financial planning · parenting · review

Hunting Sekolah

Udah dari kemaren mau nulis, seblm lupa dan brosurnya makin kucel mau aku tulis aja disini.. Ga bakal terlalu detail nulisnya soalnya males.. yang perlu dicatet disini adalah biaya dan garis besar kondisinya. Nah soalnya biaya, udah gak pingsan-pingsan lagi kaya tahun2 lalu lha ya.. Kan udah ngerencanain Dana Pendidikan sejak dini. Malah cenderung kynya aku kmrn itu salah info jadi nabungnya kebanyakan. horeee beli tas.

Baiklah kita mulai dari Sekolah masa kecil si Papa. Dan si Papa pun ber-sikekeuh Zahra sekolah disini juga. Tapi tidak menutup kemungkin juga kalo nemu sekolah yang lebih baik.

Sebut saja TK AA.

instagr.am14

tk

Nona Ambon di mesjid

tk1

tk2

  • Jam belajar 07.30 – 11.00
  • Ekskul jam 11.00 – 12.00
  • 1 kelas isinya 19-20 orang dengan 1 guru (whaaaaat.. yang boneng ajee??)
  • Pendaftaran mulai 10 jan 2013

TK A s.d B (4 tahun)
Uang Pangkal : Rp. 15.500.000,-
SPP/bulan : Rp. 750.000,-
Uang POMG/1 tahun : Rp. 360.000,-

Plus :

  • Islamic school. salah satu kriteria utama yang kita pengen.
  • Fasilitasnya oke.

Minus :

  • Jaraknya walau dibilang deket dari rumah, tapi untuk anak umur 4 tahun dengan jarak seperti itu rasanya kok masih kejauhan ya.
  • 1 kelas 19 orang cuma 1 guru???? haduuuh maaak..
  • Kelamaan anak TK doang belajar dari jam 7.30 sampe jam 12 siang 😦

Sekolah Dasar AA

Biaya masuk Sekolah Dasar kalau lanjutan dari TK (th. 2012)
Uang pangkal kelas International : Rp. 29.000.000
Uang pangkal kelas standar nasional : Rp. 23.000.000

Biaya masuk Sekolah Dasar dari TK lain
Uang pangkal kelas Internasional : Rp, 35.000.000
Uang pangkal kelas Nasional : Rp. 29.000.000

SPP / bulan kelas Internasional : Rp. 1.400.000
SPP / bulan kelas Nasional : Rp. 1.000.000

Jam belajar SD kelas 1-3
Senin – Kamis : 6.45 – 13.00 WIB (termasuk ekskul)
Jumat : 6.45 – 11.00 WIB

Jam belajar SD kelas 4-6
Senin – Kamis : 6.45 – 15.10 WIB (termasuk ekskul)
Jumat : 6.45 – 11.00 WIB

Internasional 1 kelas : 28 anak dengan 2 guru
Nasional 1 kelas : 36 anak dengan 2 guru

Nah lalu kemudian survey lagi sekolah lain di hari yang sama. Karena deket ama kantor Papa dan denger2 ini sekolah islam peringkat pertama se-Jekardah jadi dimampirin deh..

Sebut saja TK IJ.

instagr.am12 instagr.am13

  • Kurikulumnya Sentra-sentra gitu. kaya kelompok belajar. Aku jujur aja lebih suka ama kurikulum disini daripada TK AA. Ada sentra ibadah karunia Allah, sentra bahan alam, sentra musik, sentra memasak, dll.
  • Jam belajar 07.00 – 13.00 WIB
  • 1 kelompok kalo TK A kalo ga salah 10-12 orang dengan 2 guru.
  • Kalo TK B 1 kelompoknya sama 10-12 orang tapi dengan 1 guru.

TK A dan B
Uang pendaftaran : RP. 350.000
Uang pelatihan komunikasi wajib untuk orang tua (kerjasama ama yayasan buah hati punyanya bu Elly Risman) : Rp. 500.000
Uang Pangkal : Rp. 8.000.000
Uang penunjang KBM /tahun : Rp. 2.500.000
SPP / bulan : Rp. 700.000
Uang Komite Madrasah/Tahun : Rp. 240.000

Plus :

  • Best islamic school in town
  • Kurikulumnya bagus
  • kelompok belajarnya juga ga terlalu banyak
  • ada daycare nya, jadi bisa sekalian dititip sampe sore kalo misal ga ada si cus.

Minus :

  • lokasi yang agak jauh dari rumah walau sama2 jakpus. klo SD sih masih oke. tp kalo TK kynya jaraknya masih jauh.
  • Sekolahnya di bawah tanah. tepatnya persis di bawah mesjid. Gak ada jendela, sinar matahari juga ga masuk, walau ktnya jam2 tertentu main diluar, tapi aku kok gmn gitu kelas ga ada jendela.
  • Jam belajarnya juga masih terlalu lama buat aku.

