traveling

Mencoba Menaklukan Tokyo!

Jadi sejak seminggu kemaren aku monoton googling dan browsing apa aja tentang Tokyo. Pokoknya googling ampe jereng deh kayanya. Awalnya gara-gara ada promo AirAsia, trus ceki-ceki kok murce, trus yaudhlah coba bandingin ke penerbangan lain, cek Garuda lebih mahal 1 juta tapi coba kita liat dulu..

AirAsia sampe di Tokyo itu malem jam 11, artinya? kita harus bayar hotel lagi. Trus pake acara transit segala di Kuala Lumpur. Otomatis makin lama dan makin cape. Entertainmentnya minim, ya ada sih memang, tapi kan bayar lagi. Makanan juga bayar lagi, gak mungkin dong gak makan selama penerbangan 7 jam gitu. Trus itung2 harga segitu belum bagasi loh.. bagasi juga karena ke KL dulu jadi bayar dua kali : dari Jkt-KL trus KL-Tokyo. Ternyata jatohnya sama aja ama Garuda. Padahal Garuda direct Jkt-Tokyo, trus dapet makan minum, entertainment juga ga usah diragukan lah, jadi kesimpulan mending best deal Garuda daripada Sale AirAsia ya.

Trus aku bilang ke si Papa, thn dpn pas aku dan Zahra ultah kan ada tanggal merah, bisa ga kita liburan lagi. Pilihan aku kasih dua : Bali atau Tokyo. Jauh ye pilihannya, dan tentu saja si Papa milih Tokyo, sbnrnya aku dari dulu juga udah pengen, tapi kepenthok ga punya duit 😛 Nah, trus itung2 kan ya.. ternyata dana liburan kita yang sekarang itu belum cukup untuk beli tiket untuk 3 orang. Bisa aja sih pake dana lain, tapi aku kok males kalo ‘maksa’ gitu kan.. Aku berprinsip kalo punya segitu yaudah dipake segitu aja, ga usah korek-korek celengan lain. Masing-masing kan udah ada pos-nya. Aku bilang udahlah ke Bali aja. Dgn dana liburan sekarang aja kita bisa agak foya-foya disana. Tapi ampun deh Papa tu dari dulu emang males ke Bali. Pdhl menurut aku sih beberapa kali liburan keluarga yang aku ngerasa “gaya liburan” yang aku banget itu waktu ke Bali. Tp kata Papa kan kita baru dari sana, trus aku bilang tapi kalo diitung ternyata dana liburan kita ga cukup untuk beli tiket.

Entah gimana trus Papa nelpon Mama mertua, katanya Mama mau ikut, DAN tiket Zahra dibayarin, huahahahaha.. ya kalo gitu sih cukup deh dana liburannya 😛 Yak berangkuts!! Tips liburan irit ala @darina_danil dan @ini_dhita : Ajak orang tua atau mertua XD

Selesai semua? oh tentu tidak. Aku ga punya Kartu Kredit yang limitnya sebesar itu (makasih loh Bank-Bank yang nolak aku naekin limit 100%, di approve nya cuma naik 50% dikiranya gue ga bisa bayar kale, ih sori sori jek gue bayar cash keras tauk!! jadi duitnya di semen dulu biar keras, trus dibayarin #ehmohsih #kekiberat). Minjem dulu CC punya Abah, eeeh gagal mulu, parah deh Bank Mandi Sendiri ribet!! Untunglah aku punya teman-teman yang baik hati sekali, @ini_dhita dan @merylbestari nawarin untuk minjemin CC nya, ya secara ya socialite sama seller top kan CC nya limit puluhan jeti gak kaya eike haha.. Ah lap yu pul lah Genk!! Akhirnya berhasil sekali transaksi pake CC nya @ini_dhita hoooraaaayyy makasih ya bosscyin.. muaachhhh :*

Jadi demikianlah kelebayan cerita hunting tiket promo. Udahan lebaynya? Oh tentu tidak.. besoknya langsung googling tentang Tokyo untuk cari hotel dan bikin itin. Dan tiba-tiba kena serangan jantung menemukan fakta berikut :

