financial planning · shopping

Budget Menu Mingguan. Boros?

Keliatan simple ya nyusun menu mingguan. But not for me at all. Aku yang ga suka masak dan gak pernah belanja bahan makanan tiba-tiba abis nikah harus ngurus “dapur” sendiri. Itu malesnya banget-banget deh awal-awal. Males belanja di pasar. Jadi pas awal-awal harus ngurus dapur sendiri itu sungguh berat melangkah pagi-pagi ke pasar. Nyuruh si mbak? oh iya jelas *nyengir* tapi kan malu kalo kita ga tau apa-apa gitu, ntar malah kita lagi yang “diatur” ama ART. Jadi sepertinya mau ga mau harus terjun langsung juga.

Berbekal sotoy aku maen beli-beli aja ke pasar.
Me : Bang beli cabe nya
Bang : Brp mbak?
Me : sekilo ya
Bang : sekilo? bener mbak?
Me : iya bener

Pas diliat sekilo eeee kok banyak beneerrr… ini apa tiap hari makan balado? Tapi tengsin keburu bilang bener sekilo jadi beli aja.

Trus lanjut beli bumbu2.

Me : Beli merica ini ya
Ibu : Itu ketumbar mbak
Me : ooh mirip ya *tampang cool*

Zzzzzzzz…. padahal malu berat.

Itu aku 2 tahun yang lalu sih. Sekarang? tetep suka salah tapi ya udah ga bego-bego amat lah. Mwahahaha..

Akhirnya aku terbiasa juga dan sedikit banyak udah tau harga dan kira-kira butuh beli seberapa dalam seminggu. Menurut aku penting sih, ya bukannya mau su’udzon ama ART ya tapi paling ngga kita juga ngeliatin kalo ga bisa dikibulin. Alhamdulillah selama ini sih dapet ART yang jujur, ya ada sekali sih pernah kayanya rada-rada kibul mahalin belanjaan tapi yaudah lah biar dia sendiri yang mempertanggungjawabkan nanti. Nah si mbak sekarang sih kalo aku liat2 alhamdulillah jujur. Dia juga pinter ngatur jumlah masakan, kadang-kadang terlalu irit menurut aku, lah ini yang dimakanin kan banyak ya.. maksud aku jangan terlalu ngepas lah, apalagi rumah sekarang kan rumah keluarga yang kadang sering dimampirin sodara, jadi ga mungkin kan ga ditawarin makan.

Kalo untuk ngatur menu aku sih pegang tips dari Mama ku. Dalam seminggu itu paling ngga ada 2 menu ayam, 2 menu daging dan 2 menu ikan/seafood.

Jadi dalam seminggu itu aku bekelin si mbak (yang skrg udah aku percaya utk belanja sendiri) Rp. 150.000 – Rp. 170.000 untuk beli 2 ekor ayam, 1 kg ikan lele, ati ampela, sayur-sayuran ama bumbu-bumbu.

Sedangkan kalo daging gitu aku lebih suka beli di supermarket. Menurut aku kadang harganya beda tipis sih. Dan aku memang tiap minggu ke supermarket, errr.. boros ya. ini Yang lagi dikurangin sbnrnya. Karena aku biasa ngabisin Rp.200.000 – Rp.600.000,- untuk belanja mingguan di supermarket karena beli 1 dus UHT Zahra 125ml, cereal, daging 2 box, udang/gurame, tissue, roti, meses, gula, tepung, teh, kopi, softex, dll dsb.

Tarolah dlm 1 minggu jadinya : belanja pasar 150rb +Β  supermarket 400rb = total 550rb/minggu. Itu untuk makan sekitar 8 orang.

Kalo si mbak lagi pulkam aku biasa rantangan aja krn males ga ada waktu buat masak. Kalo rantangan gitu sehari 60rb itu kayanya cuma bisa buat 5 orang deh dlm sehari. Jadi pagi-pagi sih goreng telor aja atau nugget/supermi yang instan2. (buat yg gede ya, kalo Zahra sih untungnya ada sosis non MSG-nya @LENYmalika ama nugget juga bisa bikin sendiri).

