mpasi

Siap-siap MPASI

Mengapa menunggu 6 bulan?

  • Sebelum usia enam bulan, sebagian bayi belum memiliki koordinasi gerakan lidah dan menelan yang baik untuk makanan padat.
  • Tidak ada gigi sampai ia menginjak usia enam atau tujuh bulan.
  • Tidak saja bagian atas pencernaan bayi yang tidak dirancang untuk makanan padat yang diberikan terlalu dini, namun juga bagian dalam lainnya.
  • Usus bayi yang belum matang tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk menangani berbagai macam makanan sampai ia mencapai usia 6 bulan, saat enzim pencernaan mulai bekerja.
  • Ahli alergi pada anak-anak tidak mendukung pemberian makan yang terlalu dini, khususnya bila ada anggota lain dalam keluarga yang alergi terhadap makanan.

Sumber : The Baby Book by Dr. Sears

Membuat sendiri makanan bayi

Menu%20Sehat%20dan%20Aman%20untuk%20Bayi%20(6-12Bulan)%20Selain join milis Mpasirumahan dan browsing-browsing resep, aku mulai baca-baca juga buku resep makanan bayi. Satu buku yang aku punya judulnya “Menu sehat & aman untuk bayi 6-12 bulan” terbitan Hikmah. Gara-gara pas diskon aja sih bukunya, hehe..

Aku termasuk wanita *caelah wanitaaaa* yang jarang masak. Waktu awal nikah semangat masaknya cuma bertahan 2 minggu. wakakakak.. Tapi buat bikin makanan anak, kayaknya harus diniatin buat terjun langsung. Biarin lah kita repot dikit, yang penting nutrisi yang bagus masuk ke perut anak. Kalo liat resepnya sih, kayaknya gampang. Tinggal campur aja tepung beras + ASI jadi bubur susu. Kentang dikukus, diblender + ASI jadi bubur kentang. Brokoli di rebus, diblender + ASI jadi bubur sayur. Ya so so lah ya.. 

Aku pikir barang intinya cuma alat mengukus, panci, alat penghalus (blender atau food processor), alat pemotong (talenan kayu dan pisau), alat penyaring, alat makan dan alat untuk membekukan makanan. Pertama aku liat dulu apa yang kita udah punya di dapur. Mertua ku punya buaanyaaak panci-panci baru yang belum dipakai. Great! Aku tinggal beli sisanya. Dan ternyata sisanya banyak juga yah.. wahahah.. paling yang gede beli blender aja sih.  Dan yah.. aku memang mulai belanja serius disaat kedua teman senasib udah selesai belanja 😀 Aku pikir sambil jalan juga bisa, biar sekalian tau apa aja yang dibutuhkan kalo udah dimulai. Ngga tau juga, biasanya aku heboh dan well-prepared. Tapi kok sekarang santei kek di pantei..

alat mpasi

Ngintip Supermarket

Nah, bagian yang (menurutku) agak susah adalah gimana cara memilih bahan makanan yang bagus. Yah learning by doing aja deh 😀 Kemaren minta anterin si Papa ke Ranch Market di PI. Pengen liat gimana sih penampakannya butternut pumpkin, kabocha, zuchini dan bla bla bla yada yada yada.. Kalo bayam, wortel, kentang, buncis sih tau lah ya… Tapi ada beberapa nama sayuran yang ngga familiar ditelinga. Dan ampe sana… iiih seneng deeeh.. sayurannya lucuk-lucuk.. harganya gak lucuk sih, apalagi yang organic. Blehhh.. tapi pengen nyobain aja deh semuanya, siapa tau zahra ada yang suka. Tapi kemaren cuma beli Gasol aja dulu buat Zahra, ntar kalo udah mulai makan kesitu lagi.

bahan makanan mpasi

 

Hal penting lainnya

sassy rockeing horse, dvd barneyHal penting lainnya adalah gimana caranya bikin Zahra tetap di high chair-nya. Aku beli mainan yang bisa ditempel di mejanya dan beli DVD Barney atau kartun lainnya. Rencananya biar ngelatih tiap nonton DVD dan duduk di high chair adalah saatnya untuk makan. Trik lain menurut the baby book adalah beri bayi sesuatu untuk dipegang. Mungkin finger food kalau udah boleh, atau makannya pake feeding teether/baby safe feeder. Dan makannya rame-rame sekeluarga di meja makan. Yah ini kan teori, prakteknya gak tau deehhh… mudah-mudahan gak melenceng banget lah yaa…

Dari beberapa minggu terakhir aku udah mulai membiasakan Zahra duduk di meja makan, walau mungkin masih aku pangku. Dia ngeliatin aku dan papanya makan, dan aku sengaja bikin dia iri dengan memasukan sesendok penuh makanan ke mulutku dan bilang :

“Hmmmm enaaaaak…. Zahra mau?”

