financial planning

Dana Pendidikan (Episode AKHIR)

Gara-gara blog ini aku baru nyadar ternyata butuh 2 tahun untuk mulai ngerti apa itu Reksadana. Dan butuh waktu 2 tahun pula aku merencanakan Dana Pendidikan Zahra.. ck ck ck.. lamanyooo.. daya serap otakku.. hahaha..

Mulai dari pertama kali aku memutuskan pake RD untuk Dana Pendidikan, itu postingan tgl 1 Agt 2009 disini.

Trus mulai lanjut lagi bikin tabel dana pendidikannya, postingan tgl 15 Des 2010 disini.

Baru deh sekarang inilaaah diaaaaaaa…. eeeng iiing eeeng…. itungan DANA PENDIDIKAN FINALE!!

Abis aku orangnya bukan risk taker.. beli Reksadana pertama kali juga yang RD campuran, dan cuma 200ribu.. ikutan installment plan jadi tiap bulan di auto debit. Pilih produknya? Asal. Yang kira2 sering denger dan terdengar keren. Haahahaha.. Ya tapi kan kalo tak kenal maka tak sayang. Gue jadi tau kalo BNP P*rib*s Equitr* (isilah tanda * dengan huruf a) itu jeleeeeek growth nya.

Karena 2 tahun yang lalu aku udah ikutan Tabungan Rencana Mandiri dan beli RD campuran juga, jadi aku masukin dong uang yang udah ada.

Jadi tabel akhirnya seperti ini :

  • Untuk biaya TK dan SD aku putuskan beli RD dari Bank Mandiri aja. Duitnya ada di Mandiri soalnya. Memang sih ada fee installment tp ya sutralah bok, itung2 byr jasa, udah ga usah pusing. Dan setelah membandingkan apa saja yang mereka jual disini, dan melihat performance nya di infovesta.com, terpilih RD tersebut.
  • Untuk SMP dan SMA aku jadiin satu RD aja, karena jumlahnya sedikit, dan aku beli lewat Common Wealth Bank. Karena min pembelian di CW memang 500rb.
  • Untuk kuliah aku juga beli sendiri aja tiap bulannya di CW. Karena biar fleksible aja. Ini belon KPR cyiin.. jadi sukur2 kalo bisa beli tiap bulan, kalo lagi ga punya duit ya gak usah beli, tapi insya Allah pasti dana pendidikan jadi prioritas lah ya.. daripada belanja belenji gak jelas.

Aku juga beli RD Saham Panin Dana Maksima dan emang mantaaaab cyiiiin… returnnya gedeeee… trus kenapa ga pake PDM aja buat dana pendidikan? Yah soalnya namanya juga dana pendidikan, aku ga terlalu pengen return setinggi-tingginya kok. Bukan tipe oportunis juga. Jadi PDM nya aku bikin buat tujuan lain aja.

Aku memutuskan dana pendidikan memang pake RD semua. Kalo Dhita n Nuke beda lagi, dana TK dan SD udah siap dengan menimbun LM di Safe Deposit Box (SDB) mereka. Yah kalo gue gak punya SDB jadi blm berani beli LM banyak2 hehe.. Kalo pun ada dana lebih kita bakal pake buat ngisi apartemen mungil tahun depan. Mudah2an larisss disewa. Amin.

Barusan udah kelar ke Mandiri, jadi duit TK ntar cair Juni 2013 trus SD cair Juni 2015. Udah bereessss mudah2an lancar. Bismillah..
Next yang harus dipikirkan adalah KPR.
Pingsan? nggak ah biasa aja. Udah lewat masa pingsan2 nya *kibas rambut*
Bukannya udah mampu, tapi udah kebal dan cape pingsan-pingsan melulu πŸ˜€

Advertisements

22 thoughts on “Dana Pendidikan (Episode AKHIR)

  1. ahahaha hari ini pun kepikiran buat nulis ttg dana pendidikan (lagi)
    toss ah…masa2 pingsan udah lewat, tinggal masa2 merenung aja karena ga bs sering2 jalan2 L)

    1. iya skrg udah ga pingsan bukannya udah mampu, tapi krn cape hahaha.. yasudahlah kita jalani saja yang penting udah usaha semaksimal mgkn, rejeki ga kemana ya jeng..