  • Hotel harganya muahaaaal-muahaaaal.. lebih mahal dari Hongkong. Sekalipun hostel per orang bisa kena 500rb. Lah kita 3 orang jadi 1,5juta ya mending di hotel sekalian. Eerr.. jadi pilihan menyusut jadi : Mercure Ginza pake accor member promo atas saran brilliant dari @ini_dhita, ato Citadines Shinjuku yg lg promo di japanican, dan tyt direkomen ama emak-emak yang bawa anak ktnya child friendly, plus ada sofabed juga. Tapi aku lebih prefer ke Mercure sih, but we’ll see.. dompet yang bicara. Hotel lain yang mnrt aku oke adalah : Shinjuku Washington ama Sonroute Plaza. Mgkn aku milih kesana kalo 2 adults aja, tp kita kan 3 adult dan 1 child. so.. tampak coret.
  • Rate Taksi dari Airport Narita ke tengah kota sekitar 3 juta rupiah!! Biasanya klo ke airport kita suka males gotong2 koper jadi cari praktis naik taksi. Tp kalo harga segitu ga rela bener. Trus naik apa? kereta harganya sama aja ama bus (limousine bus). Daripada gotong2 koper pake kereta lebih praktis pake bus sih. Murah? ya well.. sekitar 3000 yen atau 360ribu/orang. PER ORANG. Murah/mahal tuh? eeerrr…
  • Makanan kalo di resto gitu 100rb/orang lah. Tapi biaya makan bisa ditekan kalo beli makanan di convenience store macem 7eleven, am pm gitu.. Onigiri satu biji sekitar 100-120 yen (12-15rb rupiah). dan itu udah kenyang ktnya.
  • Transportasi di Jepang sbnrnya jelas tapi.. ruwet @_@ peta jalur subway itu kaya benang kusut. Udah mana namanya susah. Aku ngerasa bikin itin ke HongKong 2x lipet lebih gampang. Singapore 4x lebih enteng.
  • Kalau mau keluar kota Tokyo misal ke Kyoto gitu naik Shinkanzen sekali jalan 1,6 juta. Naik bus lebih murah, tapi berjam-jam? makasih kakak.. aku di Tokyo aja, mending uang nya buat beli tas baju Zahra.
  • Ada satu kartu praktis namanya JR Pass yang berlaku hampir di semua transportasi di Jepang, dan itu harus dibeli diluar negara Jepang. Kalo disini bisa dibeli di Jalan-Tour. Tapi berapa harganya? min 3 juta rupiah sajah! Makasih.. aku kynya mendekam di Tokyo aja, JR Pass memang cocok untuk yang mau loncat2 kota. Somehow loncat-loncat kota kok kayanya not my travelling style, ky kmrn ke Phuket males ke Phi Phi (dan menyesal waktu tau tyt bagus!) trus waktu ke Bangkok ogah ke Pataya. Eh tp kalo di eropa kayanya terpaksa ya (ah udahlah eropa mah masih jauh cyin) di Tokyo sendiri masih banyaaak yang mau dibelanjain diliat. Jadi cukup beli SUICA aja.

Jadi sekarang lagi rajin mantengin :

  • Forum Female Daily tret Japan, trus forum Agan-agan sama forum tetangga tret Jepang with kids.
  • Pelajarin transportasi Tokyo disini ama disini.
  • Liat-liat apa yang mau dikunjungin disini.
  • Baca-baca tips 10 Free Things to do in Tokyo disini.
  • Catet What not to do in Tokyo disini.
  • Kalo nyerah pergi sendiri karena males nyasar, mgkn mau ambil one day tour aja disini.

@ini_dhita udah lebih dulu beli tiket, tapi perginya duluan aku, jadi tiap hari kita bbm-an ngebahas apa aja yang bisa dibahas padahal perginya masih… 8 bulan lagi. LOL!

Aku se-excited ini karena sebenernya dari kecil udah ter-doktrin akan Jepang lewat komik-komiknya. Dari mulai Doraemon, Kung Fu Boy, Topeng Kaca, Pank Ponk (my fave!), Kobo-chan, Time Limit (ya ampuun nina kocak abis), Mari-chan, Conan dan masih banyak lagi..

Udah seminggu brosing sedikit demi sedikit udah mulai kegambar sih peta Tokyo di otak. Mudah2an lama-lama hafal, aku masih punya banyak waktu untuk survey dan nabung 😛 Kayanya memang bagian-bagian seru dalam liburan itu : hunting tiket promo dan survey bikin itinerary.

