ASIX

FAQ tentang Menyusui dan ASIX

Hmm karena sekarang kakak sepupuku abis lahiran jadi obrolan kita akhir-akhir ini selalu seputar ASI dan menyusui. Dan ada beberapa teman yang kadang suka nanya lewat sms, chat atau facebook, dan karena Alhamdulillah Zahra udah lulus ASIX jadi aku rada pede nih ngumpulin pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanya ke aku. Tentu saja pengetahuanku jauh dari sempurna. Cuma pengen ngumpulin pertanyaannya dan ditulis aja. Rata-rata pada nanya :

  • Kalo merah ASI pake breastpump atau tangan?

Aku pake breastpump medela, punya mini elektrik sama manual harmony. Skrg yang aktif cuma harmony. Soalnya ngrasa lebih sakit pake elektrik, susah cari colokan listrik  dan boros kalo pake baterei. Tapi sebelum pake pompa aku pake tangan dulu sih, begitu udah muncrat dan kadang kerasa geli baru pake pompa. Jadi lebih lancar

  • Nampung ASI perah-nya pake apa? 

Sehari-hari pake botol kaca. Bisa pake botol bekas UC-1000 dikasih tutup plastik bekas coca cola. Tapi dasar emang aku orgnya males ngumpulin, jadi beli aja di www.avellinoshop.multiply.com. Atau bisa beli di toko alat kedokteran, di pasar pramuka, atau mana aja. Bilang cari botol infus (botol kaca), tutup karetnya dijual terpisah, kalo ga salah 200perakan deh.. lupa. Kalo travelling aku pake plastik penampung ASI. supaya gak berat n praktis. Bisa dibeli di baby shop.

  • Cara nyimpen ASIP gimana?

Tarok di kulkas bawah dulu min 2 jam, abis itu baru tarok freezer.

  • Trus hasil perahan boleh di gabung ga sih?

Boleh, ASAL : gak beda lebih dari 24 jam, dan waktu digabungin suhunya sama. misal aku perahan pagi digabungin ama yang malem, tapi semuanya didinginin dulu di kulkas min 2 jam.

  • ASIP tahan berapa lama?

Di suhu kamar 4-6 jam, di kulkas bawah 3 hari, di freezer ceunah 3 bulan. Tapi aku ASIPnya paling umur sebulan sih

  • Taunya ASI basi gimana sih?

Nah bingung juga tuh, tapi emang bentuknya jadi pecah-pecah gitu, trus rasanya asem. Penasaran? coba aja sengajain ASI nya dibikin basi. Mubazir sih, cuma kita kan jadi tau yang basi itu gimana.

  • Trus cairin ASIP-nya gimana?

Kalo buat besok, nanti malem dari freezer turunin dulu ke kulkas bawah.  Kalo mau diminumin diangetin pake warmer atau di rendem di air hangat. Jadi perubahan suhunya gak terlalu drastis dan gizi nya lebih tersimpan. Cuma kadang aku koboi juga sih dari freezer langsung diangetin di warmer. Ya in case emergency 😀

Eh tapi ASInya jangan direbus ye –> aku tau pasti udah pada tau, tapi ada satu temenku yang hampir ngerebus ASInya. Well, sebenernya aku hampir juga sih.. Nyahahaha…

  • Kalo Zahra minumin ASIP nya pake apa?

Pake dot. I know. katanya gak boleh pake dot ntar bingung puting. Tapi ribet banget kalo pake sendok atau cupfeeder, yah sebut saya emak pemalas, mohon jangan ditiru. Zahra pake dot peristaltik nipple pigeon dan botol evenflo.

  • Awal menyusui emang sakit ya?

Well, kalo aku sih IYA. Perih sampe mata merem melek kaki kejang *lebay*. Tapi nanti lama-lama juga ilang kok. Kalo sakit mungkin cara menyusuinya atau posisi menyusuinya yang salah.

  • Emang gimana cara menyusui yang benar?

Kalo aku baca di the baby book sih : Mulut bayi jgn menghisap puting aja tapi areola (gimana sih nulisnya, itu loh yang lingkaran hitam di puting payudara kita) harus masuk semua. Well gak semua banget sih, apalagi kalo mulut bayi gak muat, pokoknya jgn hisap cuma puting aja, pasti sakit. Trus Bibir bayi harus posisi keluar, jangan kelipet kedalem. Posisi badan bayi miring ke kita, tempelkan sampe perut bayi nempel ke perut kita. Pokoknya kepala dan leher bayi harus tetap lurus. Tidak mendongak atau miring. Coba aja kita nengok ke kanan, trus minum, ngga nyaman kan?

