baby's corner · Health

Perang melawan pilek dan batuk

Lusa mau berangkat, tapi Zahra masih aja meler 😦 Udah 4 harian deh.. Padahal baru aja sembuh dari pilek minggu lalu, dan sabtunya imunisasi Influenza di RS Harkit (mursida emang di RS ini, 229ribu sajah udah total). Eh 3 hari kemudian batuk pilek.. hehe.. ya namanya imun kan pencegahan, tapi ga berarti bebas total dari penyakitnya toh.. Karena denger2 virus influenza itu jumlahnya ratusan. Jadi ya mgkn virus yang di imun gak semua ke cover. Eh.. aku pun ikutan radang dan flu berat. Pusing @_@ Karena mau liburan jadi mati-matian untuk sembuh dan bugar. Berbagai cara aku lakukan, seperti :

  • Minum Stimuno, biasanya manjur, besoknya langsung ga meler lagi, tapi kali ini tampaknya virusnya lebih kuat. Zahra minum yang cair, aku minum yang tablet.
  • Apel kukus, untuk Zahra. dikukus biar empuk. Apple kan antioksidannya tinggi, tiap sakit pasti aku kasih Apel. U know what they said, An Apple a day keep the doctor away.
  • Anggur merah, yang antioksidannya katanya sama tinggi sama apel. tapi kalo batuk lebih baik hindari. ini untuk variasi aja soalnya zahra bosenan.
  • Kiwi, aku beli kiwi gold, karena gak terlalu asem. Kiwi kadar vitamin C nya lebih tinggi drpd Jeruk dan buah apapun, CMIIW.
  • Sari kurma, untuk stamina juga. Aku makan 2 sendok makan sehari. Zahra 1 sendok teh.
  • Teh Rosella, alias teh bunga warna merah. Untuk batuk, dapet tips dari @cicha. Zahra jg suka walau rasanya agak asem, tp aku tambahin gula sedikit. Harusnya kalo batuk jangan manis2 ya..
  • Air Kencur + Madu/Sari Kurma. Kencur di parut, kasih air anget, trus disaring. Diminumin 1 sendok teh 3x sehari untuk Zahra. Kalo aku 1 sendok makan. Katanya sangat manjur untuk batuk berdahak. So far lumayan kurangan sih.. @emakayska bilang malah lebih efektif daripada obat batuk.
  • Uap air panas, kalo idung mampet. Dulu waktu bayi aku taro air panas di ember ditetesin minyak kayu putih, di taro di kamar. Jadi kelembaban kamar terjaga. Jangan nyalain AC kalo pilek karena udara akan tambah kering. Tapi sekarang sih udah bisa buang ingus sendiri di tissue jadi udah gak pernah.
  • Rendam air hangat, airnya aku agak panasin drpd biasa, biar meler semua deh.. kalo demam juga biasa aku rendem air hangat biar panasnya turun.

Khusus aku, minum juga ester C. jadi pagi stimuno, malemnya ester C. Biasanya langsung gak jadi pilek loh.. tapi kali ini virusnya tampak ganas. Eh tapi kemaren hari senen aku nyerah juga ke dokter, minta obat dan dikasih antibiotik, radangnya gak nahan sakit bgt, huhu.. skrg suaraku jadi seksi serak-serak becek gitu deh. Biar deh kalo gue, pengen cepet sembuhhh.. Alhamdulillah kalo Zahra belum aku kasih obat, mudah2an badannya gak kebiasa ama obat kayak aku, huhu..

Aku juga udah komplit beli Obat-obatan darurat yang pernah aku post disini

Ayo sembuh, sembuh, sembuh, bugar, bugar, bugaaaarrrrr….

Advertisements

3 thoughts on “Perang melawan pilek dan batuk

  1. mama ZK, itu kayaknya kurang satu deh.. santaiin dulu pikiran… ilangin dulu stress mikir pengen sembuhnya πŸ™‚ ato krn asyik mo jalan2 jd nambah kepikiran πŸ™‚

    1. Hiks iya dirimu betul sekali, aku tampak terlalu khawatir ya.. abis biasanya kalo pilek zahra lebih susah makan, padahal disana lg dingin, dan zahra agak alergi dingin, suka lgs pilek n anget badannya.. tp bismillah deh, kita bawa santai aja kan mau liburan ya πŸ˜€ Thks for reminding

  2. Mbak darina,terima kasih loh postingannya tentang obat2an darurat
    Dan tentang diare,berguna banget krn skrg aimar diare dan
    Sempat dehdrasi ringan juga nappy rash krn kulitnya memang
    Sensitif terkena asam dari BAB. mudah2an besok berkurang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s