ASIX · Mom's Corner

Puasa dan Menyusui

Awalnya aku takut juga mau puasa, beberapa teman ada yang berpengaruh ama ASI-nya jadi rada berkurang, ada juga ngaruh ke fisik jadi pusing. Zahra sekarang umurnya 5 bulan, masih ASI eksklusif baru sebulan lagi dikasih makan.

Tahun lalu pas hamil aku mantap ngga puasa, karena mikir bayinya masih diperut, pasti makan dari apa yang dimakan ibunya. Tapi sekarang bayinya udah keluar, puasa gak yah?

puasa..

ngga..

puasa..

ngga..

Bingung.. bingung.. cari referensi sana sini, memang dalam agama ibu menyusui diperbolehkan untuk tidak puasa, sebagai gantinya bisa dengan bayar fidyah dan diganti puasanya setelah mampu berpuasa. CMIIW.

Aku liat freezer, stock masih aman (phiuh, aku rada bersyukur dulu awal-awal lahiran rada parno dan nyetok ASIP sedini mungkin dan sebanyak mungkin). Nyoba puasa dulu ngga apa-apa kali ya.. worst case, kalo ASI ku ngga keluar Zahra bisa minum ASIP. Dan tentu saja, kalo sangat berpengaruh ama ASI aku bakal batalin puasaku. Ntar anak gue makan apaan dong.. God knows I’m breastfeeding! Dan aku yakin Allah memberikan keringanan kepada ibu menyusui pasti dengan alasan yang kuat (kok lama-lama kedengeran kek defensif..hmmm..)

Pas sahur aku makan agak banyak, yang penting gizi-nya seimbang. Nasi, daging empal, sayur lodeh, trus aku minum susu kedelai, sari kurma, jeli gamat (semacam suplemen makanan), dan vitamin ASI (biasa minum Nulacta, sekarang minum ASIFit, tapi katanya Mollocco ama Lactamam juga bagus). Trus minum air putih 2-3 gelas.

Bismillah deh.. mudah-mudahan lancar..

Sempet kebayang aku bakal pingsan *hiperbola*, abis kalo abis mompa tuh bawaannya hauuus.. trus lapeeer… makan banyak aja kepalaku suka pusing berkunang-kunang, emang tekanan darah rendah sih..

Ternyata..

jam 11 aku mompa dapetnya sama kayak kalo ngga puasa. Subhanallah.. aku mikir apa gara-gara masih ada makanan sahur, lagian aku mompa pagi biasanya jam 6.30 aku majuin jadi 4.30 abis sahur. Jadi jarak waktunya agak lama kan tuh dari jam 5 pagi – 11 siang. ASI-nya pasti jadi penuh.

abis mompa juga,eh loh.. aku baik-baik saja..
Ngga pingsan!! Hahaha.. *lebay*
Malah kok kayanya seger banget, sempet karaokean, trus maen pingpong di kantor (tolong jangan tanya kenapa ada mesin karaoke dan meja pingpong di kantor, agak-agak ga enak nyeritain, hehe)

Mompa kedua jam 15.30, hasilnya juga kurang lebih sama. Tiap hari juga naik turun gitu penghasilan mompa, jadi wajarlah…

Trus aku mikir..
kalo gak puasa aku defisit 1 botol
puasa juga defisit 1 botol
Ya mending aku puasa dong… wekekekek..

Buka puasa menunya sama ama sahur, tapi karena waktunya panjang aku banyak-banyak minum air putih, minum susu dan jus buah.

Subhanallah yah, Allah memang Maha Mengetahui dan Pemurah. Alhamdulillah sampe hari ini puasa ku lancar. Tapi kalo memang nantinya sangat berpengaruh ama ASI aku ngga mau maksain. Toh kita sudah diberi kemudahan dan pastinya kemudahan tersebut diberikan dengan alasan yang kuat. Gak tega banget kalo liat anak kelaperan 😦

Kadang-kadang Zahra suka ikutan bangun Sahur, ngoceh-ngoceh dikit, trus jam setengah 6 tidur lagi. Pinterrrrr mama juga ngantuuuk, tiap abis sahur pasti tidur lagi. Walo akibatnya sering kesiangan ngantor dan akhirnya minta absenin temen dengan alasan mengurus anak. Wehehehe.. wae lah..

Advertisements

2 thoughts on “Puasa dan Menyusui

  1. :(aku sempet puasa dan ternyata…anakku malemnya ga mau lepas nunun…all nite dy nenen, aku berasumsi mungkin asiku ga bikin dy kenyang makanya dy nempel trs. Hasil perahan juga menurun drastis 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s