baby's corner · mpasi

Anak Susah Makan

2 bulan pertama MPASI Zahra lahap banget makannya. Apa aja masuk.. tapi cukup 2 bulan itu aja karena sejak dia umur 8 bulan udah mulai bisa ngemut makanan.. yang menandakan dimulainya serial GTM (Gerakan Tutup Mulut) yang diikuti dengan GMM (Gerakan Mulut Melepeh) yang ternyata lebih kejam dari GTM, karena waktu disuapin dia mangap.. sedetik kemudian dilepeh semua.. seakan memberi harapan palsu.

Cara mengatasi GTM cuma satu : VARIASI MENU

Eng ing eeeng.. saran yang SANGAT MEMBANTU untuk ibu yang gak bisa masak seperti saya (-_-‘)

Ya mau gak mau harus rajin brosing-brosing resep n ganti-ganti menu. Dan juga melakukan beberapa trik, kaya pasang DVD Pampa, stel Playhouse Disney, trus aku nyuapin sambil nyanyi-nyanyi, bawa mainan-mainan dia, ya pokoknya apapun deh dilakuin.

Pernah ada saat aku kesel dan gak sabaran, trus si Papa bilang sabar ma.. dan si Papa nyobain yang nyuapin, eh Papa ikutan gak sabar n marah-marah šŸ˜›

Dan setelah dijalanin ternyata gak perlu kesel bahkan sampe marah sih.. karena percuma aja anaknya juga gak bakal makan lancar kalo dimarahin.. hehehe.. Akhirnya aku bawa santai aja.. Dan lebih merasa tenang setelah kembali membuka The Baby Book Chapter 13 : Pemberian Makan bagi anak Batita, dan membaca point “Sedang tidak ingin makan” berikut :

Kebiasaan makan yang tak menentu adalah ciri khas perkembangan normal anak-anak batita yang dipengaruhi suasana hatinya. Anak Anda makan dengan baik hari ini dan tidak makan sama sekali di hari lainnya. Dia begitu senang menikmati sayurannya kali ini dan menolak sayuran tersebut di lain hari. Namun bila Anda menghitung rata-rata jumlah makanan yang dikonsumsi anak Anda selama seminggu atau sebulan, Anda akan terkejut ketika mendapati bahwa pola makannya ternyata begitu seimbang, lebih dari yang Anda perkirakan. Mereka hampir tidak makan apa-apa pada satu hari tertentu, namun keadaan itu diimbangi pada kesempatan lainnya. Asupan gizi menjadi seimbang untuk periode waktu tertentu.

Phiuh.. ya ya ya.. bener juga ya.. Kalo dipikir-pikir juga ntar kalo dia laper pasti makannya banyak. Dan biasanya kalo laper kan apa aja jadi enak.. hehe.. Setelah berapa kali trial n error pun aku mendapatkan fakta berikut :

  • Zahra kalo disuapin mbak lebih lancar drpd disuapin Mama. Kalo ama Mama banyak tingkah. Misal aku pulang kantor dan dia lagi makan malam pas liat aku langsung ngelepeh.. hmppphhh… Aku juga beberapa kali usaha trik ini itu. Dan ngikutin teknik si mbak yang nyuapin sambil di gendong (padahal Zahra beratttt bangettt.. ufff.. jgn2 skrg 12 kilo). Yah antara berhasil dan nggak karena Zahra tetep aja ngelepeh, yang masuk sedikit. Sempet ngerasa sebagai ibu yang gagal karena gak bisa nyuapin anak sendiri *eleuh lebay* tapi mungkin karena sehari2 kan ZK disuapin si mbak, jadi mungkin ada faktor lebih manja kalo sama Mama, akhirnya aku ngalah dengan membiarkan si mbak yang nyuapin biar makannya banyak.
  • Makanan faforit : Sapo Tahu Seafood. Kalo makan ini makannya lahap-hap-hap cepet. Tapi aku batesin masak ini 2 minggu sekali walau udah beli saus tiram yang non-MSG tetep aja rada gimana gitu.. hehe..
  • Gak maksa kalo ga mau makan. Ya sudahlah mungkin dia gak mood, atau emang gak suka. Gantinya aku kasih cemilan berat kaya roti gandum, puding roti atau snack lainnya dan banyakin buah. Dia gak pernah nolak roti dan buah. Jadi perbanyak ngemil. Kebiasaan makan sedikit tapi sering katanya cocok untuk batita kita yang sibuk šŸ˜›
  • Kalo gak suka menunya langsung masak yang lain. Pernah sekali makan aku ampe 3x masak. Gak suka, ganti, gak suka, ganti, Errrr…
  • Kalo ada cicak sama kucing kampung makannya jadi lahap! dia langsung ngunyah makanannya tanpa diemut dan tanpa dilepeh! Sayang kedua hewan liar tersebut gak bisa dihubungi untuk jadi hiburan dikala jam makan Zahra.
  • Variasi menu ternyata memang penting. Dulu dia suka makanan manis yang dikasih kecap, sekarang mulutnya rapet, tandanya bosen. Padahal itu udah diselang seling.. Yah mari brosing resep lagi..
  • Finger food gak berhasil untuk Zahra. Yah berhasil untuk 2 batang pertama, selanjutnya? dibuang-buang šŸ˜ Itu juga termasuk segala nasi bola-bola termasuk diiming-imingi saus untuk dicolek. It’s not working. Kembali ke habitat nyuapin ala jaman dulu : sambil digendong dan makan nasi. Karena dia gak terlalu suka kentang dan makaroni, ataupun oatmeal.
  • Kalo lagi putus asa banget aku blender aja makanannya sampe cair jadi sup, jadi walau disembur-sembur ada yang ketelen.
  • Tapi sebelum disembur atau dilepeh buru-buru aku minumin air putih sesendok. Biasanya dia jadi ngunyah n nelen.
  • Kalo masih diemut juga kadang aku campur ama suapan buah. Zahra emang suka banget buah.

