baby's corner · Health

Alergi apa?

Awalnya mungkin 3 minggu yang lalu badan Zahra bentol2 merah, gatal, kalo digaruk bentolnya jadi melebar. Trus ternyata dikasur ada bantal yang disemutin ama semut merah. Itu kan kalo digigit gateeeel bgt. Aku juga ikut digigit, trus si nur ama suster juga. Langsung deh bongkar kasur, semprot-semprot baygon di kusen, jendela, pokoknya jadi bebersih massal.

Zahra bentol2nya paling banyak, di badan, tangan, kaki, dia ga bisa tidur karena kegatelan. Poor my baby 😦 Trus tengah malem akhirnya aku lap pake air hangat, trus aku balurin lagi sama caladine. Bisa tidur juga dia..

Udah sembuh tuh.. eh 2 minggu kemudian dia bentol2 lagi. Aku langsung menuduh tersangka semut merah, tapi anehnya batang hidungnya ga ada satupun yang kliatan di kasur *emg semut punya idung yak?

Yaudah dong, kasih caladine lagi, itu hari Jumat, Sabtu berangkuts lah ke RSAB Harkit untuk imunisasi Tifoid. Tyt dr.Hermien lg ga praktek jadi kita ke dsa lain di POTAS (klinik anak sehat di Harkit, ada playgroundnya tyt, wuih, si neneng girang bgt).

Biasanya kalo disuntik ama dr.Hermien dia gak nangis loh, bahkan ga bereaksi sama sekali. Anteng aja gitu.. kita tinggal bilang “disunting dulu ya tangannya” trus dia bengong meluk aku. Tapiii.. kemaren sama dokter pengganti dia kaget trus narik tangannya. Trus entah si suster atau dokter kurang kenceng megang tangan Zahra jadi geraklah itu tangan pas disuntik. “Bu ini pas disuntik agak gerak, nanti kalo misalnya bengkak di kompress aja ya, air dingin, trus air hangat” WHAT, lagian kenapa sik ga kenceng pegangnya grrrrrrr… mereka blg tenaga Zahra kuat juga, yah udahlah gue iya-in aja pdhl agak bete juga. Duh lain kali nelp dulu deh nanya dr.Hermien ada atau nggak.

Pulang kerumah Zahra tidur siang, trus bangun-bangun nangis. Mukanya sediiiiihhh banget sambil nunjuk “mama.. sakiit.. mama…” Duuuhh ga tega liat mukanya, huhuhu.. aku nenenin aja biar dia tenang. sambil pijet2 tangannya yang bawah, dia kliatan agak nyaman.

Ternyata Imunisasi Tifoid itu efeknya bikin pegel.

Ada beberapa emak yang bilang anaknya jadi agak pincang jalannya setelah suntik tifoid di kaki. Jadi noted buat aku kalo imun Tifoid emang sebaiknya di tangan aja. Kalo kaki agak repot kan dia jadi pincang2 jalannya. untungnya kita emang biasanya suntik di tangan. Tapi pegelnya ga lama ko, malemnya Zahra tampak udah biasa aja walau pas dipake baju dan diangkat tangannya dia blg “Aw.. aw.. aw..” tapi udah gitu doang πŸ˜€

Tiba-tiba bentolnya makin parah Hari minggu ko ga berkurang juga, malah menjalar di seluruh badan. Mertua ku langsung bilang ini bukan digigit semut, tapi ALERGI. Karena memang kita nginep di rumah ulujami, dan ga ada semut merah sih disini, ko bentolnya nambah.

Untung aku inget setahun yang lalu Zahra pernah dikasih obat alergi karena batuk hampir 2 bulan. Diminumin itu dan bentolnya berkurang. Fiuh, alhamdulillah.. jadi gue tambahin ni ya Obat-Obatan Darurat harus ada obat alergi. Trus aku liat perkembangannya, setelah 2 hari kok masih gitu2 aja. Drpd nebak-nebak ini alergi atau apa, atau mgkn virus udahlah akhirnya kita berangkuts lg ke Harkit ke dokter @endahcitraresmi hari Selasa. Lgan emak gue bikin panik aja dari kemaren udah ribuuuut aja nyuruh ke dokter.

dan ternyata… beneran ALERGI.