Alhamdulillah laki gue sih bisa ngerti kalo istrinya ga suka masak. Yang penting makanan enak tersaji di meja. ART yang pinter masak itu sungguh rizki yang tak ternilai untuk istri ga bisa masak seperti sayah πŸ˜€

Menurut aku sih udah pas segitu, walau kadang ngerasa biaya supermarket itu borooos bener, belanja 200rb itu hampir jarang, seringnya lebih *sigh*. Karena pasti kan beli cemal cemil ga jelas, padahal udah dipilihin loh akhir2 ini, ga usah beli nuttela, coca cola atau makanan2 yang ga terlalu penting.

Ngomong-ngomong soal supermarket aku jadi hafal diluar kepala deh kalo di supermarket mana best buy nya beli apa. Contoh promo (tentative ya) :

Carrefour ITC Pertama Hijau : Udang jerbung nya suka promo jadi 40rb/kg
Lotte Mart Ratu Plaza : Gurame Bumbu kuning yang ukuran sedang 10-13rb/ekor
Lotte Mart Gandaria City : Strawberry nya suka buy 1 get 1 box
Giant Plaza Semanggi : Ikan bandeng fresh 9rb/ekor

Kira-kira inilah hasil belanjaannya

Lele Pesmol
Nasi pecel bakwan jagung
Ayam goreng tepung
Fu Yung Hai Udang

Menu diatas itu di kombinasi dengan sayuran sih, misal ayam goreng tepung sama sayur sop, trus gurame goreng sama sayur asem. Gitu gitu deh.. Sekarang si mbak udah pinter ngatur menu, biasanya malem-malem nanya “besok masak apa bu?” | Hmm apa ya mbak | ada daging sih bu, apa semur daging | ooh yaudh itu aja mbak (si mbak yang nanya si mbak juga yang jawab haha)

Kayanya masalah boros/irit itu relatif ya, kebutuhan orang kan beda-beda, tapi beneran deh aku masih ngerasa butuh tips-tips untuk ngatur belanja bulanan terutama soal grocery shopping. Pernah nih di BBGGR kita me-reveal pengeluaran bulanan, bukan cm grocery tp bener2 bulanan total sama gaji ART, listrik, telp dll. Kirain aku udah paling irit ya.. jreng jreeeeng.. masih kalah irit dong hahahaa… Yang paling tinggi pengeluarannya sih yaaaa tau lhaaaa siapaaaa *uhuk* *lebih irit bangga* Ternyata penting juga share pengeluaran bulanan jadi bisa ngukur pengeluaran kita πŸ˜›

Advertisements

23 thoughts on “Budget Menu Mingguan. Boros?

  1. ngatur menu mingguan memang byk untungnya mba.. stok daging dan sayuran lebih fresh dan juga hemat waktu.. mungkin krn tmpt tinggalku kota kecil lbh milih beli daging segar.. iya blnja di supermarket berbahaya banget buat dompet, krn kita (aq) demen ma tempatnya yg nyaman, lah klo di pasar yg ada di daftar udah terpenuhin buru2 cepet pulang, he..he.. abisnya pasarnya gitu kan..

  2. sekarang aku hidup baru ber2 aja sih teh, sama suami. jd seminggu paling abis 50rb. bwt beli ayam 1/2kg, ikan pindang, telur sama sisanya sayur + bumbu. dan resiko nikah sama “wanita yang baru jadi wanita”, ampir tiap hari pilihan makannya ayam goreng, ikan goreng atau telur dadar. haha. namapun samaΒ² kerja. jadi ya saayana wae. paling wiken baru bisa eksperimen masak yg lain. πŸ˜€

  3. hueheheh emang ya klo udh masuk hypermarket itu ga mungkin bisa blanja dikit,niatnya cm ABCD, jd A-Z hahha
    dulu aq sempet akhirnya pindah ke supermarket biasa aja,sapa tau efek besar kecil market itu pengaruh, awal2 sih pengaruh ya,,blanjanya jd lebih teratur gitu,beli cuma yg dibutuhin aja,tapii klo tyt ga lengkap itu yg ga enak.krn ujung2nya ke supermarket bbrp kali.ya sama aja akhirnya πŸ˜€

  4. kebalikan sama ARTku, dia malah klo masak sukanya kebanyakan ga kira2, bahkan kadang lebih dr 2 menu -__- akhirnya aku batasinnya skr dr uang belanjanya hehe..tp klo ak belanjannya harian mba iti, 30 -35rb. weekend ga msk, krn kitanya sering jajan :)) next postingannya share menu mingguan donk mbaa…ak udah mulai bosen banget sm menu yg ada 😦

