baby's corner · Health · review

Obat-obatan Darurat

Baru kemaren aku baca cerita temen-temen yang anak-anaknya kecelakaan kecil dan luka, ngebayanginnya aku mau mewek, aku cengeng memang, huhuhu.. Eh kemaren aku ceroboh banget, bener-bener ceroboh. Ceritanya aku lagi minum teh panas, trus Zahra minta gendong, akhirnya aku pangku sambil tiup-tiup teh nya di sendok, mau aku suapin ke Zahra. Waktu sendok kena bibirnya Zahra bilang “panasss.. panasss” yaudah akhirnya aku tiup lagi. Eh taunya tangan Zahra pegang gagang gelas, dia angkat dan teh nya tumpah! Teh masih panas, kena ke tangan kirinya dan baju, akhirnya ke kulit bagian dada. Dia langsung kaget kaya kejang, mungkin karena panas, aku langsung sontak berdiri, trus Papa juga buru-buru gendong Zahra dari pangkuanku. Zahra sontak nangis kejer, teriak-teriak “panaas.. panass” Ya Allahhhh ko aku ceroboh banget sih.. mestinya ga deket-deket itu teh masih panas. huhuhuhuhuhu…

Untung aku inget punya bioplasenton, jadi buru-buru aku olesin ke tangan dan dadanya banyak-banyak. Haduh naaak maafin mama ya.. huhu mau mewek kalo inget.

Kulitnya langsung merah-merah, tapi Alhamdulillaah banget cuma sebentar merahnya, mungkin sekitar 30 menit, dan kulitnya udah normal. Gak ada luka bakar atau melepuh THANK GOD!! Heran ko aku bisa-bisanya ceroboh, padahal kalo sama si mbak aku ketat banget, bawa air panas dari kompor harus pake ember, gak boleh bawa panci ke kamar mandi. Kamar mandi dibawah memang ga ada heater jadi terpaksa masak air dulu tiap mau mandi.

Inget kejadian ini aku jadi review lagi kira-kira obat-obatan darurat apalagi yang dibutuhkan. Bantu aku ya..

  • Paracetamol, ini kayanya udah jelas ya, kalo demam diatas 38 derajat aku langsung minumin ke Zahra.
  • Ibu Profen, sebenernya ada perdebatan ya tentang penggunaan obat ini, biasanya diminumin ke anak yang alergi paracetamol,tapi Zahra dapet obat ini dari Dr.Atilla waktu demamnya sampe 40 derajat. Diminum selang seling sama paracetamol jarak 4 jam. Kadang paracetamol ngga mempan, aku kasih ibuprofen ini alhamdulillah langsung turun, tapi sebaiknya penggunaannya dengan resep dokter.
  • Obat penurun panas yang dimasukkan lewat anus, obat ini buat jaga-jaga kalo kejang demam (na’udzubika himindzalik mudah2an jangan sampe kepake ini obat), sengaja aku minta ke DSA-nya buat jaga-jaga aja. Soalnya temenku anaknya pernah kejang demam, dan untung tetangganya punya obat ini, langsung dimasukin ke anus nya dan kejangnya reda. Kebayang kan huhuhu.. namanya jg jaga2 sih, obatnya aman di kulkas, expired-nya lama.
  • Bioplasenton, untuk luka bakar. Untung inget punya ini waktu Zahra kemaren gak sengaja kesiram air panas.
  • Thrombophop Gel, ini udah luka memar ya? kaya kejeduk en biru-biru itu. Zahra sekarang aktif banget gak mau diem. bisi ntar kejeduk trus benjol jadi jaga2 obat ini. alhamdulillah belum pernah kepake.
  • Oralit untuk anak, aku punya yang bentuk sachet, biar praktis untuk travelling. kalo udah BAB lebih dari 5x sehari dan udah termasuk diare aku kasih oralit ini dilarutkan ke air putih.
  • Zinc Kids, ini untuk diare juga, dikasih Dr. Endah untuk pemulihan sel-sel yang kebuang karena diare. Diare gak bisa diobati, kita hanya bisa mencegah dehidrasi. Lengkapnya pernah aku bahas DISINI.
  • Transpulmin BB, Balsem untuk anak, kalo flu aku olesin ke dada dan leher belakang, baunya enak, kayanya lumayan untuk melegakan pernapasan. Tapi kalo mampet banget aku uap pake air panas di ember yang ditetesin minyak kayu putih.
  • Betadine anak, untuk luka
  • Alkafil, kasa alcohol steril, bekas dulu pas bayi buat pusar tyt gak abis2,lumayan masukin dompet obat buat bersih2 kalo luka.
  • Tensoplast, buat luka. tapi belum pernah dipake sih, anak-anak betah ga ya pake ini.
  • Cetirizin (obat alergi), Zahra ngga ada riwayat alergi dibawah 1 th tp tiba2 umur 2 th dia bentol2 sebadan, tyt alergi.

apalagi yah, mungkin aku ada yang kurang?