Gimana bedain efek Alergi dan serangan Virus?

  • Alergi cenderung bentol dan merah, gatal, kalau digaruk bentolnya melebar.
  • Virus cenderung hanya bercak merah, tidak bentol, bentuknya seperti pulau-pulau bercak merah atau bintik-bintik.

Obat Alergi sendiri ada 2 macam :

  • Generasi lama : Celestamine. Obat alergi yang bikin ngantuk.
  • Generasi baru : Cetirizin. Obat alergi yang ga bikin ngantuk.

Jadi alhamdulillah udah bener aku kasih cetirizin itu, cuma diitung lagi takarannya sesuai berat badan Zahra. Dr. endah blg kasih itu 3 hari, kalo ga ada perubahan baru kasih celestamine 5 hari. Kalo ga ada perubahan lagi harus kontrol lagi ke dr.endah. Caladine juga boleh dipakai kalau memang membantu mengurangi gatalnya.

The Big Question is : Alergi apa?

Dok. endah ini hal yang hrs diobservasi sendiri karena even tes alergi pun kadang ngga ketauan. Pdhl tes alergi sendiri klo aku denger prosedurnya agak ribet. Gak boleh minum obat alergi, batasi makanan, dll.

Gimana caranya tau alergi apa?

Caranya dikasih lagi makanan yang dicurigai mengakibatkan alergi. Kemaren Zahra memang makan salmon sama udang, tapi dari umur 1th juga udah aku kasih salmon ama udang baik-baik aja kok. trus apa dong? Kata dok.endah bisa jadi karena perairannya lagi tercemar, dsb dsb. atau mungkin alergi debu, alergi dingin, dll. Jd ntar kalo udah sembuh bener rencana mau aku kasih salmon ama udang lagi.

Udah 3 hari nih sejak ke dok.endah, kalo mmg membaik harusnya obatnya stop. Tapi tadi pagi pahanya masih bentol2. Dan itu muncul karena.. AC nya lupa dimatiin jadi aku sendiri pun kedinginan. Padahal 27 derajat loh. abis diservice sih mgkn jadi dingin bgt di kamar kita yg emang kecil 😦 Apa mgkn alergi dingin ya.. tapi kmrn pas ke Hongkong 13 derajat Zahra fine2 aja tuh.. Klo karena imuni tifoid kt dok.endah itu gak mungkin. Trus apa dong..

untungnya bentolnya ga sampe mengganggu banget. Dia tetep ceria maen dan nafsu makannya bagus walau sambil garuk2.

Coba kita cari kamu alergi apa nak.. 😦

Advertisements

15 thoughts on “Alergi apa?

  1. Gw curiga sih culpritnya si Udang itu Ti.. Soalnya temen gw juga gitu. Biasa makan udang gpp, pernah kapan makan udang gak terlalu fresh lgsg bebentol juga.
    Cetirizin udah wajib masuk P3K gw ti, soalnya kan Aghnan turunan alergi. Kayak waktu kapan dikasih kalkun lgsg menyebar hebat bentol2 ke seluruh badan.
    Semoga alergi nya cepat ketauan ya ti.. πŸ™‚

  2. Sama Banget kayak Hanif, dulu pede bgt bilang ga alergi apa2…ternyata eh ternyata dia juga alergi, gatel-gatel…sampe sekarang juga belum yakin pastinya Hanif alergi apa, cuman kalo diperhatiin kayaknya alegi telor….tapi ga tau deng belum yakin juga….gimana ya? Kasian kalo lagi gatel gitu. Hanif juga dikasi DSAnya Cetirizin. Sekarang juga dia lagi gatel tuh…Kalo gatel gitu dia minta dikasi bedak ama caladine lotion, gimana ya caranya tau anak kita alergi apa? Heleeh,,,,ga membantu ya say….kalo udah tau caranya, saya ikutan ya…hahahah…seperti biasa…thx ya .

