financial planning

Hitung Ulang (lagi) Dana Pendidikan

Ya setelah kemaren di Post kemaren kita pingsan berjamaah *ikut istilah Indah* ternyata ada beberapa hal yang perlu dikoreksi :

  • Bunga RD Pendapatan tetap diasumsikan 8.5% (info dari Fitri QM Financialm via Diandra, thk u girl..)
  • Bunga RD campuran asumsi 15%
  • Bunga RD Sahan asumsi 25% (info dari @ini_dhita)

Untuk Inflasi silahkan ambil aja angka berdasarkan pendapat sendiri-sendiri ya, umumnya 10-20%.

Ini dia table barunya Dana Pendidikan Zahra

Ih ko naik ya jumlahnya. Tapi ya memang biaya pendidikan itu sesuatu yang harus kita pikirkan dari sekarang. Selain Reksadana mungkin ada beberapa alternatif investasi lain seperti Logam Mulia atau bahkan invest property? Aku pikir semua tergantung kemampuan dan kebutuhan kita masing-masing.

Aku sendiri kalo lihat table diatas berarti kurang nih invest pendidikannya, tapi Insya Allah sih rejeki gak kemana lah, siapa tau si Papa en aku promosi lancar atau tiba-tiba dapet bonus en duit tambahan bertubi-tubi jadi gak perlu ngumpulin per bulan udah breyek aja bayar *hahaha yeahh amiin* pokoknya kita prepare for the worst aja dan yang dipersiapkan yang deket-deket aja dulu. Misal biaya SD kynya dari sekarang emang wajib disiapin, ntar udah masuk SD baru mikirin SMA atau kuliah tapi ya resiko makin lama dipersiapkan nominalnya jadi makin besar ya, so balik lagi ke masing-masing deh. Tapi tiap ada kesempatan invest kita gunakan sebaik-baiknya. Aku sama sekali bukan lulusan S1 Akuntansi apalagi financial planner, kenal financial planning juga baru-baru ini doang pas Zahra lahir, jadi ini sekedar sharing aja dari ibu baru amatiran ya.. kalo ada salah2 or beda asumsi maap-maap aja silahkan aja bikin asumsi dan itungan sendiri. Hehehe..

Karena kemaren juga banyak yang nanya gimana ngitungnya, jadi aku attach aja itungan excel-nya, sebenernya malu sih cuma gini doang. Tapi siapa tau bisa jadi bahan diskusi kita, maklum deh emak-emak amatiran. Have a great day everyone!

Download itungan Excel HERE

Advertisements

31 thoughts on “Hitung Ulang (lagi) Dana Pendidikan

  1. horee ada hitungan excelnya! *dudul excel*
    tapi gue agak kaget dengan asumsi return RDPT 8.5%, selama ini pede aja dengan asumsi 10%. boleh tau gak bu, untuk masing-masing tingkatan pendidikan Zahra, produk RD yang lo pilih di-diversifikasi atau satu aja? misal untuk target universitas kan 750 ribu, nah dana sekian plek ditaro di satu produk RD aja atau ke beberapa produk? let’s say masing-masing jadi 250 ribu gitu. masih hijau nih di dunia reksadana. berkat blogpost lo kemaren, gue jadi mulai lagi ngutak-atik financial planning keluarga.

  2. Ti, gue numpang download ya hitungan excel-nya. Btw, liat itunganlo, jadi malu. Secara investasi pendidikan gue u/ Nadira mah jauh bgt dr angka yang lo hitung perbulannya. Duh, kudu nambah nih invest-nya. Goodbye deh makan-makan enak, skrg emak-bapaknya Nadira lunch bawa bekel dr rumah aja lah πŸ˜›

    1. Makanya kmrn gue beli lunch set lock n lock baru ra, mumpung diskon, trus menambah semangat bekel dari rumah πŸ˜€ trus gue seminggu ini bekel deh.. eh kecuali hari jumat sih.. waktunya jajan dan belanja (taunya abisnya sama aja klo weekdays makan diluar karena makannya hari jumat rada hedon)

  3. hi ti..salam kenal, sering banget mampir ke blog ini bikin gw sadar untuk menabung lebih awal lagi buat masa depan anak..pengen download excelnya ko ga berhasil yah?
    ijin link yah ti..thank you

  4. oya nambah lagi bu.. hampir di semua tingkatan lo pake RD Saham, pertimbangannya gimana?
    karena gue pernah baca contoh plan dana pendidikan yg dibuat ligwina di kontan, untuk PG ditaro di deposito, TK di RD Terproteksi, SD RD Pasar Uang, SMP dan SMU RD Campuran, S1 di RD Saham. katanya sih karena asumsi jangka waktu berkaitan dengan resiko juga.
    karena jadi lebih ringan sih jumlah investasi per bulannya kalo pake RD Saham.. siapa tau pertimbanganlo bisa gue pake juga, hehe..

    1. Betul, karena bunga nya lebih menarik aja sih sbrnnya. Gue patokannya kalo lebih dari 5 tahun pake RD saham neng.
      Untuk tiap level pendidikan gue kasih masing2 satu level satu RD, tapi sbrnya bisa aja di taro di satu RD sih, misal beli RD saham manulife untuk SMP+SMA, tapi karena gue belum terlalu kenal sama RD jadi gue coba2in dulu beli macem2. Ntar setahun dua tahun kan kliatan tu grafiknya, baru deh gue atur lagi, yang kurang bagus ya mau gue pindahin ke yang bagus. Tapi ini rencana sotoy sih.. hehehe..

