Mom's Corner

Ganti Nama

Gak mao kalah ama Artis yang resmi menjadi socialite setelah menikah dengan anak keluarga terkaya di Indonesia, aku pun memutuskan ganti nama..

Sebenernya ganti nama ini udah terpikir minggu kemarin, tapi gara-gara emak-emak twitter tampak lagi happening ngomongin ganti nama si NR jadi aku memutuskan ganti nama setelah NR ganti nama juga. #penting Mwahahahahaha…

Bedanya kalo NR ganti nama menjadi nama suami, eike ganti nama kembali ke nama Ayah.

Cerita berawal waktu aku nanya mbak Reny ko ganti nama gak pake nama suaminya, trus suaminya menjelaskan kalau sebenarnya dalam islam tidak ada anjuran seorang istri menggunakan nama suami.

Kemudian dikuatkan oleh teman-teman twit @usyiusye dan @sallyfauzi yang bilang menurut hadis imam bukhori menggunakan nama suami adalah haram. Aku sendiri belum menyelidiki ke absahan hadis tersebut tapi @quraishihab membenarkan.

Tapi kalo kata temenku yang lain sih.. sebenernya nama di dunia itu gak ada hub nya ama nama akhirat. jadi nama dunia ya dipake buat dunia aja, walau pada akhirnya Allah akan memanggil nama kita dengan nama lengkap lahir binti nama ayah. Ini temenku versi modern tapi semuanya rasanya memberi alasan yang masuk akal.

Intinya apalah arti sebuah nama.. yang penting amal kan.. cuma aku iseng aja gituh balik ke nama beken Darina Danil.. instead of Darina Kamil. Kata shinto beda tipis ini.. ga ngaruh bok.. hahahahaha..

Dan setelah nanya si Papa akhirnya aku memutuskan ganti nama Darina Danil kaya dulu pas waktu gadis.. Cihuy..berasa gadis deh ah.. mwahahahaha (ada udang dibalik ganti nama)

Sekian posting gak penting tapi penting ini.
Have a great weekend!!

Advertisements

11 thoughts on “Ganti Nama

  1. aaah, ini tulisan yang mencerahkan sekali. Langsung tergerak untuk googling tentang soal ini dan ternyata memang diharamkan untuk wanita mengadopsi nama keluarga suaminya.

    Thanks for sharing.

  2. hmm…kalo namaku jadi depe kusnarto jadi berasa secantik maudy koesnaedy *sisiran* atau malah beneran dipanggi MAS lagi dehhhh

  3. aq ada artikelnya..

    kalau aq dari dulu emang ga niat ganti nama pk nama suami, soalnya nama belakang suamiku adalah singkatan dari nama ortunya. lah kalo ganti pake nama belakang itu kan aneh?? sedangkan nama tengahku adalah singkatan nama ortuku juga. kan aneh aja kalau pake nama belakang suami…aku anaknya siapa?? ;p jadilah aq tetap pakai nama asliku.. hehehe..

  4. eh ada untungnya punya nama suami yang auzubilah panjang dan kejawaan…bikin gw dari awal malas menaronya dibelakang nama gw :p *maapkan wahai suamiku* tapi di keluarga gw dan laki gw juga dirunut dari mertua dan kakek2nya laki gw para istri ga pake nama akhir suami sih jadi ya gw ikutin aja…ternyata ada hadisnya ya…#barutahu

  5. itiii… indri (paski) niy *halah, pake embel2 paski sgala haha..

    utk keterangan lebih lengkap ttg hukum seorang wanita menambahkan nama suaminya di belakang namanya, bisa dilihat di sini : http://ummushofi.wordpress.com/2010/04/28/hukum-seorang-wanita-menambahkan-nama-suaminya-di-belakang-namanya/

    disitu tertulis beberapa fatwa ulama disertai dengan nash/dalil yang mendasarinya.. beberapa comments di bawahnya juga Insya Allah bisa nambah wawasan kita..
    smoga bermanfaat yaa..

    cup kecup buat zahra yang tambah lutju hihi..

  6. Haha…gue nambahin nama belakang suami cuma buat iseng2 aja, biar tambah panjang.
    Di KTP ya tetap nama asli dari orangtua gue…which cuma satu kata (-__-)’

  7. oh gw baru tau juga klo ada hadits yang mengharamkannya….Berhubung dari awal gw emang ga niat nambahin nama suami di belakang namaku (abis marga gitu namanya) *sorry ya pap ;p*, jadi berasa menemukan pembenaran abis baca postingan ini. Thanks ya mommy ZK…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s