mpasi · Recipe

Puree Buah

Gak kerasa udah hampir 3 minggu Zahra belajar makan. Dan gak nyangka ternyata bikin makanan bayi itu emang lebih gampang dari masak rendang! Nyahahaha.. tapi tetep aja sih aku dikit-dikit nanya ina inu ita itu bla bla yada yada sama temen-temen. Jujur awalnya aku pusing. Belum lagi ada aturan-aturan, trus cara masak tiap makanan bisa beda-beda. Tapi kalo dipikir sebenernya simpel aja sih.. apalagi minggu pertama aku memutuskan cuma puree buah aja.

BFMAlat-alatnya pun cukup sederhana, aku sampe sekarang belum pake blender atau food processor. Cukup sediakan :

  • Alat memotong : Talenan kayu dan pisau
  • Alat mengukus : panci kukus dan mangkok
  • Baby Food Maker
  • Ice cubes untuk membekukan puree

Memang sebaiknya fresh, tapi working mom kayak aku agak susah juga kalo bikin tiap hari 😦 Dan aku pengennya yang bikin makanan Zahra tuh aku sendiri. Si mbak tinggal ngangetin sama nyuapin aja. Tapi kalo bubur tepung beras gasol sih gak aku bekuin soalnya tinggal masak bentar srat sret srat sret jadi. Tapi sekarang mau bahas puree buah dulu..

Puree Alpukat

Jiah kalo yang ini mah gampang banget, ampe malu posting resep nya.. hihihi.. Pilih alpuket yang matang, dikerok dikit-dikit pake sendok, jadi halus gitu, kalo ngrasa kurang halus benyek-benyek aja, jangan sampe bawah yah, yang ijo-ijo suka pahit. Trus campur ASI/Susu deh.. untuk awal aku campur 40 ml ASI, tapi sekarang udah dikurangin paling 20 ml soalnya Zahra ga sabar kalo terlalu encer. Katanya alpuket mentega lebih manis, tapi aku ga tau yang mentega yang mana, jadi aku beli aja apa adanya di supermarket :S

Puree Pear/Apel

  • Cuci Pear/Apel, kupas, potong-potong
  • Kukus 10-15 menit
  • Di parut
  • Di Grinder
  • (aku selama masih bisa diparut sih aku parut dulu, baru di grinder biar ga terlalu pegel :S)
  • Saring
  • Campur 20-40 ml ASI/susu
  • Siap disajikan

Note :

  • Pear : Xiang lie
  • Apel : Red washington, Royal Gala, Apel malang
  • Cepetan bikin puree pear, bikin puree apel pegel (emak pemalas)

Puree Pepaya

  • Cuci pepaya, buang bijinya, potong-potong
  • Parut / Grinder
  • Saring
  • Campur 20-40 ml ASI/susu
  • Siap disajikan

Note :

  • Pepaya : California, Bangkok
  • Buang bijinya tapi serabut orange-nya jangan, katanya itu yang manis.

Puree Pisang

  • Buang pisang bagian atas dengan dikerok
  • Kerok pisang, namun berhenti di tengah, jangan sampe biji
  • Campur dengan 20-40 ml ASI/susu
  • Siap disajikan

Note :

  • Pisang : ambon, ambon lumut, jangan sunpride
  • Bisa dicampur susu atau ngga juga gak papa tgt anaknya

Membekukan Puree

Aku sampe sekarang kalo puree buah selalu aku bekuin kecuali alpuket sama pisang. Dibekuinnya sama seperti bekuin ASIP. Taro dikulkas bawah dulu min 2 jam, baru taro freezer. Ngangetinnya juga gitu. Kalo buat makan pagi ini aku turunin dari freezer ke kulkas bawah, trus diangetin di warmer/mangkok air hangat. Baru aku campur ama ASI/susu kalo pas mau dimakan.

Seminggu lagi Zahra umur 7 bulan.
Artinya… udah boleh makan kaldu dan nambah lagi makanan-makanan yang bisa dimakan. Wahduh emaknya mulai pusing lagi. Doakan!

Oiya,
Gaya nih nambah satu kategori “recipe”, padahal bikin satu puree aja nanya berrrrkali-kali.. haha..

Advertisements

9 thoughts on “Puree Buah

  1. heuuuuu..tengkiyuh deuih ah neng!!
    gampang gampang pusing ya say..percaya deh pasti bisa..di tunggu post yg tepung gasol nya yakkk..heuheu..inspiring sekaliii dehhhhhhhh….

    1. Kalo gue sih gara-gara Firah bilang si hana mencret makan sunpride jadi rada ngeri. Ga tau deh kenapa yah..
      Eh loh, lo punya blog toh? kok gue baru tau.. gue link ya

    1. yep sama. ati ati ama alpuket karena kalo kemudaah pahit, trus ladang suka ada ulet. Kmrn bgt nih zahra muntah. sedih deh 😦 mgkn alpuketnya kepaitan.. kebanyakan, atau emg lagi masuk angin. agak batuk pilek 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s