Sekian kalo ada yang inget lagi ntar ditambahin.

Update tgl 21 Juli :

Setelah 2 hari cuti karena si mbak anaknya sakit typus dan dirawat di RS Pekalongan, aku sama Papa jadi gantian cuti buat jaga Zahra.

Day 1 :

Sutris tingkat tinggi, karena pusing cari pengasuh lagi, mau nunggu apa ganti baru. Ganti baru pun siapa? Stock baby sitter di yayasan kosong semua, sedangkan kalo nunggu si mbak belum tau juga anaknya sembuh kapan kan.. dari kondisi yang diceritain kayanya sakitnya rada berat sampe pindah RS besar dan di rontgen karena gak bisa buang air besar. Kita doakan semoga anak si mbak yang masih umur 4 tahun cepat sembuh. Amin

Tiada waktu makan tanpa nangis berlinang air mata. Padahal aku udah masakin sapo tahu kesukaannya. Dan nyoba segala trik. Trik yang dulu berhasil tapi tidak hari itu adalah :

  • Nasi dibulet-buletin biar dia ambil sendiri dan makan sendiri.
  • Membiarkan penguasa kecil duduk di singgasana mewah yaitu di pangkuan kita, dan makan dari piring kita. Suruh dia pegang sendoknya biar nyuapin sendiri tapi tentu saja kita bantu. Nah kmrn itu dia sama sekali gak mau di bantu, kalo sendoknya dipegang dia mereh-mereh. Akhirnya tumpah lah.. ga ada yang masuk mulut.

Day 2, aku putuskan untuk :

  • Kembali ke menu nasi tim di umur 7 bulan. Bikin bubur nasi. Dan dia mau! rupanya lagi teething. Ada 2 gigi mau muncul diatas. Kasian kau nak.. pasti sakit ya.. pantesan makannya susah banget.
  • Boost up mood si neneng. Dengan permainan, nyanyian, Playhouse disney dan kalo nolak diemin sebentar trus coba lagi.
  • Rupanya si neneng mau makan sendiri tapi tiap kali nyendokin tumpah. Jadi aku kasih sendok satu untuk dia pegang dan gelas untuk di mainin sama sendoknya. Ini cukup buat dia sibuk
  • Practice make perfect. Makin lama tanganku makin lihai menghadapi si mulut melepeh. Masukin makanan, dilepeh, cepet tadahin di sendok, masukin lagi ke mulut nya, gitu terus kadang sampe 3 kali. Dan akhirnya dia ngunyah dan habis. Jorok? yang penting makan!
  • Jurus terakhir kalo nasinya gak habis aku sodorin roti gandum atau puding roti keju, untuk variasi kmrn aku campur lumatan pisang baru dikukus. Disajikan dingin juga oke, mungkin enak buat ngunyah karena gusinya lagi teething. Abis itu aku selalu kasih buah. Dia gak pernah menolak roti dan buah.