Sebenernya dulu waktu kecil aku udah pernah ke Tokyo, tapi mgkn waktu errrrrr umur 5 tahun, dan satu-satunya yang aku ingat adalah salaman ama Google Pink di Disneyland. Sekarang kayanya udah ga ada kali ya Google V? hehehe..

gambar dari Google.

Advertisements

27 thoughts on “Mencoba Menaklukan Tokyo!

  1. Huaaaa…mahal bener ya…

    Melipir mundur aaah ga jadi ke tokyo # dddziiiig lagaknya!!…sape yang mau ke tokyo? belum cukup cyiiin…

    Happy hunting ya say…kalo udah sampe cariin kotaro minami yak… 🙂

  2. mbak darina, 🙂 naik bus dari bandara juga enak kok, klo taksi emang amit2 mahalnya (buat gw anak kos sih :D) seingatku nanti ada yang bantuin masukin koper2 kita ke bagasi di bus. 😀 tokyo worth it buat dijelajahin, menyenangkan, sungguh. 🙂 (tapi ga tau juga sih klo selera kita beda) 😀 hm… disana menyenangkan buat jalan kaki, siapin sepatu yng enak dipakai, trus counterpain 😀 selamat jalan-jalan di Tokyo. 🙂

    1. iya ga rela euy bayar taksi kalo segitu eerr… iya kebayang bakal banyak jalan ya, aku mmg selalu pake flat shoes sih, ga bakat pake hak walau dikiiit aja. thk u ya jeng

  3. Siap-siap lost in translation beneran ya ti. Krn gw dulu begitu dan baru ngerti kenapanya pas disana. Org sana jarang yg ngerti bahasa Inggris, jd emang harus well prepared. Membaca peta subway nya pun rada lama, krn ya itu kanjinya gede2 translationnya kecil2. Expensive city! Tapi bagus. Gw sesungguhnya lebih suka Osaka dibanding Tokyo. Kl ada waktu naik shinkansen aja ke Osaka. Sekalian, mumpung udah di Jepang 🙂

    1. Ah udah kebayang sih, ini aja googling puyeng kadang2 kanji semua, gmn eike bacanye huhu.. Pgn sih ke Osaka nggi, tp jauh 😦 trus mahal pulak… gue kayanya buat beli tas aja *eleuh

  4. semangaaaat ti! ke Jepang juga salah satu impian gue..mau ajak Nara ke kota Nara..tapi nanti deh kalo dia udah gedean deh hehe..nabung duluuuu..btw klo ke disneyland/sea child di bawah 4 thn masi free loh.. 🙂

    1. Nah kan rencana mau hari Senin karena males wiken ke disneyland pasti penuuuh kan. Tp hari senin itu PAS bgt ZAHRA ULTAH jadi dia tepat umur 4 tahun. duh itu bayar ga ya.. apa ngaku2 aja umur 3 th ya haha..

  5. Wah emang seru ya mbak ke tokyo…. Saranku, lupain taksi sama sekali kecuali kepepet, kalo mbak ulik lbh dalem, pasti tau bhw pilihan transportasi di tokyo itu banyak bgt dan semuanya efisien. Penginapan dan makanan juga gga segitu bikin bokeknya sik. Jgn makan di convenience store doang mbak, kesian anaknya tar sakit. Oya dan kayaknya goggle v bukan franchise disney deh. Sukses ya…

    1. haha iya ya masa makan di 7eleven terus, pgnnya sih ke warung sushi, aku suka bgt sushi, Zahra juga suka bgt. Ini kepikiran sih tp bawa majic jar kecil sama beras dari indo, takut berasnya masih kena radiasi (lebay yak…) tp ga tau deh ntar.
      Soal Google V aku ingetnya pas parade itu mereka bareng mickey gitu dan show nya didpn castle. cuma ga tau cinderella castle ato mgkn theme park lain. masih kecil jadi lupa..

  6. jepang emang biaya hidupnya muihil mbak….
    selamat liburan, senang ya bisa berlibur, hehe *masih lama ya, tapi pasti ga bakal berasa kok :D*

  7. wah selamat liburan ke Tokyo ya jeng… Semua disana emang apa2 mahal, kata temen gw yg pernah dinas ke sana, even makan di 7-11/am-pm itu utk rice bowl aja sktr 100-300Y (40rban) blm termasuk minum..tp itu udh pilihan yg plg murah. Ohya, klo mau shopping,klo sempet mampir ke Gotemba outlet, lokasinya di kaki Mt.Fuji. Fac outletnya merek2 premium…even ada disney store juga disini yg katanya notabene hrgnya lbh murah dibanding di disneyland-nya.