(aku deketin sendok ku ke mulutnya, eeh dia buka mulut, hahaha)

“Eeeitsss… gak boleh, tunggu 2 minggu lagi ya nak.. “ 🙂

Advertisements

12 thoughts on “Siap-siap MPASI

  1. selamat ber MPASI, dtggu crtnya yaa
    klo Kayla paling suka kacang ijo, pisang, apel, pear sama jeruk..(buah2 dibikin puree) klo tepung2an syusaaaah & lamaaaa bgt, maunya buah2an (mgk manis & seger ya)
    oya skr giginya mo numbuh jadi saatnya pke BSF yg diisi buah dingin 😀

    niwey, aq lagi kena panyakit Mualessss apdet blog …selain krn dikejar2 revsisi thesis & ngurus wisuda , kerjaan kantor menumpuk dan kerjaan sambilan yg menggila 😦 ….hufff

    happy blogging siz! 😉

    1. hehe.. iya kadang aku juga suka muncul males posting nya, tp mgkn gak lama siy.. mungkin ntar ada saatnya pindah lagi ke lain web 🙂

      wah kayla mamam nya hebat ya..

  2. Igo nyolong waktu nih. DSAnya jg nyaranin, mostly krn si Igo terlihat siap dan full sufor. So far dia oke sm jadwal makannya. Udah diperkenalkan buah dan cemilan biskuit bayi juga. Gue juga pengen membiasakan dia makan itu di meja makan tp ya krn blm bisa duduk di booster chair..hihi..dia akhirnya masih di bouncer (yg ditaruh di atas meja makan) atau dipangku di kursi ..aturannya, no jalan2. Oh ya, kl Zahra udah makan pepaya…hihihi siap2 pup bau curut yaaa…hahahaha

    1. ooh iya bouncer yah… jadi inget masih di dus bouncernya, mgkn bisa dimanfaatkan. Tapi sekarang zahra sotoy bgt kalo duduk gak mau nyender, padahal duduk sendiri juga masih goyang-goyang.

      Pup bau curut? wahahaha.. noted 😀 Sekarang aja pup nya udah buaauuu buanget…

  3. mom maaf kalo bisa MPASInya tanpa blender supaya tidak terlalu halus..jadi kita juga mudah untuk menaikan tingkat kehalusan makanannya..untuk halusin makanannya bisa pake food grinder yang ada di food maker untuk baby tea..maaf kalo nga berkenan ya..

    1. oiya noted. mbak depe mpasirumahan juga bilang katanya dibenyek-benyek aja ya..
      Iya niatnya blender buat jus buah juga. Aku pikir bisa gantiin fungsi food processor atau grinder jadi gak beli2 lagi. Tapi ntar sejalan waktu mgkn kita jadi tau yah..
      thk u sarannya

  4. cuma mau kasih saran aja sebisa mungkin makanan anak jangan diblender. knapa? karena kalo diblender terlalu halus dan nanti untuk ningkatin teksturnya dari halus ke semi kasar trus ke kasar agak susah..jadi kalo bisa sih blendernya buat bikin juice aja.. oia untuk halusinnya bisa pake grinder yang satu paket ama food maker baby tea..maaf kalo nga berkenan yaa..

  5. selamat berMPASI ASI dan mudah2an ge ketemuan sama si GTM :D..aku paling gagal nerapin makan sambil duduk…ada ajah alesan labib supaya ga duduk dan alhasil di gendong….tp namanya untuk makan apapun akan aku lakuin yg penting makanannya masuk ke mulut labib.. :(tipe anak susah makan :(huks..

  6. setelah baca2 page ini… banyak dapet ilmu baru buat persiapan mpasi raihan…. tapi setelah menilik ke dapur, ternyata banyak barang2 yg blm ku punya nih… heheeee….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s