Kalo anak sakit tu rasanya ampun-ampunan deh ya, kalo bisa gantiin aja sakitnya ke kita. Alhamdulillah sampe sekarang Zahra belum pernah sakit berat atau sampe opname di RS, duh gusti.. na’udzubika himindzalik.. Tapi kalau pun suatu hari nanti dikasih cobaan seperti itu mudah-mudahan kita bisa melewatinya dengan baik. Amiiiin..

Sehat terus ya nak.. Maaf mama ceroboh, Mama janji lebih ati-ati lagi 😥

Advertisements

18 thoughts on “Obat-obatan Darurat

  1. thrombophop gel is like miracle. huehehehe.. dari daftar obat pertolongan pertama yg ada di rumah si thrombophop plng sering gw pake. ya jatohlah,ya kejeduk lah. alhamdulillah abis pake ini yg tadinya kulit udh merah tua nggak berlanjut jd biru. yg udh terlanjur biru cepet balik ke semula tanpa bekas 🙂
    kalo plester gw pilih yg gmbr2 lucu buat anak2. jarang kepake utk luka, tp cpt abis soalnya kyara malah ketagihan di plester (-_-)
    smoga anak2 kita sehat terus yaaa..

  2. Wah..makasih mba Darina postingannya..langsung dicatet dengan seksama (tsahh) semua persediaan P3K di atas..anakku umurnya 1 tahun, jd lagi pecicilan kaya ulet nangka..hehehe..

    tfs..

    1. Breathy aku udah coba tapi ko Zahra malah tambah mampet ya, apa salah kalo ya ngasihnya, aku kasih gantian idungnya. Paling manjur cuma di-uap. Tp Otrivin blm coba tuh.. TFS

  3. Kemarin Ganesh jatoh benjol dipakein thrombopop. Tapi belom kempes dengan sempurna *hayyah malah curcol*.
    Gw udah gak pakein transpulmin,Ti. Udah gak mempan di Ganesh. baru nyobain Baby Balsam Vicks. Gw juga nyetok Lacto-B. Karena Ganesh dulu rentan diare. Alhamdulillah sekarang udah jarang sik…

    1. oh ya, baby balsam vicks yak.. coba ah kapan2. iya lacto-B gue kadang pake kadang nggak, kata dokter endah mending zinc+oralit siy, cuma dia blg gpp kalo mau nambah lacto-b

  4. Mantap mba,..udah poll nih kotak Obatnya ZK. Mungkin ditambahin tetes mata yg aman untuk anak2. Kaya Fadly yg matanya ga tahan debu dan angin klo naik motor, pasti sring belekan *hayah bahasanya*

    Sama klo di rumahku, minyak tawon, minyak sereh, kayu putih dan minyak rem 😀
    Hihihihi resep turun temurun dari nenekku, untuk luka cukup diolesin minyak yg baru.Dijamin lgsung kejer dan insya Allah sembuh.

  5. wah, ZK! poor baby girl! Alhamdulilah ibunya cepat tanggap. Kalau aku udah jerit histeris ga guna deh! mungkin bisa ditambah termometer yang digital, lumayan ngebantu untuk tahu suhunya apa diatas 38derajat (he he he, bukan obat siy)

    1. ooh iya aku punya thermo digital, tapi ko tiap ngukur 36 terus yak.. apa rusak 😐 akhirnya aku pake thermo air raksa deh… tp susah juga pakenya, harus nunggu zahra tidur dulu..

  6. waa aq baru punya parasetamol & transpulmin bb..hikzz..*minimalis banged ya persediaan obat2annya huhuu jd terinspirasi mo nambahin thrombophop &biopalsenton… thx reviewnya mb’ darina 🙂

    OOT: btw aq kenal blog ini setahun yg lalu wktu lg hamil, dan mesti bedrest 2 bulan karena plasenta previa. googlang-googling nemu post ttg pp disini….eee keterusan smpe skrg sering berkunjung, seneng baca tulisannya 🙂 dulu blm punya blog jadi ga pernah kasi komen, skrg ceritanya udh punya blog juga akhirnyaaa, pede deh ikut ngomen *ihiihh maluuu, tutup muka pake kaen*
    ijin nge-link blognya mama zk, boleh kah? *aq udah follow twittanya lho dari beberapa bulan yg lalu, pernah ikut nimbrung ttg kutu rambut ituuh yg disemprot pakek bayg*n hihihi ^_^ *sksd*

    1. wah sama ya bedrest 2 bulan, tp alhamdulillah penantian kita berarti ya, dikasih anak yang sehat 🙂 oooh iya iya hihihi.. ampun deh itu kutu rambut kalo inget gimana gitu, huhu, untung 2 minggu langsung ilang semua kayanya. Thk u ya mak 😉

  7. TFS ni postingannya, kebetulan baru tau bioplasenton, segera beli untuk jaga2 🙂 Oh ya, untuk thermo mungkin karna anak kita dah toddler mending beli yang ear thermo atau forehead thermo, jd lebih cepet ngukurnya, ga sampe beberapa detik. A bit pricey tp worth it sih menurutku.

    1. gue beli tu ear n fore thermo merk cad, tapi entah knp akhir2 ini kalo dipake ko suhunya 36 terus, pdhl beda2 ngukurnya. apa harus ganti baterei ya, akhirnya beli thermo air raksa deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s