    1. onde mande mahalnyo.. oiya Gotemba itu aku noticed, mdh2an sempet ya emang mau ke gunung fuji nih. eh di disney store gotemba itu jual tiket disneyland ga yah

  8. Haduuuuuhhh Tokyo itu cita2 banget ngajak anak-bojo kesana. Kenangan waktu kecil beberapa kali ke Tokyo soalnya 😀 happy hunting ya mba! nanti tak contek itin nya, mau nyontek itin ke HK aja belom keturutan skr ada lg itin ke Jepun. Love this blog lah pkknya, byk contekan :p

  9. hai mbak, sy silent rider tapi jadi ikut komen nih…
    klo ke tokyo sekitar bulan maret april artinya masih kebagian sakura tuh mbak…wiiih bagus lho bisa hanamian disana!kereeen
    trus transportasi umum di tokyo sebenernya jg agak lebih murah dikiiit dibanding kota2 besar lain di jepang (dulu sy pernah stay di Nagoya-jepang 2th sajah)..juga gampang kok mbak sebenernya,cuman kadang keder karena ngliat kanji jepang yg segambreng gitu 😀
    pokoknya jangan lupa ditulis ya mbak hasil ngulik di tokyo…(jadi pengen ke Jepang lagi!)
    nihon ikitaing nee….

  10. tertarik ke tokyo krn arsitekturnya keren2.. tp langsung ada backsound lagunya KD “ku tak sangguuup…”

    sahabatku tdnya ngebet pengen kesini, cuma emang mahal2 semua
    akhirnya aku sama temen kantor beralih ke negara tetangganya aja, korsel.. hahaha masih optimis bisa pulang, masih bisa jajan kalau ke seoul..
    aku juga 10 bulan lagii, tp udah lebar dari sekarang hahahaha

    1. gue juga agak menyesal stlh tau harga2nya aje gile.. tapi nasi sudah menjadi bubur dan tiket sudah ditangan, jadi mari menabung saja, puasa belanja 8bln!!

  11. wuaaahhh senengnya yg mo liburan ke jepang…excitednya mpe kerasa sampe sini xixixi…

    ohya, baca komen di atas yg mo daftar haji, skrg waiting listnya udah nambah lg, mundur 1 th. semakin byk org ind yg mo berangkat ya, alhamdulillah. cuma aku rada kaget aja. awal taun ini buka rekening hj reguler, dapetnya 8 th lagi, gak jd. aku tutup rekeningnya. trus diskusi ma suami, sepakat deh pake onh plus. hunting travel sana sini, mpe ada 15 travel deh yg aku tanya2 dan liat, rata2 waiting listnya 3 taun. begitu mei kmrn udah sreg ama 1 travel dan yakin mo pake itu aja, tp krn belom sempet2 dateng mo daftar, gara2 suami lg biztrip dan paspornya dibawa, sementara aku gak punya fotocopy-annya. begitu suami pulang, langsung dtg ke travel itu daannn ternyata kebagian 4 taun lg. langsung kaget. no porsiku ama yg taun 2015 jaraknya 1600an kuota. dalam setaun kuotanya 17 rb. ckckkckc…ya aku pasrah aja deh jdnya, kapan aja, pasti itu waktu yg terbaik *eeh malah jd bikin postingan di sini, serasa rumah sendiri..maapken*

  12. Mbak Darina, gw silent reader dan pembeli cabe terbang boleh ya numpang urun saran :). 2 tahun lalu kebetulan gw nyusul ke wisuda suami, bawa anak 2 tahun. klo boleh saran keretanya banyak bawah tanah, nanti klo bisa bawa stroller yg lite ya, gw bawa perperego 5kg, seminggu di Tokyo turun 4 kilo dech gw naik turun tangga kereta bawah tanah 😀 (apa juga efek makanan mahal jd suka puasa :P). klo soal bahasa, gw suka belanja sendiri tnpa suami, mereka gak bisa bhs inggris wkwkwkwk, akhirnya bahasa gw di kasir cuma angka pake jari, cardo (bayar pake kartu kredit smbl nunjukin kartunya) dan bahasa jepang “saya tidak makan babi” (ditunjukin sama pelayan makanan yg tidak pk babi). have a nice trip, it will be so unforgetable :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s