Doa Mama cuma satu… semoga GTM dan GMM ini cepat berakhir. Amin.

Advertisements

35 thoughts on “Anak Susah Makan

  1. Emang bingung ya kalo anak susah makan..tp emang bener kalo udah laper dia akan minta sendiri kok. Boleh request share resep sapo tahu seafood nya gak?hehehe..makasih mama ZK šŸ™‚

  2. hai mbak darina.. Hai ZK yang lagi GTM.. ^^ Emang suka kesel ya klo bayi kita dah susah2 masak emaknya tp cuma masuk bbrp suap. Klo Zahra, anakku ga mau makan, tinggal taro makanannya di piring makanan dia, dudukin anaknya ditempat yang nyaman, udah deh langsung abis. Tapi yang capek beresinnya itu, blepetan kemana2.. bukan cuma baju yang kotor, lantai juga ikutan kotor.. Tapi gpp, yang penting abis, drpd ga makan.. Apalagi klo skrg dah bisa lari, capek ngejarnya.. Semangat ya bun.. Jgn sampe kehabisan ide.. ^^ slm tuk ZK..

  3. Hehehe problem semua ibu deh. Sama mam, Dita kalau disuapin tetehnya, masya Allah makannya buanyak banget, bisa diem anteng dan cepet habis. Kalau Bundanya yang nyuapin, Bundanya yang ngos-ngos-an karena pecicilan banget. Sekarang ada yang bantu supaya saya gak capek nyuapin : ayunan!. kalau sudah naik ayunan di taman depan rumah, Dita jadi anteng saya suapin dan cepet habis hahaha :D. Cuma kalau siang kan gak mungkin keluar rumah naik ayuan buat nyuapin. Puanas banget di luar..

    Kalau soal variasi menu, tetehnya lebih jago dari saya. Dasarnya tetehnya pinter dan hobi masak. Alhamdulillah, masih selalu pegang aturan dr saya : boleh masak apa aja asal tidak dicampuri MSG. Makanya pas saya pulang kantor rasanya Dita makin berat aja hehehe. Kalau weekend kok jadi enteng šŸ˜¦ .

    Zahra mamamnya yang pinter ya sayang….tuh mama udah jungkir balik šŸ˜€

  4. Mama zk,,bagi donk resep sapo tahu nyaaa..a
    Raza jg sama kdg mau kdg ga..n cm mw mkn klo ada si belang humphh..
    Ditunggu resep slanjutnya yaa..trus dmnkah cr saos tiram non msg??

  5. salam kenal mama zahra šŸ™‚

    kalo anakku blom ngalami yang namanya GTM, tapi dah ngalamin GMM, wih bener emang..seakan diberi harapan palsu hehehe…

    setelah baca kutipan di atas jadi lega deh kalopun ntar ngalami yang namanya GTM, ga gitu parno amat anaknya bakal kelaperan hehehe

    makasii ya dah disharing pengalamannya soal GTM ini
    sun jauh dari Semarang buat zahra šŸ™‚

  6. haiyaa… samma..
    Aurel sekarang lg susah makan juga.. point yang mba Darina bilang klo mo dilepeh langsung buru2 minumin air putih biar dia langsung telen .. bacanya sambil cengar cengir. Aq juga melakukannya n it’s really working!! hahaha

    mba, permisi blognya aku link di yulia ningsih.blogspot.com..
    mampir ya.. walaupun baru entry 1. hehehe. tq

  7. Halo mba darina slm knl y,sy slh 1 silent reader blognya mba lho:) aplg liat ft2na ZK yg lucu abessssss dng matanya yg bulet,gemessssss… Qt samaan ni mba,anak q nadine awal2 mpasi mknnya gampil bgt ampe pd rebutan nyuapin,tp skrg lamanya minta ampun.tp itu cm berlaku klw yg nyuapin sy,pdhl klw d suapin nenek/mbaknya g bnyk tingkah huff elus dada deh