  5. wah da ganti πŸ˜€ nah kalo gini baru deh mirip2 *mirip apanya? entah* #ga jelas

    ….mari kita pingsan berjamaah tiap bulan huahuahahau ih nyari temen banget deh gw

  6. tampak harus belajar invest RD RD itu darimuh say..skr baru TRM dan LM doang..itu jg ga seberapa..aggghhh PR masih buanyaksss * termenung*

  7. Ohya atu lg,aq stuju bgt tuh ama rencna siapin satu per satu,jd gk tll ngebebanin qta..yg ada abis liat excel trs qt pngsan mulu kn gk lucu :p kl yg S1 emg hrs dsiapn sedini mgkn krn gede nominalnya tp kl yg lain bs btahap,anak ud TK baru siapn SD,anak masuk SD siapin SMP-SMA nya πŸ™‚

    Sama,aq pn FP gadungan,yg baru “melek” investasi dan itung2n gni stlh resign dan Ben udh 1thn,telat bgt yaaaa..

    Amiiiin!! Mdh2n rejeki gak kmn ya mak,..promosi,gaji naik,bonus tahunan naik jg tp uang pangkal jgn ikutn naik dnk #ngarep

  8. iya c mba emg banyak yg kudu disiapin y… belom dana pensiun, belum dana liburan, dana kesehatan *nasib kesehatan g ditanggung t4 kerja hiks

    loh koq curcol

  9. numpang lewatt ya ET πŸ™‚

    “Selain Reksadana mungkin ada beberapa alternatif investasi lain seperti Logam Mulia atau bahkan invest property? Aku pikir semua tergantung kemampuan dan kebutuhan kita masing-masing.” –> like this

    aku baca sisa tulisannya dulu aaah πŸ™‚
    gini2 aq dulu asisten mata kuliah Evaluasi Ekonomi Teknik lhoh di kampus….

    1. dan pastinya dirimu juga pengajar tetap aku utk pelajaran fisika. Sampe private dipanggil kerumah.. hihihi.. duh kowe apikan tenan, mudah2an segala amal baikmu dibalas Allah swt ya.. amin

  10. bu kamil, numpang nampang…eh…nanya ;p
    buat biaya nanti, reksadana saham dan bunganya itu pake asumsi kondisi sekarang? inflasi peningkatannya flat per tahun opo piye bu kamil?

    mungkin kalo buat 2-3 tahun masih tolerir, tapi selanjutnya…mmpp…nggak pede kondisinya masih se-reguler seperti sekarang. gimanapun juga ekonomi dunia, nasional sampe dapur rumah kita terusik sama konflik2 polishit dimanapun 😦

    but great…saya suka sama keluarga yang serba prepare kayak gini
    “you can pray for a change, but prepare for the end”….g’luck!

    1. Aduh saya keder ditanyain sama akuntan profesional gini..
      Kalo kondisi sekarang sih bunga RD saham tu sekitar 37% pras, tapi karena mmg naik turun kata temen gue salah satu financial planner netapin itung flat 25%. Ini juga itungan kasar sih. Yg gue denger juga RD saham memang naik turunnya asoy jd karena itu dibuat utk jangka panjang. Memang sbnrnya investasi property yang paling aman ya, atau LM bisa dicoba? ini gue itungan kasar aja, seberapa yang dibutuhkan jadi kita bisa ancang2.
      Memang kondisi ga akan stabil, dan kita juga gak bisa ngukur performa RD hanya dari performa masa lalu, cuma mau ga mau harus ngadepin inflasi kan? Nabung aja (mungkin) gak akan cukup..

  11. Mommy ZK..mb Iti..*palapening* πŸ™‚ kl nurut danareksa ga’ segede ini jg lho..pernah nanya yg ttg rdsaham 25%/th apa itu pasti..dan jawabnya apa..ga’ jg, itu klo lg bullish aj..*heh* nanya qmfinancial, dan iya pun mengiyakan, amannya 18%/th..*+pening* so aq jd itung ulang lg..dana pendidikan liatnya di qmfinancial n ngitungnya yang ada di danareksa, bener2 ambil yang paling “buruk” deh tuh πŸ™‚ ..eia aq download exel-nya yaa..tq

  12. Ti, baru sempet baca.. gue download excelnya n gue masukin formula sedikit di sana sini..
    karena maira dah 2 tahun, jdinya waktu gue lebih pendek dan dueng hasilnya 3 jutaan aja wakakak…pdhl setelah KPR kemungkinan cuma bisa saving 1 juta sebulan wakwawww..

    tapi gue masih niat mau cari tau dulu uang masuk sekolahnya yg pasti trus mau break down tahunan investasinya..soalnya kalau bulanan belum tentu sempet juga…dan kalau tahunan kita bisa ambil dari THR n bonus juga tho? *menghibur diri sendiri karena pasti ga mampu*

    hihihihi – tawamiris-

  13. Iti,
    maaf, boleh nambahin kah?
    Untuk data proyeksi sebenarnya akan lebih lengkap untuk mencari angka inflasi dari nota keuangan yg diterbitkan depkeu tiap tahun. Lalu setelah itu ditambah info dari chart historis return reksadana/ saham/ investasi. Kalau kantor langganan bloomberg, perkiraan untuk hitung investasi akan lebih lengkap datanya. Maaf, bagi yang tidak berkenan,ini hanya sekedar info tambahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s