review

Pamer Paspor Baru

Azeeeg.. Mau share pamer nih Paspor ku udah jadi! Ini agak spesial karena untuk pertama kalinya aku nyobain Layanan Paspor Online di website Imigrasi disini. Tadinya mau pake calo kantor nih, yang katanya 450rb tinggal foto n tau beres. Etapi pas ditelp kok naik jadi 475rb. Berhubung aku abis shock bayar tagihan kartu kredit, jadi beda 25ribu aja aku jadi merki abis dan gak rela. Apalagi kalo ngurus sendiri paling juga bayar 255rb.

Disambut spanduk anti calo

Dan setelah nanya2 di twitter tyt gampang ko urus paspor online. Karena perginya juga masih lama jadi aku mau coba deh urus sendiri di Jakarta. Kalo di Bandung sih aku selalu urus sendiri, Paspor Zahra juga ngurus sendiri. Tapi kemaren si Papa terpaksa nembak pake calo di kantor imigrasi jakarta pusat, karena waktu kita mepet banget tinggal seminggu lagi pergi.

Aha! Antrian yang tertib, nyaman dan anggun

Step by step nya :

  1. Daftar layanan permohonan paspor online –> upload dokumen2 bentuk JPEG. syarat-syaratnya liat aja disini. Selesai upload kita akan diminta untuk memilih kantor imigrasi mana dan tanggal brp. Trus tinggal print bukti pemdaftarannya.
  2. Dateng ke kantor imigrasi yang dipilih pada tgl yang pilih.
  3. Ambil no antrian
  4. Beli map kuning
  5. Nyerahin dokumen ke loket. Yang mana kalo loket via online itu sepiiiiiii… aku dateng aja langsung bisa nyerahin. Kalo jalur umum, ebuset… banyak aje..
  6. Ambil no antrian pembayaran dan foto.
  7. Bayar di loket pembayaran
  8. Foto & wawancara.
  9. Selesai

Paspor bisa diambil 4 hari kerja. Tapi itu itungannya selesai jam 5 sorenya, jadi mending ambil aja 5 hari kerja. Dan Tadaaaa.. jadi deh.

Bayarnya 255ribu ajah.

Jadi Paspor online mudah? Yaaah memang sih mempercepat waktu penyerahan berkas AJA. Karena bayarnya teteup antri bok! Gue ambil no antrian itu jam 9 pagi. Udah no 207 aje.. sedangkan waktu itu baru no. 50an. Waks.. 150 nomer lagi cuy.. Ya udeh dong drpd bete gue nyalon aja deket2 situ, trus ke Total buah segar. Udah 2 jam nih, eeeeh belon juga. Dipanggilnya baru jam… 3 sore! 6 Jam cuy!! Hadeehh.. Trus fotonya jam 5 sore. Jadi total gue nongkrong di kantor imigrasi jakarta selatan itu dari jam 9 sampe jam 6 sore *lap keringet*

Tapiiiii karena kantornya baru dan nyaman, AC nya dingin, sebelahnya ada masjid, makanan jajanannya enak2, deket salon, alfamart, ada aquarium air laut (apeu :P) dan yang penting ANTRIANNYA JELAS DAN TERTIB. Jadi overall gue hepi lah.. dan salut ama kantor imigrasi atas improvementnya.

Udah mana kantor imigrasi jakarta selatan yang di warung buncit itu letaknya persis depan halte busway. Transportnya gampang.

Cuma kalo boleh saran sih mbok ya ditambahin itu loket bayar nya. Sehari 600 orang loketnya cuma 2. Pegel juga tuh petugasnya kayanya. Kalo loket foto sih oke lah kita masuk sekalian 10 orang jadi efektif.

Pas ambil Paspor hari ini, aku tumpuk aja bukti kwitansi nya, trus aku tinggal. Abis udah banyak gitu kynya drpd gue pegel lagi nungguin. Trus balik lagi pas jam istirahat kantor. Bener deh langsung bisa diambil.