  8. Hiyaa itii,ko pas bgt posting bginian pas arsany jg gi g mao mkn.boro2 nglepeh ti,ini dia mlengos.dstelin vcd apapun g akn ngbuka mulutnya,d ajak maen jg g ngefek.apa krn tumbuh gigi y*slalu yg dsalahin tumbuhgigi klo dia pas gtm*
    huaah,pdhl pas d indo kmrn gmpg mknny sm khadimat ibuku.hiks,serasa aq jg g becus ni ngurus anak:(. d indo kmrn ampe nae 1kg loh..rewangku emg ngjak mkn sambil jln2.tp klo dsini?yaaa g munkin lah.paling d dlm rmh aj.maen speda,bc buku.tp teteep klo lgi g slera y g mangap.klo pun kcolongan da mknn msk,pasti dilepeh.beuhh..*desperado brt*

    mari,qt bdoa ti biar anak2 qt pd pinter2 maemny.smoga adeny arsa pun nanti jg bgitu.hiks3..
    *jdi curcol*

  9. hai mama zahra..naha bisa sami kitu ceritana
    zahwa skrg sarapannya oatmeal campur pisang..kembali ke selera asal pas 8 bulan..
    sudahlah yg penting dia makan..
    eh 2 minggu lalu aku beli scott elmusion..
    ga ada niat untuk penambah nafsu makan siy cuman buat multivitamin ajah
    taunya makannya lahappppp bgt..baru sadar skrg “apa setelah dikasih si scott ituh?”
    sugesti bundanyanya ajah kali yaa..
    semoga zahra terlepas dari wabah GTM dan GMM ituh yaa

  10. hehe.. lucu juga ya.. pasti sebentar lagi istriku juga mengalaminya neh sebagai ibu muda.. dan mau gak mau aku terlibat dalam situasi ini.. tapi sengnya ini salah satu jalan menuju sakinah… amin..

    1. dek.. darina mesti lupa ma aku neh.. aku eko kakak kelasmu dulu.. sebentar lagi aku juga mau jadi bapak neh.. senengnya ketemu blog kamu ini.. menarik dan bagus juga tulisan kamu.. jadi terinspirasi aku.. šŸ™‚

  11. sabar ya mama ZK…
    Kalau Zua-ku nggak mau makan biasanya sih aku biarin sampe agak kelaperan dan nggak aku kasih ngemil, memang kejam sih, tapi itu lumayan berhasil bikin Zua tahu arti lapar..

    Semoga GTM dan GMM cepat berlalu yaa

  12. ZK lucuk banget seh fotonyaaa, itu lagi siap2 GMM yak….hihihi..

    matanya ZK bening banget, banyak makan wortel ya mom?

    Oia, aku ijin link di blogku yaaa…, lupa udah ijin belum jadi belum berani ngelink šŸ˜€

  13. same here T_T … prakteknya sih aku belajar lsg dr emak ayska, tadinya iri bgt liat ayska disuapin mangap lebar2… while Kayla ga mau makan makanannya, maunya ngrusui emaknya..dan ngemil…huhuhu

    tapi skr berangsur2 membaik, mau makan, mau ngemil sehat (wortel sama labu siam kukus) ..mgk krn liat ayska jadi dia ikut2an. Cb aja mb Iti…ZK nya diajak main sama tmn sebaya šŸ˜€

  14. Mamaks.. makasih ya semangatnya.. Alhamdulillah makin lama aku ngerasa bisa lebih sabar dan tenang menghadapi si mulut melepeh. Kemaren pun makan pagi tumben banget nasinya habis banyak.. mudah2an masa anak2 kita susah makan cuma sebentar aja ya.. mari berdoa bersama… *komat kamit*

    Resep sapo nya aku post ntar yah.. saus tiramnya aku pake Lee Kum Kee krn tulisan bahan2nya ga ada MSG, tapi juga ga ada lambang Halal-nya lho, tp di web nya sih ktnya halal. CMIIW

    Resepnya aku juga nyontek buku resep sih.. hihihi *tutup muka*

  15. Dulu suster vaya yg sebelumnya juga begitu. Cepat nangkap klo vaya lepeh, jadi begitu lepeh ditangkap trs suapin lagi. Gpp jorok dikit, drpd kebuang-buang g jelas nanti berapa yg masuk.
    Vaya dulu jg hobi gtm, dan sampai sekarang kebiasan lepehnya itu yg bikin emosi jiwa hahaa.. masa lagi berenang dia disuapin roti, trs ga habis malah dilepeh di kolam? Huaduh…. bersihkannya yg repot.

