baby's corner · Health · mpasi

Gara-Gara Kebanyakan Susu

Jadinya Zahra Intoleransi Laktosa.

Apa itu?

Intoleransi terhadap Laktosa (Lactose Intolerance) adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu mencerna laktosa, yaitu bentuk gula yang berasal dari susu. Ketidakmampuan ini bisa disebabkan oleh kurangnya atau tidak mampunya tubuh memproduksi LAKTASE, yaitu salah satu enzim pencernaan yang diproduksi oleh sel-sel di usus kecil yang bertugas memecah gula susu menjadi bentuk yang lebih mudah untuk diserap ke dalam tubuh. Kondisi ini disebut juga Defisiensi Laktase (Lactase Deficiency).

Intinya : KEBANYAKAN MINUM SUSU

Zahra memang minum susu UHT sehari itu bisa 5-6 kotak x 125ml. Aku tau sih padahal idealnya minum susu sehari itu maksimal harusnya 400ml aja sehari. Dan pernah baca juga dmn gt bahwa anak diatas 1 tahun kebutuhan susu nya itu paling cuma 200ml sehari. Gizi lainnya harus didapat dari makanan.

Tapi emang anaknya doyan bgt susu, ya gmn yah.. jadi aku selama dia udah makan nasi ya gpp aku kasih susu, dia biasanya langsung minum 2 kotak siang, 2 kotak malem mau tidur, dan susu tengah malem 1 kotak. Udah feeling sih kebanyakan, tp Zahra kynya fine aja, gak diare, ga gimana2 jadi aku lanjut aja.

Eh ternyata layaknya alergi, yang kadang misal kita makan udang gpp, tapi besok2 pas makan udang lagi gatel2, intoleransi laktosa ini jg bisa datang tiba2.

Apa bedanya alergi sama intoleransi laktosa?

Kalo alergi biasanya munculnya butuh waktu, misal konsumsi makan/minum 2-3 hari, trus timbul reaksi gatal pada kulit.

Klo intoleransi munculnya segera setelah minum susu. Gak lama, 30 menit stlh minum susu Zahra langsung nyeri perut. Dia meringis kesakitan sambil pegang perutnya.

Akhirnya udah 2 jam gitu terus kok ga reda2, akhirnya malem2 ke UGD YPK, dgn harapan dokter UGD nya ntar bakal telp ke dr. Rinawati. Dan Alhamdulillah emang ditelpin ke dok. Rina-nya. Walo itu dokter UGD cakep2 tapi rada dodol, tapi yah udahlah aku maklum aja namanya jg lagi belajar. Kynya dok. Rina juga ampe rada2 ngomel tuh ama dese.

Aku nanya apa mgkn typus? Ktnya ngga, karena gak demam.
Atau keracunan ky aku dulu? ngga juga sih, orang gak mencret dan gak muntah.

Intoleransi laktosa gak ada obatnya. Hanya harus berenti aja konsumsi susu/laktosa lain. Kalo nyeri banget bisa dikasih obat pereda nyeri biasa.

Zahra akhirnya dikasih Amrizol (kalo ga salah), itu aja dia sepanjang malem masih kebangun2 kesakitan. Untungnya cuma sehari sih.. abis itu udah gpp. Tp skrg lg stop minum susu selama seminggu ini. Untuk selanjutnya bakal aku batasin maksimal 3 kotak x 125ml dalam sehari.

Untungnya Zahra cukup kooperatif. dia memang awal2 ngamuk krn ga boleh minum susu, tapi aku melotot-lotot bilang mau perutnya sakit lagi?? dia bilang gak mau. Rupanya cukup trauma dia.. Sampe td malempun aku masih begadang2 gt karena tengah malem dia bangun trus mewek2 gak jelas. Karena mgkn biasanya minum susu, skrg dia kelaperan.. akhirnya.. tengah malem suka minum teor ceplok atau roti tawar. Aku bikinin dgn senang hati tentunya, tapi bagian mewek2 gak mau pake pampers, trus gak mau pake baju, trus ga mau dikamar.. duh ampun gusti paringi sabar.. kasian mgkn dia lg menyesuaikan diri gak minum susu trus bingung mau apa.

Minusnya cuma itu sih, rewel dan begadang. Tapiii hikmahnya jauh lebih besar. Zahra makannya jadi banyaaaaak banget! Dia bangun tidur minta Milo cereal. Trus makan nasi, apel 1 buah, pisang 2 biji, siang makan nasi lagi, sore makan nasi lagi, malem ngemil roti. Aku aja kmrn makan pizza jumbo 1 slice udah kenyang, ini dia habis 2 slice *melongo :O

Trus ditanya mau tidur siang apa makan, dia bilang mau makan *melongo :O

Oooooh… untuk emak yang kemaren nangis2 karena anaknya susah makan, ini mukjizat banget! Makasih ya Allah… Maaf kmrn aku sempet desperate bawa Zahra ke UGD sampe mempertanyakan kenapa aku dikasih ujian terus lewat anak, ternyata hikmahnya jauh lebih besar. Alhamdulillah… :’)

Ngemil roti dulu sebelum tidur
Advertisements

23 thoughts on “Gara-Gara Kebanyakan Susu

  1. Ti, klo mis. abis minum susu truz sakit perut, bentar aj sik ga lama, apa termasuk ini jg?soale kdg2 anakku stlh minum 2gelas*kecil* sk blg “Mi,atit elut..” tp ga lama..tfs yaa

  2. I am ur passive reader mba…hehehe…
    Semoga ZK cepet menyesuaikan ya…
    Gak usah minum susu gak papa kok
    Kan masih banyak kalsium dari makanannya…
    Insha Allah, ZK pasti lebih sehat…
    Susu buat selingan aja kalo lagi pengen…
    Biar gak atit peyut lagi hihihihi…..