    1. harus dikasih lagi say penyebab alerginya, misal ntar kasih lagi udang kalo emg bentol2 berarti itu alerginya.. harus coba2 sendiri. tes alergi ribet bgt soalnya 😦

  3. eh eh waktu dulu aku pernah makan udang dan bentol2 parah padahal sebelumnya engga, abis itu stop udang sama sekali sampe bertahun2 kemudian nyoba lagi, ngga bentol. dan sampe sekarang nggak bentol. kata mertua yang sekeluarga hobi masak makanan laut & biasanya beli lsg di pasar nelayan, bisa jadi dulu alergi krn kualitas udang yg dimakan kurang bagus, misal kurang fresh, tercemar bakteri, tercemar tetangga sebelahnya saat proses pengangkutan/packing dr laut. bisa keliatan dr warna&tekstur seafoodnya wkt mentah atau baunya, tapi kalo udah di freeze spt di spm kalo org awam sih kadang susah bedain, mertuaku sih dia bs ngenalin tapi aku jg nggak bisa sih cuma tetep menjerengkan mata kalo milih2 seafood. smg zk cuma sekali aja alerginya kan sebelumnya nggak apa-apa ya

  4. hai..silent reader nih…anak gw juga pernah kyk gitu beberapa kali, kl kata org2 itu namanya kaligata. Kaligata bisa krn udara dingin atau pergantian cuaca atau bisa juga debu, ditambah mungkin bdn anaknya lg kurang sehat jd alergi-nya bs muncul. Kasih obt alergi biasanya ilang sih..mudah2an bentolnya bisa cpt ilang yaa

    1. oooh bisa jg gt yah.. mmg udaranya lg ga enak sih. kmrn udah bebersih massal lg untuk ketiga kalinya. masih gue kasih celestamine sih soalnya ada bentol kecil2 muncul. thk u

  5. Kalau Dita alergi udara panas mam. Pdhal ya tahu kan di Bekasi panasnya kayak apa hehehe. Semoga alergi Zahra segera ketahuan penyebabnya ya mam. Kasiha emang kalau anak2 lagi alergi begini.

  6. Laras waktu setaunan pernah makan siomay homemade trs lsg gatel2 & bentol2.. waktu itu seh tersangkanya krn tuh siumay pake ikan tenggiri. Cuman sampe skrg belum pernah makan ikan tenggiri lagi, jd blm tau apakah bener alerginya krn tuh ikan apa bukan. Sebaiknya cepet lsg dicobain kali ya?

  7. ughh penyakit anaknya sama ama saya nih.. saya sakit gini udah 1 tahun.. dari 2012.. adooh walaupun ini bahasan 2011, tp gpp lah ikut sharing πŸ˜€
    umur saya 24thn -_-
    penyakit sama kaya zahra,, digaruk malah bentol bentol, malah jadi banyakk,, bukan bengkak lho,, tapi bentol kecil2 sebesar biji kacang hijau diameternya,, tuapii buanyak,,,,
    udah ke UGD di OMC pulomas.. dikasih claritine. ternyata ngefek..tapi, obat habis kambuh lagi.

    ampe detik ini saya belom sembuh nih.. tolonggggggg…….

    waktu itu om saya pernah bilang, dia punya penyakit sama,, tp dulu tahun 90an.
    dulu dia sembuh, tapi dengan cara disuntik ,, ( di UGD yang sama,, tapi namanya masih ongkomulio pulomas)
    ane udah cerita sih kedokter yang nanganin saya dulu itu. tp dia nanya apa nama cairannya.. yaaaaaa meneketeheeee….

    angkihrnya ane disuntik juga.. tapii kok rasanya biasa aja,, gak pegel. karena kata om saya dulu,, setelah disuntik rasanya pegel banget, jalan sampe ngilu.
    oia disuntiknya di pantat.. heheheh.

    BTW bagi yang tau nama obat, atau dokter recomended,, tolong emailin saya ya… di fd_o4o9@yahoo.com
    makasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s