    Vaya sih makannya itu2 aja sbnrnya, hehee krn maminya jarang masak & ga percaya klo pmbantu masak aneh2. Jd sekarang dia makannya nasi dan nasi tim. Ada 2. Klo nasi udah bosen, nasi tim masuk. Takut dia jd kurus šŸ˜€

  16. Hooo, rame bgt comment-nya šŸ˜‰ ikutan ah, ikut doain spy ZK mamamnya lancar jaya. Kheif juga 6bulan hari ini. Dan petualangan baru dimulai.dag dig dug juga sama GTM dan GMM. Semoga kita tetep sabar sama anak yaa.Amin ^-^

  17. Ampuuuun Gustiii… Kl anak lg teething dan susah makan, sutris deh! Padahal emaknya udah jungkir balik, ngelawak, nyanyi, joget, jaipongan, gaya topeng monyet supaya menghibur krn bocahnya udah bosen sm VCD Pampa yg cm ada 1 seri itu (ZK jg punya ya?). Kayaknya bsk aku mo nyoba belajar sulap deh, Mbak… (-_-“) *malah curhat*

  18. ternyata problem ibu-ibu itu hampir sama.. sutris klo anaknya GTM or yg lainnya intinya mah susah makannya..

    akupun begitu.. klo nyuapin tania butuh efort yang cukup tinggi..klo dulu masi seumuran ZK, dia aku alihin makan sambil nonton dvd. tapi pas menjelang 2 tahun.. cara itu udh ga mempan lagi.. smakin susah masukin makanan ke mulutnya .. tapi kadang klo moodnya bagus biasanya dia gampang makannya jadi sebisa mungkin mood bagusnya di bentuk dari pas dia bangun tidur.. klo bisa jngn sampe kurang tidur..

    trus ya mirip mirip sama bundanya zua.. suka sengaja di bikin laper.. entah sengaja jadwal ngasih susunya di lambatin biar dia makan dulu.. soalnya klo susu ma dia ngga pernah nolak..

    pokoknya kudu sabar banget deh mama nya ngadepin anak yang susah makan.. klo mood mama nya juga udh mulai emosi biasa nya anaknya malah makin nolak.. makanya aku klo nyuapin mood nya aku juga di bikin bagus dulu… kudu sabar… skrg sekali makan tania bisa gabisin waktu 1 jam krn makanannya di kemut šŸ˜¦

    nyuapin anak yang susah makannya itu melatih kita untuk lebih bersabar… jadi semngat ya mama ZK.. šŸ˜€

  19. Hu..hu…huuu… sama Bri baru-baru ini belajar GMM. Memang emaknya terlalu parno anak ga mau makan, padahal dibiarin aja kasi yang lain ya. Dan samaaa, nasinya juga dibubur lagi spt dulu supaya masuknya lebih cepet. Duh susahnya main tebak-tebakan, kemarin suka x, hari ini belum tentu mau yang x.

    Tadi pagi gw coba kasi susu strawberry Dar, eh mau dia loh. Padahal dulu2 musuh banget sama susu. Milkshake apalagi, dilirik aja enggak.

    TFS yaaa

  20. Hai Darina,

    Baca tulisanmu ini, jadi inget gerakan GTM dan GMMnya Haidar yang kurang lebih sama dengan ulahnya Haidar. Sama Haidarpun GTM dari umur 8 Bulan sampe sekitar 16 bulananlah. Alhamdulillah, sekarang udah lebih baik, apalagi sejak kubawa berenang tiap sabtu/minggu, nafsu makannya meningkat. Oh ya, aku juga sampe nyoba pake hipno words, jadi pas Haidar tidur pules malem, aku bisikin di telinganya kalimat-kalimat positif yang intinya , besok Haidar mamnya lahap ya dan habis, Alhamdulillah trik ini juga cukup berhasil, tapi kadang suka lupa si….ketiduran!hehehe. :p.

    Semangat ya Darina…..Insya Allah segera berakhir GTM dan GMMnya… :-).

  21. Baca blog mu seperti dapat penghiburan mbak.. Anak ku juga lagi GMM šŸ˜„ dulu waktu GTM sebel setengah mati, ini skrg GMM sebel sampe mau mati aku rasanya.. ʗʗĪ±ā€‹ā€Žā€‹Ę—Ę—Ī±ā€‹ā€‹ā€Žā€‹Ę—Ę—Ī±Ę—Ę—Ī±.. Pengen nangis tiap kali acara nyuapin dia tu.. Sebelnya tiap kali cerita sama org pasti org bilang nya “bosen tu sama makanannya, coba dikasih rasa” eh ga tau aja mereka ya kita udah variasiin makanan sampe bosen sendiri..
    Semoga tips trick mu ini membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s