Sekolah Dasar IJ
Uang pendaftaran : Rp. 350.000
Uang pelatihan komunikasi wajib untuk orang tua (kerjasama ama yayasan buah hati punyanya bu Elly Risman) : Rp. 500.000
Uang Pangkal : Rp. 7.000.000
Uang penunjang KBM /tahun : Rp. 2.000.000
SPP / bulan : Rp. 600.000
Uang kegiatan (khusus kelas VI) dan UN : Rp. 1.250.000,-
Uang Komite Madrasah/Tahun : Rp. 240.000

Nah kesimpulan kedua sekolah itu bagus sih, tapi untuk TK rasanya masih terlalu jauh deh secara lokasi dan jam belajar juga kepanjangan. Mnrt aku lho ya.. soalnya aku masih berpendapat sampe umur 5 tahun itu cuma main-main aja. Kalo ada ekstrakulikuler ya bagus, atau mau dikit2 dikenalin angka dan berhitung kaya di PG sekarang ya gapapa. Tapi mnrt aku ga penting-penting amat. Tiap ortu kan standar nya beda-beda tapi aku ga mau sekolahnya terlalu “serem” harus bisa ini itu di usia dini. Yaa pemikirannya kurleb sama ama Meryl di blog nya disini.

Kalau untuk SD kayanya aku oke aja sih di SD AA diatas. Cuma kalo TK huuummmm masih mikiiir…

Besok nih mau survey lagi TK deket2 rumah aja, yang tinggal ngesot or ngojek. Ada beberapa yang udah dikecengin bahkan salah satunya Kepala Sekolahnya disebut2 yang terbaik di DKI, bukan islamic school tapi ada pelajaran agama tiap hari Jumat. Apa ntar ditambah aja ikut TPA mungkin klo sekolahnya bukan sekolah islam. Atau diajarin ngaji sama Papa aja 😛 Coba kita cek cek dulu besok.

Semoga Mama dan Papa nemu sekolah yang memang terbaik untuk kamu ya nak 🙂

Advertisements

9 thoughts on “Hunting Sekolah

  1. Kol jadwal anak SD jamam sekarang panjang bener ye? Sama kayak anak SMA gitu…. SMA negeri di Surabaya masuk jam 6.30 dan pulang jam 3 😦 Padahal jaman aku SMA dulu, jam 1 udah pulang. Ya tp dulu gak full day school sih

  2. wah ga kerasa si cantik zahra dah mau tk:) hehe slama ini jd silent readernya aja:p kl tk kl bisa cari yg min guru di kelasnya ada 2 mba krn repot jg kl sendiri ngehandle kelasnya gede gt ya sp 20 org. waktu itu aku ga jd masukin si kembar ke tk AA yg di bsd krn 3 thn lalu itu mereka jg nerimanya sekelas sp 20 orang jg. Akhirnya pilih ke tk yg skrg karena sistemnya moving class sentra2 kyk tk IJ yg mba darina ceritain, jd si kembar ga bosen krn tiap hari pindah sentra:) kl di tk si kembar skrg maks sekelas 12 org, guru 1+1 asisten. sentra-sentranya ada sentra bahan alam,kreativitas,iptek,musik,bhs inggris,kreativitas,balok,IMTAK,persiapan jam belajarnya jg ga panjang dr jam 7.30-jam 11:)

  3. Oya 1 kelas cm 1 guru? Kl di AA Cibubur sih TK A dan TK B malah sekarang ada 3 guru kl gak salah per kelasnya, kl 4-3 thn yang lalu cuma 2.
    Tapi bagusnya AA kl udah TK B nanti ada tambahan eskul wajib baca iqra. Alhamdulilah si kakak waktu itu lulus TK udah selesai iqra 6 nya tanpa di rumah ada tambahan les ngaji lagi….:)

  4. buset lama juga ya ti sekolahnya..di sekolahnya Nara kalo TK cuma dari jam 7.30-10.00, klo ada ekskul ampe jam 11.00..apalagi skrg Nara baru kelompok bermain cuma dari jam 10.00-11.30 udah termasuk ekskul..g serba nanggung, nungguin di sekolah kelamaan, balik ke pabrik bentaran mesti jemput lagi..*curcol* hehe..semoga cepet dapet sekolah yg terbaik buat ZK n mama papanya ya..

  5. Hai,
    Di Albin (Al Alzhar 17 Bintaro), guru kelas KB 3 orang, TK A sama B masing2 kelas 2 orang guru. Bener2 guru, bukan 1 asisten dan 1 guru.
    Sekarang anak gw di TK B, 1 kelas 26 anak, 2 guru.
    Di Albin sejak kelas toddler, rencana insya Allah nerusin di SD-nya juga.
    Kalo dari “hasil” belajar anak gw selama ini sih menuhin apa yang gw pengen ya, terutama dari sisi ngenalin agama Islam dan pembiasaan prilaku keagamaan. Kalo filosofi Islam sih belum kepikir, berat deh topiknya nanti.
    Gw lebih concern kalo soal KB or TK adalah gimana anak gw dalam hal berteman/sosialisasi.
    Dan dari jumlah anak sekian dan jumlah gurunya, ternyata ngga jadi hambatan untuk gimana perkembangan anaknya termasuk kegiatan belajar-ngajar 🙂

  6. Gw tahu TK IJ ti…yang sebrang kantor gw kan? 😀
    Emang katanya bagus sih..banyak anak2 temen kantor yang disekolahin disitu (plus daycare), jadi berangkat sekolah sama pulang bisa bareng sama ortunya.
    Cita2 gw juga sekolahin Rai di IJ. Tapi kok kayanya jauh bener dari Depok 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s