mpasi

MPASI 6 Bulan

Alhamdulillah Zahra udah sebulan ini mulai makan makanan padat. Rencananya sih pengen bikin menu untuk sebulan di awal-awal tapi apa daya akhirnya aku mikir menu untuk besok baru hari ini. Tergantung apa yang ada dikulkas dan yang ada di supermarket terdekat 😀

Kalo aku liat di tabel menu makanan vs usia di blognya bundit di umur 6 bulan memang belum banyak yang bisa dimakan. Jadi aku atur aja 1 menu perkenalan dimakan 2-3 hari berturut-turut atau sesuai ketersediaan bahan makanan, hehe..

Ini menu Zahra sebulan pertama :

Buah : Alpukat (mentega), Pear (xiang lie, singo), Apel (Red Washington, Royal Gala, Apel Korea), Pepaya (california, bangkok), Pisang (ambon lumut)
Sayur : Zuchini, Labu (kabocha, labu parang tua, butternut pumpkin), Kentang (kentang tess, potato cocktail)
Serelia : Gasol beras merah, Gasol beras coklat, kacang hijau

IMG_0198
Puree kentang + butternut pumpkin

Awal-awal makan dia keliatan excited. Apa aja yang aku kasih pasti habis. Tapi mulai 3 minggu makan pas hari kedua aku kasih puree kentang dia mulai mesem-mesem gitu.. besoknya dia mulai ngerapetin mulutnya. Trus aku coba kasih gasol lagi, biasanya dia mau, kali ini mulutnya rapet pet pet, tapi giliran dikasih pepaya.. aaaa.. mangap dia!!  Oooh.. rupanya anak mama udah bisa ngenalin rasa. Mulai picky dia. Jadi aku cobain aja gasolnya aku campur ama pepaya, trus kentang aku campur butternut pumpkin yang rasanya manis. Lahap deh!

Tingkahnya kalo gak suka makanannya : Mulut rapet, rada mewek, mukanya mesem-mesem

Kalo suka makanannya : badannya maju-maju nempel ke meja swing chairnya, mulutnya monyong-monyong, matanya ngeliatin sendok, sendok baru disodorin aja mulutnya udah kebuka.

Yang sempet bikin stress waktu kemaren Zahra sementara gak boleh makan buah dan sayur karena masalah pencernaan. Hadooow pusing deh.. Jadinya acara makan jadi duel gitu.. tapi aku gak terlalu maksa sih.. umur 6 bulan emang lagi belajar makan dan sampai setahun makanan utamanya masih lebih banyak ASI, aku takut kalo dipaksa banget dia trauma.

Jadi kalo dia keliatan gak suka aku puter otak aja coba-coba ganti menu. Misal dia ga terlalu excited ama kentang tess aku cari-cari jenis kentang yang lebih manis, nemu di supermarket kentang kecil namanya potato cocktail katanya lebih manis (tapi pas gue cobain ko sama aja ya, gue mah ngerasain makanan cuma ada 2 penilaian : enak dan enak sekali!) tapi zahra lumayan mau juga ama kentang ini, mungkin karena aku campur dikit ama butternut pumpkin, duh pokoknya cari berbagai cara lah..

Ternyata bayi umur 6 bulan juga punya ‘taste’

Ya iyalah.. bayi juga manusia.. haha. Untungnya diumur 7 bulan ini udah boleh makan kaldu ayam. Jadi aku coba bikin bubur nasi + kaldu Alhamdulillah dia doyan. Pernah nih kaldunya aku kurangin, mukanya jadi mesem-mesem. Giliran kaldunya aku banyakin dia lahap!

Kita emang harus percaya ama selera anak ya.. Mama ngga bisa masak nak, tapi baiklah.. mama akan belajar jadi koki handal. You’ll see..

Advertisements

15 thoughts on “MPASI 6 Bulan

  1. Gue termasuk kategori ibu yg cukup cuek. Ga melulu si Igo gue bikinin puree dr awal MPSUSU (kan ga ASI :p), campur sm biskuit dan nyobain jg bubur instan. Ternyata anak gue ini termasuk gragas ya..sukanya makanan yg bukan jatah dia. Plus nennanya suka iseng (-_-)’ jadilah si Igo udah nyobain macem2, you name it: brownies, check..sirup cocopandan, check dan so far..ga apa2 perutnya. Udah gitu..sotooooy bener..ga mau tuh puree dicampur susu biar agak lunak..maunya yg bisa dikunyah. Sekarang udah tim kan..kadang gue blender, kadang bejek biasa..doyan2 aja.

    1. Nyahaha emang igo udah gede jadi maunya makan bronis ama sirup cocopandan. emang enak sih gue juga doyan! Kemaren itu soalnya dsa nya bilang buah ama sayur jangan dulu, biskuit kurangin. Lah makan apa donk??? untungnya skrg udah boleh.. phiuh..

    1. puree zuchini gampang ko ren, tinggal dikukus aja 10 menit atau sampe lembek, di grinder atau benyek2 aja pake sendok, trus disaring deh… coba aja eksplor deh kia suka nya makan apa, cobain aja macem2 sesuai umurnya

  2. Duuuh..ikut seneng deh kalau ada ibu2 yang berjuang mencoba memberi MPASI Rumahan buat buah hatinya. Apalagi yang kreatif supaya anak seneng, seperti mencetak butternut pumpkin nya jadi bentuk hati. Bagus mbak, lucu dilihatnya. hihihi dulu kok aku gak pernah kepikiran buat ngebentuk2 gitu ya. Semoga dedek Zahra mamamnya gampang dan lahap ya. Mamanya udah kreatif banget tuh 🙂

  3. mama zahra ngenalin sayuran macam wortel, brokoli, atau buncis dll gak bulan pertama ini…atau memang belum waktunya? sama2 mau persiapan mpasi juga nih…salam kenal ya mom, salam juga buat zahra, gak tahan lihat senyum dan rambutnya…

    1. kalo liat dari tabel makanan vs usia-nya bundanya dita siy wortel, bayam, buncis baru dikasih pas 8 bulan karena mengandung nitrat. Link tabel nya udah aku kasih diatas ya

  4. halo mba, saya mu nanya nih.. bikin puree labu gimana sih? pake disaring ga?kan ada serat2nya gituh.. thanx b4

    1. kalo aku dipeyek2 aja mom gak disaring.. tp disaring juga oke.. tapi cape ya.. hehe.. coba liat aja anaknya gmn.. makanannya masih dicampur asi ga?

    2. td saya coba bikin puree kabocha.. karena taku seratnya nyangkut2 ditenggorokan akhirnya si momy yg pemalas ini memutuskan untuk disaring ajah… masih campur ASI mba… loh…mba darina nih org bdg ya?belanjanya di BTC hehe… sama nih suka juga ke butik S*STER….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s