  5. Belanja bahan makanan itu kayanya yang paling bikin boros yah ditiap keluarga. Biar gimana kebutuhan perut pasti dinomorsatukan *klo yang gragas makannya kaya saya! *:D
    Anyway salam kenal yaaa, silent reader dari duluuu.. *Salaman*

  6. akupun ke supermarket mingguan la stok daging-ayam-ikan-buah, UHT, cemilan distoknya mingguan dan emang MEREMBET…sesekali ke pasar traditional belanja bumbu2an tapi lebih sering ke tukang sayur komplek saban hari.akupun bingung groceries bulanan itu apa iya bisa sekali sebulan?daging-ayam-buah di pak sayur kan mihil πŸ™‚ #emakiritjuga

    1. hahduh aku ga bisa tuh groceries bulanan.. tp skrg lg coba ga tiap minggu siy.. misal kalo abis ya beli di indomaret aja.. eh lumayan berhasil sih jadi irit dikit hehe..

  7. membaca dengan teliti,.. karena belum menemukan formula yang tepat.. biasanya gw suka budgetin 20-30rb sehari buat 3 orang (yg efektif) dirumah! eeerrr, seminggu bisa sempe 210rb dong, boros amat yaaak..

  8. Thanks for share ya :)..Jadi tau berapa budget yg musti disiapin pas ntar balik. but lumayan juga ya budget segitu bisa untuk makan 8 orang, berarti aku ntar bisa lebih sedikit dong..atau sama aja ya klo ditambah bakalan belanja pospak…Zzzzzz

  9. kalo aku seminggu 350rb diluar makanan baby ku. 350 rb itu terdiri dr 1kg daging, 1/2 kg udang, 1 kg lele, 2 potong ayam, 1/2kg selar, 5 potong besar bawal/kakap, sisa bumbu dan sayuran dan 1kg telor. itu untuk 4 org dewasa. klo ke carefour mingguan itu emang sih jatuhnya boros, tp mau ga mau aku harus beli buah buat anakku yg 1,5th. mau diakalin sih nanti beli buahnyavdi total aja krn klo d sprmkt jd nya nimbrung beli yg lain2. tp trnyata tiap minggi slalu ada aja yg habis. btw sharing dong gmn ngatur mebu utk art dan bs siang dan pagi. krn aku dulu punya pengalaman bebasin art ku masak buat mereka pas siang fan pagi, alhasil buat kita malam cm disisain ikan dan sayur aja. dagig dan udang malah dihabisin buat mereka siang2 pas kita lg d ktr. nah skrg mereka aku batasin, daging dan udangnya harus dimasak buat makan malam, biar bisa bareng2 dgn kita, tp ikan, sayuran, telor, sama ayan mereka bebas masak buat pagi dan siang. tp kok jd ga enak ya? yg lain gmn caranya?

  10. sama, aku juga ke carefour seminggu sekali buat beli buah anakku. tp ujung2nya malah ikutan beli yg lain. klo belanja buat makan seminggu aku habis 350 rb utk 4 org dewasa. klo buat anakku aku pisahin. belanjaannya trrdiri dr daging 1kg, udang 1/2kg, ayam 2 ekor, lele 1 kg, selar 1/2 kg, 4 potong bawal atau kakap buat bakar. sharing dong gmn cara ngatur menu makanan buat sarapan dan makan siang art dan bs sepeninggal kita ke ktr? dulu art ku pernah aku bebasin masak apa aja buat makan siang dan pagi mereka. tp alhasil, buat saya dan suami malam hr plg ktr cm dinasakin ikan dan ayam, krn daging n udang mereka habisin buat siang dan pagi pas kt lg di kantor. trus skrg ak bikin peraturan, daging dan udang cm boleh dimasak pas malam supaya bisa sama sama makan, tp ayam, telor, ikan dan sayuran, jg tahu tempe, mereka bebas masak buat pagi dan siang mereka. tp kok jadi ga tega ya, hbs gw orgnya suka ga enakan, klo yg lain gmn ngaturnya?

    1. aku kalo untuk ART juga ga enak ngatur sih, cuma mereka kynya yang tau diri, biasanya lauk sisa kmrn mereka makan dulu, baru kalo abis makan yang hari ini dimasak. Aku sendiri ga pernah sih bilang jgn makan ayam nya, ga enak ya.. apa yang aku makan rasanya mereka juga berhak makan, cuma aku suka bilang banyakin aja goreng mendoan atau bakwan jagung gitu2, jadi lauknya kliatan lebih banyak selain sayur.