  2. Waa,thank you Mak Zahra.. postingan ini adalah ilustrasi nyata yang semakin memperjelas gimana caranya itung2 dana pendidikan. bermanfaat sekali,insyaalah berlipat itu pahalanya di bulan ramadhan.. Amiin :). *akuprintya!

  3. Waaw Iti langsung geber ke RD Saham yaa.. Gw RD Saham cuman pake buat Aghnan kuliah aja. Itu pake Schroder Dana Prestasi Plus. Kl yg Schroder Dana Prestasi bwt SMP-SMA. Trus SD pake si BNP Paribas Equitra. Kl growth nya si SDP emang lebih bagus dibanding BNP soalnya walau RD Campuran, komposisinya lebih banyak di saham. Kalau untuk PG-TK nya Aghnan udah aman, jadi cemplungin ke Deposito (eh apa masih di RD Pasar Uang ya? cek ke si mas dulu).
    Trus buat PDM emang manteb, gw taro Dana Pensiun gw disitu. Dan LM2an gw pake buat dana darurat.
    Oh iya semua RD nya Aghnan gw taro di CW. Cuman pengennya tahun depan udah beres sampai kuliah jd gak perlu setor tiap bulan lagi. Biar duduk manis mantau aja.. πŸ˜€

    1. hehe iya gue jadi lebih berani skrg stlh liat performansi RD 2 tahun ini. dulu maen aman.. :D. Kalo dana pensiun ga besar sih kalo gue.. pgnnya kalo pensiun punya kost2an aja, hihihi amiin..

  4. Gw hanya SD kok pake LM. Cuma pengen bentuk investasi yang beda aja. Gak pengen semua investasi dari gentong yang sama. Gw juga mau tutup manuhidup Dana Saham. Lambreta. Masa returnnya sama kayak RDPT Manuhidup MONI gw.
    Pingsan ? Iiih so last year deh,Ti *kikir kuku jempol*
    Yah mana mungkin lah…wong di genk kita, ada anggota genk yang-ngakunya-bukan-socialite- tapi beli appartment aja kayak beli kacang goreng #nomention.

  5. Bismillah ajaa..aye juga mau 2 anak..tp santai2 ajaa.. kekekek *sok santai pdhl udah ga bsa mikir*

    Gue masih terpecah mana yg SD, SMP, SMA n Kuliah..maksudnya terpecah..ada 2 RD yg tujuan nya sama..

    Mau liat performance 1 tahun dulu..situ kan dah mulai dari 2 tahun lalu..sedangkan gue baru 1..itupun iseng beli aja pas ada duit ga diduga..
    tp gue iseng yah bikin “Mapping” retur dari tahun 2011 ampe 2030 alias pas Maira masuk kuliah..dan emang yee keliatan banget retur nya bisa jauh lebih gede dari yg ditawarkan asuransi..dan dengan mapping itu gue jadi tau “minimal” retur yg gue expect tahunan sama cut off tahunan mesti berapa supaya tercapai targetnya..jadi tiap tahun review mau ganti RD or engga..trus review masih “on track” or engga..kalau engga karena kurang berarti bonus gue dilarikan ke invest lagi..kalau lebih..berarti gue bisa jajan lebih di tahun etrsebut hehehehe…

  6. wihhh suka banget deh mba ma kategory financial planningx, ngepens deh pokoknya ma bunda satu ini. aq ijin link boleh ya mba?
    *silent reader berbulan2, yang akhirnya terinspirasi belajar blog darimu πŸ™‚ P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s