    1. hei linda, eh kamu familiar sekali.. pernah liat dmn yah, apa di TUM ya hihi..
      iya skrg aku akalin kalsiumnya dari makanan laut, roti, dll.. walau kynya skrg dia lagi kangen ama susu 😀

  3. nambah lagi info ttg anak nya setelah kmrn ttg TB eh sekarang baru tau lagi ttg Lactose Intolerance..
    TFS ya mom..
    anakku juga doyan susu di banding makan.. tapi skrg semenjak susunya di kurangin jadi 2x 250 ml aja sehari, makannya jadi lebih banyak.. ternyata emag susu itu bikin kenyang banget ya..

    sehat terus ya ZK 🙂

  4. wah ZK lactose intolerance ya Dar…tapi masih bisa minum susu lagi ga skrg? aku punya temen, dia sama sekali ga bisa makan makanan yang mengandung susu dan turunannya, bisa2 lsg gastro reflux. Seneng ya ZK skrg maemnya dah banyak. Alhamdulillah, stlh 3thn Tisya jg mulai nambah nafsu makannya, ga perlu disuruh makan udh minta makan sendiri. Kadang udh makan 3x sehari, tiba2 minta makan lagi. Ya walopun porsinya ga tll banyak tp hal itu cukup menyejukkan hati bagi emak2 yg anaknya rada susye makan macam eyke ini *piss*

    1. sementara ini aku stop susunya sampe seminggu kt dok rina. tp berhub mau liburan kynya mau nerusin sampe pulang liburan, biar makannya banyak. hihi.. iya alhamdulillah masa2 GTM sudah berlalu ya jeng.. mudh2an skg tinggal santei-santei..

  5. Makasih mba postingannya bermanfaat banget, anakku juga lagi ngomong sakit perut terus, padahal udah ke dokter dan udah dikasih obat, bisa jadi anakku kebanyakan minum susu, thank you mba, alhamdulilah dapat pencerahan

  6. Pas baca ini tiba2 mikir, anakku (17mo) UHT-nya banyak bgt sehari, wlopun msh asi. Trus lgsg UHT-nya dioplos air. Lha kok ndilalah sejak smlm smpe pagi ini dia muntah2. Jdlah pagi ini ke UGD 😦 kasusnya samaaaa :((

    Hari ini samsek ga mau UHT, asip-pun tak mau. Air putihnya buanyak. Efeknya, kelar episode muntah dan makannya lumayan buanyak 🙂

    TFS ya.

  7. hmm..tambah ilmu lagi…ternyata begitu yah mbak..
    kapan hari waktu kinan periksa ke DSA *bukan yang biasanya sih…dia bilang kinan kurang minum susunya, harusnya seusia kinan gitu waktu itu udah 2 tahun, minum susunya harusnya 1 liter perhari, terus aku dibilangin dari pada air putih mending susu saja, Mungkin ini juga pengaruh berat badan kinan yang kurang kali yah…..hmm…lagi gundah karena kinan batuk tapi cuman dipagi hari aja…*walah malah curcol…
    TFS mbak..

  8. Hai Mbak. Koq aku kelewat postingan yg ini ya. Khalila juga pernah tiba2 muntah2 sampe lebih dari 10 kali hanya dalam waktu 6 jam. Kata dokter dia kebanyakan minum susu. Emang iya sih, umurnya baru sekitar 14 bulan waktu itu, dan minumnya bisa seliter susu UHT sehari semalem. Akhirnya stop susu sampe sekitar sebulan. Dia cuma minum air putih yang dimasukkin ke dot nya. Makan emang jd banyak, tapi berat badan langsung turun sekilo (emaknya nangis gelesotan).

    Sekarang udah hampir 2 tahun, dan udah minum susu lagi. Dengan usaha maksimal untuk membatasi tentunya. kalau mau stop susu, koq ya emaknya masih belum tega (apa males ngadepin cranky-nya -__- ). Jadi sekarang ZK masih minum susu kah?

  9. hem, baca postingan dari ibu2 , saya jd pengin share jg.
    Anak saya 5,5th cewe, suka sekali minum susu UHT coklat. sehari bisa 1 liter dihabiskan ( kemasan kotak besar) tapi selama ini ga ada masalah mba. makannya jg doyan, buah sayur suka smua. kesehatan jg bagus , jarang sekali sakit.
    mohon share-nya ni mba, Apa susunya tetap harus dikurangi ya?

  10. bagus tulisannya, jadi begitu ya reaksi alergi thd susu sapi? kalo boleh ngasih saran buat ganti susu sapi, coba susu kambing mbak atau bikin sendiri susu kedelai, pemanisnya bisa pakai madu atau gula batu. kalo saya biasanya suka pakai gula kelapa jadi susu kedelainya lebih enak. makasih.

  11. Anakku usia 21 bulan.konsumsi 2kotak susu uht per hari (bawa ke sekolah dan sore jalan2),trus ditambah susu formula 800gram hbs dalam waktu 5hari.itu termasuk over comsume kah?anakku memang gak mau makan,cuma nyamil.

  12. Mudah2an anakku gembul makannya. Aku juga lagi berjuang bunda agar anakku doyan makan. Umur 20 bln makannya msh bubur. Itupun sedikit. Jd anakku aku banyakin susu aja krn makannya seuprit. Semoga aku juga dpt mukjizat agar anakku lahap dan gembul makan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s