  11. Eh 150rb-170rb per minggu itu udah murah. Aplg kombinasi ayam 2x, daging 2x, ikan 2x. Aku per minggu jg 150rb-200rb buat dewasa 4 & anak 2, menunya cuma ayam 1x, daging 1x, klo ikan tinggal ambil di kolam..untungnya punya kolam lele sdri sih πŸ˜€ jadi klo dalam seminggu itu anak2 lg seneng makan ayam or daging2an ya budgetnya nambah.

    Aku jg klo belanja mingguan di SPM bisa abis boanyak, paling ga 400ribuan T___T segala dibeli, tmasuk yg ga perlu2 masuk trolley. Baru2 skr sih mendg klo ada yg abis ngabyur ke indomaret beli seperlunya.

  12. huaa.. seneng banget deh mba iti nge share grocery shoppingnya..
    kalo saya mba sebulan sekali pasti ke AB. Emang udah jatahnya. Ya 2 doz UHT,beras,telur,minyak dll pasti milih kesitu. Alhamdulillah kebutuhan sebulan ada semua di AB. Kec. ikan, daging,ayam. Meski lengkap kap kap..tetep milih belanjanya di pasar saja lebih seger. Smenjak tau kalo AB lebih murcenya gilak dibanding kerfur akhirnya kesitu muluk diniatin. Dan deket pulak. Hurah.. Biasa di AB sebulan habis 600-700 pake 1-2 kardus sedang plus kresek kresek cemilan Zaff. dibandingin kerfur mah jaohhh. Perasaan blnja segituan dikerfur ga dapet apa apa. Hiks. Semenjak itu jadwal ke kerfur dicoret. Takuuuttt (ya betul takut banyakan yg ga penting yg kebelinya) Hahahah. Nah alternatif lainnya adalah Tipt*p. 11-12 lah ama AB. Dan ini juga lengkap kap tapi lebih luas ama AB. So far sih tetep lebih milih AB ya, coz area kecil tapi lengkap nya lumajen euy..Dan lumayan ada kiddoz areanya. Dirumah cm ada betiga plus ART yang dtg pagi pulang sore. Dan kalo buat sehari 20rb-25rb. Tapi seringnya 20rb.ALhamdulillah masih dpt ikan di mamang tukang sayur komplek.Yang bikin dompet kempes 3 galon bisa 3 hari saja ludes, plus gas yg 13 kg bisa 2 minggu. Huhuhuhu… Dan masih berasa borosss banget. Blm skg ini 1 doz UHT bantal habis ga sampai seminguu.. dan pospak… owalahhh… tulunggg……

    1. salam kenal sblumnya jeng emarls..:)
      aq juga termasuk AB lover ..hihihi…soalnya murah2 sih disitu & lumayan lengkap. Lagian klo ke c4 jg aku ga pernah belanja yg sampai bertrolly2 gituu…udahgitu deket dr rumah pula kloke AB.pokonya seantero pd. labu udah terkenal dah tuh AB…

  13. wah art ku sih ga pernah mau makan makanan yg sisa kmrn. aku juga ga enak nyuruhnya ngabisin yg sisa malam dulu. dia pernah blg, biasa makan yg baru dimasak, ga suka yg udah sisa semalam.. makanya jd aku batasin, boleh daging dan udang td makannya bareng2 buat malam, biar saya dan suami jg kebagian tp ayam dia boleh sesukanya. serba salah sih, klo ak ga gituin, aku malah ga kebagian buat malam. ak jg bingung deh cara ngasi tau yg sopan.

  14. Kalo saya rata2 150-200 ribuan per minggu belum termasuk buah, cemilan, aqua galon.. itupun belanja di pasar tradisional.. justru kalo menunya banyak sayuran jatuhnya lbh boros.Kalo belanjanya ayam, daging malah lbh murah krn 1 menu bisa utk 2 hari. Serumah ada 3 org dewasa tmsk prt, 2 anak2..

  15. 150-170 ribu perminggu..itu belum uang minyak goreng,gula,garam..cabe tomat bawang..dan lain2 kan…?? 150 tu cuma buat bahan ikan aaja kan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s