotoy ku 😀

  1. hai mba:) jdnya beli lewat mba mandiri ya? aku jg lg bingung..pgn reksa dana cm mau buka di mana..repot juga ya kl tiap tahun musti perpanjang..tp paling aman emang di bank yg dah well known, apalagi itu BUMN:)

    Aku baru bikinin si kembar tab pendidikan doang nih:( hiks 2 anak biayanya kan muahal bgt..kemarin ikut seminar safir senduk di smart parents conference, sm kyk perhitungan ligwina emang muahal bgt biaya pendidikan anak jaman skrgt ya..hiks..tapi demi anak,ya musti berusaha ya.hehe

    1. iya sama, aku juga bingung.. tapi kan ada semboyan “tak kenal maka tak sayang” 😀
      jadi minimal aku kenalan dulu nih ama Reksadana sambil liat-liat sapa tau ada cara investasi lainnya

      betewe. kemaren mbak mita jadi ke seminar hypnoparenting nya? aku gak jadi dan tyt temen-temenku juga semua gak ada yang ikutan padahal udah beli tiket. hiks 😦

  2. iya ya mba..mungkin aku harus nyoba buka reksa dana dl, biar kenal ma produknya.hehe

    Iya aku jadi ke smart parents conference, ikut 2 hari sabtu-minggu..tepar jg:p

    oh gak jd ya?aku jd ikut sih, materinya bagus:) banyak door prize nya pula (hihi ini juga yg kuincer sbnrnya:p)

  3. klo reksadana sama kay asuransi pendidikan d prudential gmn ti?
    gw ko liat perhitungan lo makin bingung yaa hueheuehe…
    klo lo debit tiap bulan 100rb,,,itu selama brp lama?
    soalnya klo prudent min. 350rb untuk 5th,,,

    reksadana itu kan investasi,,,beli saham gt apa gmn sih??
    krn yg gw pentingin emg pendidikan,,,krn kesehatan ud dpt

    1. iya babe, reksadana itu murni investasi, maen saham gitu..
      100ribu itu minimal. bisa lebih tergantung kebutuhan.

      Nah kalo prudential gue gak tau.. kalo preminya 350ribu ntar lo dapet berapa duit en tahun ke berapa? itu yang mesti diitung. Ntar juga butuhnya berapa, misal qilla masuk playgroup butuh 6 juta, dari prudential cuma cair 3 juta, berarti nambahin pake duit sendiri 3 juta percuma kan? Atau supaya lo dapet 6 juta itu berapa premi yang harus dibayar.

      intinya itung-itung untung mana siy..
      kalo mau tau soal reksadana gue baca di portalreksadana.com
      gue juga baru belajar nih, maap kalo gak membantu yah…

  4. hai mba, salam kenal yah…
    sama banget niy aku juga baru aja bingung tentang dana pendidikan anakku Lana, sama juga, diingetin WIna pas baca situsnya hehe… Akhirnya aku juga mutusin pake RD beli di Bank Mandiri juga, sambil belajar terus juga soal investasi…Boleh ya nanti kita tuker-tuker info khusus buat belajar jadi menteri keuangan rumah tangga 🙂

  5. wah, gw jg abis married rencana nya pengen beli reksadana dari Mandiri, ternyata agak pusing juga ya hehe…Aku ngikutin Suhu Ligwina juga nih..eh kayanya suka ada pameran pasar modal gitu loh di JHCC, dan mungkin bisa cari2 info disana..

  6. lam kenal aja mbak, googling reksadana nemu blog mba. Mungkin bisa dicoba buka account di bank commonwealth (bukan promosi) ada banyak pilihan reksadana dari pendapatan tetap,campuran dan juga saham. Jadi gak pusing2 buat beli secara langsung (walaupun tidak semua reksadana ada). Kemarin saya baru ambil reksadana saham PNM Ekuitas Syariah dan Schoder Dana Istimewa, dua2nya saham heheh buat kebutuhan pensiun dan target lain.

    1. iya aku juga ga beli langsung karena ga ada waktu, ga tau juga tempatnya. Jadi aku beli di bank yang aku pake sekarang. Kalo buka rek bank baru lagi asa kebanyakan euy… TFS

  7. Darina…gue mau request artikel dong, review ttg reksadana elo setelah jalan 3 bulan ini. Adek gue beli di Commonmakmur, sejuta dibagi 3 (saham, campuran, pendapatan tetap). Gue belom mulai2 nih, pengennya sih kayak elo di Mandisendiri secara males buka account di bank laen.
    Hehe demikian rikues saya, mohon dipertimbangkan yah… 😀

    1. Nah aku juga pgn liat tuh hasilnya dari kemaren, tapi tagihannya ke rmh di jaksel skrg tinggal di jakpus. Mau liat laporannya kok lupaaaa melulu.. tp kalo liat di portalreksadana.com kayaknya reksadana tuh optimal kalo diatas setahun ya.. bahkan 3-6 tahun gitu.. mgkn tgt lagi naik ato turun juga kali ya.. gaptek sih gue. Mudah2an secepatnya deh ya ketauan angkanya..

    1. ng sebenernya sebulan juga udah bisa kliatan siy naik atau turun harga per unit nya, tp suka fluktuatif gitu kan yah.. jadi aku pikir mgkn kalo lebih lama kita jadi bisa liat grafiknya lebih jelas

  8. salam kenal buat keluarga Kamil
    sekedar berbagi,
    kebetulan saya ikutan di portalreksadana dan banyak informasi menarik terkait reksadana.
    lalu akibat keisengan saya terhadap excel, saya coba2 bikin spreadsheet untuk simulasi reksadana untuk perencanaan pendidikan anak.
    Jadi ijinkan saya berbagi link komen saya di portalreksadana:
    http://portalreksadana.com/node/214#comment-7264

    trus kalo mau langsung download spreadsheet excel saya ada di:
    http://www.ziddu.com/download/8875032/SkoLaPlanV10rev0803.xls.html

    Begitu aja dulu dhe…
    Salam sukses buat keluarga Kamil

    Wass

    Zhoi

  9. Hai darina..
    Gmn perkembangan RDnya..?? Gw baca di twitter kyknya dirimu ketagihan nih.. Hehe.. Buat postingan ttg RD lg dong.. Siapa tau bs memotivasi gw, abisnya gw mo nyemplung di RD ko ya maju-mundur..sampe akhirnya IHSG 31sekian.. ;((
    Thx in advance

  10. Mba Darina..salam kenal yah:) jadi terinspirasi sekali baca tulisan inih! aku mau juga ah ngitung biaya pendidikan akila. Mudah-mudahan gak telat soalnya umur akila udah 20 bulan huhu. kalo jadi, aku mau posting juga tabelnya di blog amatiranaku mamikila.wordpress.com..mohon izin thanks!

  11. salam kenal mbak Darina,
    mau tanya ttg RD campuran. mbak beli RD campuran dimana? di bank M*nd*r* ya?, saya msh bingung dengan tulisannya karena di paragraf (ke-4) mbak menuliskan “Misal untuk MI Schroders untuk RD pendapatan tetap pembelian minimal 10 juta. Kalo campuran malah ngga ada di bank ini, kalo RD Saham min pembelian pertama 500ribu selanjutnya bisa beli min 100ribu.” dan dpostingan selanjutnya, mbak Darina sepertinya menjelaskan membeli RD campuran di bank itu (M*nd*r*)/https://keluargakamil.wordpress.com/2011/08/03/dana-pendidikan-episode-akhir/. mohon penjelasannya karena sepertinya saya tertarik dengan RD campuran di bank itu. trimss.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s