Emang sih yang pegel itu nunggunya. Tapi coba kira2 aja nih, 50 nomer itu 1,5 jam. trus ada istirahat siang jam 12-1. Jadi mending tinggal aja trus balik lagi mudah2an sblm nomernya kepanggil. Lgan sekali2 lha seharian di kantor imigrasi, 5 tahun sekali ini kan? hihi..

Selama aku nunggu juga banyak wira wiri calo sih. Tapi karena sistem antriannya jelas, jadi calo juga kudu ambil nomer, gak bisa nyelak. Jadi yang bayar calo ya cuma bayar jasa buat ambil nomer antrian aja. Karena nyerahin berkas sih udah bisa online toh? Yang gak enak itu kalo kita udah antri, trus diselak antriannya ama calo. Udah lempar golok itu mah 😛 tp kmrn si Papa karena pake calo jadi nyelak antrian di imigrasi jakarta pusat, yang mana disambut oleh tatapan-tatapan membunuh dari yang antri 😛 Ga enak kan jadinya.. Gak tau deh skrg yang di jakarta pusat masih gak jelas gt gak sih antriannya?

Iseng aku nanya ibu sebelah aku, dia bayar 600rb Paspornya jadinya seminggu. Ya kalo males antri sih monggo aja.. Dengan sistem antrian tertib ky gini kayanya gak ada yang merasa dirugikan. Calo sih oke lah ya kita bayar jasa, yang lebih ngeselin itu kalo ada oknum dari imigrasinya sendiri. Kakak ipar gue nih dulu di imigasi Semarang, paspornya blm di tanda tangan, trus dia blg bisa di tanda tangan tapi bayar 50rb tiap paspor, itu yang minta boss nya ktnya bukan dia. Watdehek????? Jadi gue mgkn krn kepepet butuh cepet bakal gue bayar tapi gue catet namanya trus gue laporin. Kadang gue pikir apa negara kita perlu kaya China ya, koruptor ditembak mati?

Jadi pengen jujur kacang ijo

PS : kalo mau tau syarat2nya cek aja di websitenya imigrasi.go.id ya.. semua lengkap ko disitu. Jangan malas 😛

Advertisements

11 thoughts on “Pamer Paspor Baru

  1. oh udah balik lagi ke mampang ya ti. terakhir kan masih renov dan pindah ke tb simatupang *jauhnyeee*. emang kantor imigrasi yang baru suasananya lebih nyaman. mungkin yg kurang parkirannya, gag sebanding sama jumlah org yg dateng mana gag bisa parkir jjuga di pinggir jalan (gwe liyat ajah mobil orang-orang diderek paksa dulu)

  2. Yay..!! udah jadi ya kantor imigrasi buncit..asik deket sekul nya jasmine 😉

    Emang mendingan setelah daftar online cuti pas hari H submit dokumen dan poto..beneran bisa seharian kayak dirimu tuh :p trus kalo mo ambil jangan pas mepet hari 4 hari kalo bisa lebihin 1-2 hari kejadian di gw saking napsu nya ambil pas hari H disuruh ambil dan balik dengan tangan hampa alias paspor belom jadi :(( trus kl mo ambil mending pagi pagii sekaliiiiiii…jam 7-1/2 8 an jadi bisa cepet di panggil 😉

  3. Huee..itii, gara2 baca ini kmrn suami gw juga ngajuin yg onlen krn dia susah bgt buat ijin cuti. Tp di bandung ternyata gbs sehari lsg foto, harus balik besoknya buat foto. Akhirnya pake calo deh krn cutinya cuma sehari. Beda imigrasi tnyt beda aturan ya? *masih ga abis pikir*

  4. oops, salah ngasiin imel nih kayanya, jadi ga kluar link-nya.. maklum kmrn dr hp 😛
    heeeh? sehari? itu pdhl kmrn gw dtg jam 6 lho di imigrasi, tetep harus nunggu sehari buat foto. ah ga ngerti deh deh deh sama imigrasi bandung.. huehuehuehue.. -_____________-“

  5. mbak mau tanya kl kita bikin paspor buat anak kecil bisa via online jg ga? trs untuk id card anak kecil berarti ga pake kan ya? or pake akte ga ya? trs untuk jenis paspor yang dipake apa ya? maklum pengalaman pertama jd banyak ga tau nya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s