Mom's Corner

Foto Zahra diBajak

Ternyata gak cuma sapi yang suka membajak, manusia pun suka membajak.
Bedanya sapi membajak sawah yang mana hasilnya bermanfaat bagi manusia, kalo manusia membajak hasil karya orang lain yang mana merugikan manusia lain. *eleuh disambunginnya asa maksa yah*

Berawal dari suatu siang yang rungsing karena kerjaan kantor yang bejibun, aku di twit sama @tiaakmal dikasih tau kalo ada Online Shop di FB yang majang Foto Zahra, aku pun terheran-heran karena merasa ngga kenal dengan pemilik OS tersebut. Dan setelah brosing kesana, OMG tyt bener foto Zahra, dipajang sama dia di folder jualan jumper.

Sebenernya mood ku lagi gak bagus banget siang itu karena kerjaan kantor yang bejibun, udah senggol-bacok-mode-on banget, tapi aku memutuskan untuk ngomong baik-baik dulu dengan pemilik OS tersebut. Aku YM ybs

Me : Halo mbak, maaf mau tanya
Her : Ya kenapa say
Me : Kenapa ya foto anak saya ada di folder foto OS mbak

Dan diapun menjelaskan kalo dapet foto itu hasil googling. Aku inget-inget rasanya foto itu udah aku namain, tapi rasanya pernah juga sih upload di forum online, mungkin dia dapet dari situ. Lanjut lagi, dia bilang bayinya lucu jadi dia pajang aja. Aku bilang mungkin kalo sebelumnya minta ijin dulu aku gak akan keberatan, lalu dia minta maaf dan berjanji menghapus foto Zahra tsb.

Akhirnya masalahnya udah clear, tapi jujur aku rada kecewa masih ada aja orang yang gak tau etika kalo di dunia maya kalo mau ambil hasil karya orang harus dicantumin sumbernya dapet darimana. Yah sudahlah mudah2an ybs menjadikan ini pengalaman dan yang terpenting ngga mengulanginya lagi.

Udah selesai nih, tiba-tiba kemaren ada chat lagi dari temen kalo dia liat foto ku. Hah? aku pikir apalagi ini? Trus dia bilang fotoku itu ada di majalah Javawedding, apa aku kenal dengan vendor yang pasang iklan pake fotoku itu. Oooohh.. pasti foto kawinanku dulu. Kalo itu semua vendorku udah ijin kok.. Alhamdulillah kayanya semua vendorku kemaren seneng dengan hasil karya masing-masing dan minta ijin untuk pake foto-foto nikahanku untuk iklan mereka. Bahkan wedding organizer ku minta aku jadi brand ambasador mereka selama satu tahun, Waw.. aku tersanjung, jadi malu nih, soalnya gak punya mental model sih.. Hahaha…

Ini fotonya, pake baju adat Banjarmasin yang aku rombak habis-habisan *maafkan aku nenek moyangku* demi nyambungin ama tema semioutdoor dan semimodern.

Eh ada sih satu vendor yang gak ijin majang foto kita, itu si P*pyrus photo studio. Abis lamaran aku sama papa foto studio disana, eh besok2nya dikasih tau temen kalo fotoku dipajang disana berjejer dengan foto2 orang lain. Memang sih disana banyak dipajang foto hasil studio mereka, ya sutralah gak papa amal.. hehe..

Yah mudah-mudahan semakin banyak orang-orang yang bisa menghargai hasil karya orang lain dengan tidak memakai hasil karya tersebut tanpa ijin.

Advertisements

4 thoughts on “Foto Zahra diBajak

  1. setuju sama mba, karena takut dibajak saya juga sekarang suka mencantumkan label di foto-foto blog, agak ketengah ya mba biar gak di crop.

    soal foto kawinan mba….ckckckck yahud tuh dikontrak 1 taun….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s