financial planning

Berapa Bunga-nya?

Gak kerasa udah mau akhir tahun.. BBG dari kemaren tu udah pada ribut survey TK.. aku santai2 aja sampai.. nyadar kalo TAHUN DEPAN ZAHRA UDAH MASUK TK!! *helloooh.. kamana wae.. Trus aku pikir ah santai nerusin ajalah di sekolah yang sekarang, udah cocok ama gurunya mana dari rumah tinggal ngesot.. taunya.. DI SEKOLAH ZAHRA GA ADA TK NYA!! dan baru tau kemaren.. towew wew wew… sungguh emak yang cuek..

Ya udah lah pokoknya coba kita liat dulu itungan biaya TK yang udah disiapin dari dua tahun yang lalu (disini).. Hah? udah siap ya? Trus aku harus bilang WOW gitu? Yaeyalah bilang WOW, biaya masuk TK islam ternama di Jakarta Pusat sini puluhan jeti. Kalo 2 tahun lalu aku terpingsan-pingsan, sekarang udah biasa aja, udah cape pingsan maxudnya, lebih baik dihadapi..

Jadi untuk biaya TK ini aku invest di dua gentong : di Tabungan Rencana Mandiri, sama di Reksadana Campuran (Schroder Dana Prestasi) yang aku installment tiap bulan di Bank Mandiri juga.

Trus aku mau tau targetnya tercapai atau ngga, jadi RD campuran ini bunganya berapa? Jadi tiap bulan aku otomatis di debet dari rek sejumlah 600ribu. Dan selama 15 bulan ini total jumlah nya jadi 9.400.000. Berarti untung 15 bulan ini sekitar 400rb ya.. berapa persen tuh?

Dengan lugunya aku itung 400rb/9juta = 4%

TETOT.. Duh darince.. emang ya lo dulu kuliah Ekotek dulu gak bisa, sekarang lupa. Aku lupa ini kan itungannya compound. Bunga yang berbunga. Trus coba nyari financial calculator yang ngitung rate bunga, gak nemu. Entah ga rajin meng-google ato emg gak jodoh.. atau emang udah takdirnya.. hikss… Akhirnya buka rumus yang dulu ditulis (disini) karena pusing gimana itung i (bunga) jadi aku pake rumus di excel aja trus aku ubah2 angka (i) nya sampe nemu angka 600rb yang aku keluarin tiap bulannya. Huahahaha parah ya manualnya šŸ˜›

Jadi kesimpulan bunga per tahun RD Campuran aku sekitar 7,5%.
Lumayan ya daripada TRM yang cuma 4% per taun
apalagi tabungan biasa cuma 2,5% per tahun (ditambah biaya admin kata mita hahahaha)

Agak meleset dari harapan 15% ya.. tapi dari awal juga aku yakin sih paling cuma 8%. Dan melesetnya cuma 1-2 juta dari target nominal uang TK yang harus disiapin.

Memang sekolah itu ga melulu masalah dana, tapi aku ngerasa lebih tenang kalau planning nya matang.. Jadi Alhamdulillah dana sudah siap, tinggal sekolahnya mau dimana? itu masalah baru lagi, jadi mari survey-survey lagi…

PS : Please kalo ada yang tau financial calculator buat ngitung rate bunga dari nilai future worth, minta link nya yaa.. makasih banget.. Jazakallah..

Advertisements

15 thoughts on “Berapa Bunga-nya?

  1. hmm…nggak terasa yah mbak…alhamdulilah udah siap dananya tinggal..hunting dan survey2 semoga kak ZK dapat TK seperti yang diingkan….daku dulu jadi melek financial planning khususnya untuk sekolahnya kinan juga gara gara sering main diblog mama ZK ini sama mbak indah…*karena nggak ikut seminarnya jadi nggak pingsan berjamaah…tapi kliyengan yang nggak selesai selesai hehehe…

  2. Hahaha….ternyata aku jugasalah yah ngutung bunga rd itu dr selisih investasi dibagi modal investasi.. *tepokjidat* Bener ga berasa deh yah anak udah mau masuk tk aja … Btw itu bunga per bulan 0,62 % dpt drmana yah? Buat rds Danareksa indeks syariah lumayan bagus tuh ti. Panin dana maksima kok yah malah makin turun yah šŸ˜¦

    1. yaitu jeng 0,62% itu aku masukin sendiri, coba2 gitu loh dari rumus diatas. bunga kan i-nya.. aku ga tau rumus kalo nyari i, jadi aku masukin rumusnya di excel trus aku cari2 i-nya sampe mendekatin angka 600rb. gitu kira2 jeng.. hehe.. iya RD sekarang rata2 lagi merosot gara2 yunani. Klo untuk RD saham aku emang rencana jangka panjang jadi ga terlalu khawatir siy..

  3. Eyampun Ekotek kan emg dosen nya jarang masuuukk… Bapak KRMT itu bukan? :p

    Eh mba, kmrin aku ke the executive, tyt ada baju yg motifnya plek ketiplek shawl nya sakeena blog store no.62 sm 77 loh! coba aku kurus pasti tak beli biar mecing sm shawlnya :))

    1. Eyaampuuun aku sontak ketawa ngakakkk.. makasih ya udah dibelain, eymm itu dosen ekotek jarang masuk, pantesan dulu gue ga inget pas kuliah ini ko ga ada rumus compound *duile kebangetan pembenarannya haha..

      iyaaa waktu di executive jg aku liat kok sama bajunya sama shawl yang aku jual hehe..

  4. Duuuuh, aku juga baru disadarkan kalo tahun depan Sabia udah bisa PG.. Ngok ngoookk banget deh. Terus daftarnya mulai dari sekarang.. Mamiiiiiii..

    Tapi itung2annya berguna banget nih neng.. Makasih yaaa…

  5. Hah? Jadi lo hitung detail investasi tapi nggak ngeh kalau sekolah Zahra sekarang nggak ada TK? Mudah-mudahan dapat sekolah “idaman”, ya, Zahraaaaa.

  6. jeng, mau nanya ya…
    Secara aku baru aja coba coba saving di RD buat tabungan sekolah anak.
    RD baru jalan 3 bulan ini *yeeepp..telat yaakk baru skrg kepikiran savingnya*
    Kepikirannya beli RD juga gara gara hasutan temen kantor hehehehe

    Rencana aku, PG pakai tabungan rencana, TK SD pakai LM, SMP SMA pakai RD saham, Kuliah yang masih belum ngerti mau pakai gentong apa #kalau mau sumbang ide boleh ni šŸ™‚ #

    RD aku ambil di bank kuning item, Schroder 90 plus Equity (asumsi untung bisa lumayan karena ada saham bluchipnya) ama Danareksa mawar konsumer (asumsi tingkat keuntungan stabil karena ada sahamnya perusahaan konsumer).

    Naahhh… kemarin ni sempet kepikir lagi pengen nambah (daripada duitnya larinya kemana mana gak jelas ni.. maklum emak konsumtip hahaha), tapi belum sempat datang ke bank lagi, jadi aku nanya ke dirimu aja ya…

    kalau mau nambah RD lagi, enakan jumlah cicilan tiap bulan aku tambahin (dari 2 yang udah ada itu) atau beli lagi yang jenis lain ya?

    1. kalo aku pertama kali tentuin dulu uang ini tujuannya untuk apa.. jumlahnya berapa dan untuk kapan jeng.. baru abis itu tentuin gentong yang mana berdasar jangka waktu nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s