Yah untuk lebih lengkapnya silahkan baca The baby book-nya Dr. Sears atau buku sejenis. Aku udah agak lupa juga siy..

  • Pernah puting lecet?

Gak cuma lecet tapi bernanah! huhuhu.. nempel gitu diputing nanahnya. Tapi tetep aku susuin walao kesakitan, katanya sih haram yah? kenapa gitu lupa.. tapi untuk ngelepas nanahnya aku kompres pake air hangat, dikasih garem yang berfungsi sbg scrub, nanah nya berhasil copot sambil di gosok pelan-pelan pake handuk air hangat gitu. Ada yang bilang kalo sakit tetep disusuin, abis nyusu dibasahin dikit pake ASI baru dikipas-kipas biar kering, baru ditutup. Tapi ada juga yang bilang sementara jangan disusuin dulu puting yang lecet, dipompa aja dulu. CMIIW

  • Zahra pernah bingung puting ga?

Alhamdulillah sih sampe saat ini ngga, tapi aku masih deg-deg-an juga karena bisa aja sewaktu-waktu kejadian (haduh jangan sampe!). Eh tapi kata Indah yang dikasih tau ama Prof Jack Newman sebenernya bayi itu gak ada istilah bingung puting, mereka cuma senang sesuatu yang mengalir deras. Well, make sense juga yah… Aku pernah googling ada mom yang anaknya bingung puting akhirnya pake nipple shield dan kalo bayinya gak mau dot dikasih ASIPnya pake cupfeeder.

  • Kapan mulai stock ASIP untuk persiapan kerja?

Ada yang bilang sebulan sebelum kerja, ada juga yang bilang 2 minggu, tapi kalo aku sih SEDINI MUNGKIN. Mompa itu tyt butuh latihan juga loh.. pertama kali mompa waktu Zahra umur 7 hari cuma dapet dikiiiit banget.. 20 ml!! huhu.. tapi lama2 jadi biasa, jadi tau trik nya, makin lama makin naik jumlahnya. Tapi ada juga temenku yg pertama kali mompa langsung dapet 180 ml. Wuedaan..

  • Stock berapa banyak yah?

Ada yang bilang 20 botol @60-100ml, atau 40 botol, tapi kalo aku bilang SEBANYAK MUNGKIN sebisanya. Aku kalo ngantor tiap hari defisit 1 botol. Untung ada stock, dan kalo libur bisa nambah stock 1-2 botol.  Tapi beda orang beda kasus kali yah.. siapa tau bisa gak defisit, wah bahagia banget tuh kalo bisa gitu. Tp mending jaga-jaga kan?

  • Bayiku minta nyusu terus, aku gak sempet mompa nih

Wah aku bingung juga waktu ada temenku yang curhat gitu. Akhirnya aku cuma bisa bilang coba mompa abis bangun tidur, karena kalo tidur hormon oksitosin kita bekerja lebih efektif, hasilnya dada kita jadi kerasa lebih penuh. Yang sebelah disusuin, nah sebelahnya lagi di pompa.

Kalo dulu waktu cuti hamil aku biasa mompa pagi. Bangun tidur, aku makan pagi, zahra dimandiin mamaku, trus dia nyusu, kenyang, dia tidur, nah baru aku mandi, aku massage dulu PD nya, dikompres air hangat-air dingin-air hangat, baru deh mompa. Dulu entah sugesti atau ngga rasanya kalo dipijet sama dikompres dulu hasil perahannya lebih banyak. Tapi kalo skrg sih udah langsung tancap aja.. emak pemalas 😀

  • Kalo dipompa ntar ASI-nya abis dong? (2 orang teman ngomong ini)

Ngg… setauku sih, makin sering ngosongin payudara produksi ASI kita akan semakin banyak. CMIIW

Phiuh, apalagi yah.. kayaknya segitu dulu aja. Yang aku tau ini pasti ngga seberapa dibanding emak-emak yang lain. Jadi kalo aku ada yang salah dikoreksiin dong tolong, atau ada tambahan lain monggo.

Last but not least, aku sendiri gak terlalu ngotot harus ASI sih.. Kita sebagai Ibu kan pasti pengen yang terbaik untuk anaknya, dan selama kita masih bisa berusaha, kita harus kerahkan semaksimal mungkin, sisanya Allah yang menentukan. Yang paling penting menurut aku adalah kita liat keadaan dan kebutuhan anak kita. Aku sih pengennya bisa terus ASI eksklusif. Tapi kalo memang keadaan gak memungkinkan masa iya aku biarin anak kelaperan? Gak mungkin juga kan.. Yang utama adalah anak kita SEHAT dan perkembangannya baik. Amin amin.

