baby's corner

(Masih) Dillema Sekolah

20130203-074221.jpg

Kmaren Zahra dibagiin rapot per 6 bulan di Sekolahnya. Progress Zahra banyak bgt kata bu guru. Dia skrg udh bisa nyeleaaikan konflik antar temen sendiri, udah bisa ekspresi perasaan dan alasan, klo dipanggil sekali udh nengok (dulu ktnya harus berkali2, emg iya sih dirumah juga gitu), skrg kt bu guru cuma di instruksi sekali misal meronce sesuai urutan angka, Zahra langsung bisa dan paling cepet selesai diantara yang lain. Trus Zahra juga jadi “asisten” bu guru klo misal ada yang nangis, bu guru yg minta tolong Zahra utk ngingetin “Dafi, kamu kenapa menangis? Sakit? Sedih? Jangan menangis ya kita kan mau bersenang-senang sambil belajar” gitu kata Zahra, hihihi Mama jujur aja suka kaget juga bu guru cerita ini itu, anak Mama pinter banget :’)

Minggu kmrn jg lg survey TK lagi deket2 rumah. Dan jadi sadar deh ya betapa sekolah Zahra yg sekarang itu udah paling bagus. Bersih, rapi, fasilitasnya juga mayan banyak barang2 berkualitas, terlebih krn guru nya sangat memperhatikan tiap murid, gak cuma belajar tp juga disentuh emosi dan kemandiriannya. Ya sesuai mgkn ama bayaran sekolah yang memang lebih mahal sedikit dari sekolah lain deket rumah (bulanannya 450rb, lainnya bahkan TK masih 200-300rb) tapi beneran worth it sih. Di sekolah ga menyarankan utk ngajarin bahasa inggris scr intens, karena takutnya murid jd bingung. Tapi tetap dikasih pengenalan aja misal satu bahasa inggrisnya one, dll.

Nah kembali ke masalah TK. Masalahnya sekolah Zahra yg skrg itu gak ada TK nya huhuhu… Dulu ada, tp sejak Bu Irma meninggal dunia mereka memutuskan utk fokus di play group aja. selama 2 thn ini aku memang ga pernah kasih tau mama sekolah Zahra di blog demi keamanan (maklum emak parno) tapi kalo udh keluar Insya Allah mau review disini soalnya wmang rekomen bgt sih.

Karena udh biasa di sekolah ini, TK lain jadi berasa kurang. Ada 2 TK inceran deket rumah yg jadi kandidat. Yang pertama TK islam di deket rumah, kedua TK bukan basis agama (umum gitu) yang direkomen temen krn setipe lah ama sekolah skrg, menyentuh emosi dan kemandirian jg.

TK islam deket rumah ini aku liat pake sistem sentra. Per kelas ada tulisannya Sentra musik, sentra agama dll. Gurunya Zahra memang merekomendasikan TK dg sistem Sentra kaya gini, karena lebih fun, gak bosen dan cenderung kelompok kecil jadi tiap anak lebih diperhatikan. Nah masalahnya TK islam ini sentra nya agak meragukan, karena di kelas gitu. Beda ama TK islam sentra yg ditengah kota sana dia diruangan yang besar jadi satu, cuma dipisah sekat per sentra nya. Dan tyt udah 3 org yang gak rekomen TK islam dkt rumah ini. Karena emosi dan kemandirian anak kurang digali. Ada yang pernah 2 tahun sekolahin anaknya disini tp ibunya ngerasa si anak blm siap masuk SD karena itu td, kemandirian sama emosi nya gak disentuh, mgkn krn murid nya terlalubl banyak. Akhirnya si Ibu sekolahin si anak 1 th lagi di TK umum baru masuk SD.

TK umum ini mmg udh kdgran bagusnya, salah satu genk racun mmg sekolahin anaknya disana dan puas. Setahun sekali kita dpt konsultasi gratis 2x sama psikolog anak. Kepsek nya disebut2 yg terbaik di Jakarta. Fasilitas lumayan walau gedungnya kurang bagus, satu2nya kendala aku adalah dia di depan jalan raya besar. Dan ga main2 besarnya. Sampe ngeri gimana ini si Zahra pulangnya ama cus…

Begitulah dillema ini belum berlalu, tiba2 Yudith rekomendasiin lagi TK islam di gatsu, ada anter jemput dan catering. Dan kok pas jg guru nya Zahra jg rekomen TK itu, bahkan tmn sekolah Zahra ada yang mau masuk situ jg tahun ini. Wah jadi ada harapan lagi nih, mudah2an cocok…

20130203-074346.jpg

20130203-074448.jpg

20130203-074546.jpg

Ini TK islam deket rumah

20130203-074657.jpg

Ini TK umum yg bagus tp di jln raya

20130203-074747.jpg

Advertisements

11 thoughts on “(Masih) Dillema Sekolah

  1. Ribet banget ya milih sekolah buat anak, gw aja yang masih otw baby-nya (baru hamil 3 bulan) ikut bingung baca blog2 mama2 yang lagi pilih2 sekolah… Untungnya suami guru di international school, jd dia bisa bantu2 review sistem mana yang bagus… Aniweeeeyy… Semoga mendapat sekolah yang cocok ya buat zahra…..

  2. wah sama, rabu kmrn survey ke TK Umum yg di jl. Penjernihan itu, udah naksir sama sistem pengajarannya, tapi langsung jiper pas pulangnya mau nyebrang mobilnya kenceng2 banget, huhu.. Btw, TK Islam yg bagus di benhil itu TK A___ bukan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s