 

…Tak ada seorangpun perempuan yang hamil dari suaminya, kecuali ia berada dalam naungan Allah azza wa jalla, sampai ia merasakan sakit karena melahirkan, dan setiap rasa sakit yang ia rasakan pahalanya seperti memerdekakan seorang budak yang mukmin. Jika ia telah melahirkan anaknya dan menyusuinya, maka tak ada setetes pun air susu yang diisap oleh anaknya kecuali ia akan menjadi cahaya yang memancar di hadapannya kelak di hari kiamat, yang menakjubkan setiap orang yang melihatnya dari umat terdahulu hingga yang belakangan. Selain itu ia dicatat sebagai seorang yang berpuasa, dan sekiranya puasa itu tanpa berbuka niscaya pahalanya dicatat seperti pahala puasa dan qiyamul layl sepanjang masa. Ketika ia menyapih anaknya Allah Yang Maha Agung sebutan-Nya berfirman: `Wahai perempuan, Aku telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu, maka perbaruilah amalmu’. (Mustadrak Al-Wasail 2: bab 47, hlm 623)

Advertisements

16 thoughts on “FAQ tentang Menyusui dan ASIX

  1. Thanks lho mbak Info nya berguna banget niiy….waktu Zalfa aq gak berhasil ngasih asix cm 3 bln doang. Mudah2an nanti adik nya Zalfa bisa lulus asix.

  2. Wah…jadi inget masa2 awal menyusui nih. Yang mbak lakukan hampir sama dengan yang kulakukan, termasuk “koboi” nya itu hehehe, ngangetin ASIP lgs dari ASIP beku (kadang2 sih) trus kalau mau merah ASI, dulu dipijat dulu dengan beberapa gerakan, sekarang langsung tancap hehehe. Yang beda dengan mbak, aku merah full pakai tangan stlh msk ktr. Oh ya boleh nambahin ya, kalau pas merah trus PD sudah berasa kosong tapi pengin dapet lebih, puting dikilik2, PD langsung berasa penuh lagi lho. Ini saya dapet di milist juga 🙂

    Yang perlu dicontoh dari mbak Darina dan itu gak kulakukan, nyetock ASIP sedini mungkin. Dulu aku nyantai banget, 2 minggu sebelum cuti habis baru merah. Daaan…setelah Dita 1 th, ngos2 an kejar2 an dg stock. Skr stock ASIP ku tinggal 1 botol 100ml! 😦 .Ini jadi pengalaman berharga buatku 🙂

  3. 🙂 top dah mba darina ini meski koboy tp ASI forever.. .dan khasiat menyusui itu bener2 bikin momynya jd Slim sesLimnya tanpa perlu diet :D..

  4. nice posting mom…
    lebih suka lagi ma hadist penutupnya…eh btw, itu yg ngomong Nabi Muhammad SAW atau siapa?
    dapet drmn?
    idem dengan bundanya dita, aku jg suka ngilik-ngilik puting ampe geli lagi begitu rasanya merah asinya udah agak susah…tp cara itu cm berhasil utk satu kali kilik2.

  5. mbaaa..mksh yaa masukannya..
    meski InsyaAllah beberapa bulan lagi beibi nya baru lahir,,tapi udah niyat bgt dr skrg pengen ASIX,,
    aplg bnyk masukan soal stok ASI krn aku jg ngantor
    seep lahh..doakan saiya berhasil jg yaa nantinyaaa.. 🙂

  6. mba.. nanya bole ya? kalo ASIp dr kulkas udah diangetin di warmer, ASIp-nya tahan brapa lama ya sblm diminum? boleh masuk kulkas lagi ngga sih?

    aku amatir ni.. untung nemu postingan ini..
    thx before.. 🙂

    1. kalo udah diangetin tahan 6 jam di suhu udara. Tapi aku kdg batesin 4 jam aja. Sblm dikasih ke baby pastiin lagi ngga basi. Kalo udah diangetin gak boleh masuk kulkas lagi

    2. Maaf mbak, saya mengkoreksi. Udah telat banget sih, tapi semoga berguna bagi pembaca lain.

      ASIP yang sudah dihangatkan harus segera diminumkan, jika masih ada sisa maksimal 1 jam setelahnya masih bisa digunakan. Jika masih sisa harus dibuang.

  7. Hai mbaa..nanya lagi dunk,boleh yaa 😀 kalau mau nyimpen asip lgs masuk freezer boleh ga siy?that’s what I did so far (males bgt ya :p) thanks mbaa 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s