Mom's Corner

Kudu Watermark Foto?

Paling males deh watermark foto… Tapi nanti giliran fotonya diambil orang baru deh nyesel…

Yang gue ga ngerti, anak ini nge-watermark foto gue yang dia ambil tanpa ijin. Berarti asumsi gue sih dia sendiri gak mau fotonya diambil orang kan? Kok ya ngambil foto gue tanpa ijin. Sedih deh ๐Ÿ˜ฆ apalagi kalau memang muslim enterprenuer harusnya udah tau dong etika bisnis kaya gimana..

Gue sama temen-temen jadi ngebahas betapa kesadaran menghargai hasil karya orang di negara ini masih rendah, nggak sebanding dengan kemajuan teknologi-nya. Bikin foto itu effort nya nggak gampang lho.. Contoh Firah cerita klo mau foto dagangannya dia harus setrika bajunya dulu, nunggu mataharinya agak redup, setting dulu, belum lagi dia manage waktu punya 2 anak kecil. Aku sendiri juga agak-agak susah curi2 waktu utk mulai foto barang jualan. Kadang aku harus bangun lebih pagi, kalo ga aku harus nunggu sampai matahari gak nyinarin teras, jadi fotonya gak gelap. Belum lagi kalo di protes si anak kecil karena tiap hari Mama nya sibuk di kantor, kok wiken juga sibuk sendiri. Kadang dia jadi anak manis bantuin Mama nya, kadang juga dia tarik semua barang2 tanda protes Mama nya ga boleh ngapa2in.
Selesai foto juga kudu di collage, edit, googling color chart, dll. Tiba-tiba segala jerih payah itu diambil dengan gampangnya ama orang lain. Lebih sakit lagi kalo tau bahwa orang itu sebenernya TAU klo ngambil foto tanpa ijin itu gak boleh. Buktinya dia sendiri watermark fotonya kok.

Gue akhirnya nulis ini karena kecewa gak ada tanggapan. Padahal udah aku tanya baik-baik. Please dont be this pathetic guys… Apalagi kalo jualan barang-barang muslim/muslimah yang jelas2 sebagai muslim kita harus menghargai orang lain, dan mencari Rizki dengan Halal. Itu, termasuk tidak mencuri foto orang lain.

Gue pernah liat di OLS FB gitu dia majang foto salah satu seleb hijabers. Padahal sejauh yg gue liat, dia ngga jual barang yang dipake si seleb. Mungkin sama2 palazzo pants misalnya, tapi memang celana yang sama yg dipake si seleb? Memang cuttingnya sama? Bahannya sama? Kalo nggak sama, ngebohongin ga tuh?

Memang berat kok dagang.. Gue ngerasain sendiri, sama sekali gak gampang. Tapi banyak bgt pelajaran hidup yang gue ambil dari berdagang. Jadi ngerti kenapa dulu Nabi juga milih profesi ini.. Karena kita sendiri bisa ngatur mau fair atau ngga. Kita tanam sendiri benih kaya apa yang kita mau, nanti apa yang kita tanam, itu yang kita tuai. And yes, I do believe in karma. Wallahualam..

Mohon maaf kalau apa yang gue tulis ini ada yg gak berkenan, but really gue nulis ini dengan niat baik pengen ningkatin kesadaran bersama untuk menghargai karya orang lain di dunia maya.

Advertisements

16 thoughts on “Kudu Watermark Foto?

  1. I feel you!!!!
    emang paling sebel ama orang2 yang gak tau diri dan gak menghargai hasil karya orang lain. padahal menurut UU ITE dan juga copyrights, seluruh content di website (foto, video, tulisan, dll) itu otomatis timbul hak cipta nya pada saat dipublish lho!
    tapi ya emang masalahnya banyak orang yang gak tau dan gak mau tau sih. intinya gak peduli gitu. cape emang kalo ketemu orang yang begini2.

    paling yang kita bisa ya terus terusan ngingetin orang2 model gitu. kalo ditegur baik2 gak bisa, emang mesti pake cara yang lebih jauh. kalo itu di fb, tulis di wall nya. atau langsung tulis di blog/twitter nyebut orang yang bersangkutan, supaya kalo sampe ada orang yang search tentang nama itu langsung muncul.

    emang kesannya kok gitu amat ya, tapi kan mereka yang duluan nyari gara2. ya gak… ๐Ÿ˜€

    anyway tentang watermark, kalo kita watermark foto2 kita juga gak menjamin gak jadi sasaran. watermarknya bisa diedit atau ditimpa!

    1. eaaaaaaaa masa sih udah di watermark di timpa juga? ckkckck… ampun deh ya orang ada2 aja, ga nyadar kalo ngambil foto orang ga ijin sama aja mencuri. Apalagi elo ya man, foto elo bagus2 banget gt.. tp emg kudu diingetin terus deh, syukur2 jadi malu trus ga ngulang lagi

  2. ikutan komen aah..

    bener bgt yg namanya bikin foto buat dagangan ituuuuu ga gampang. ga bisa ceklak ceklik trus upload. cari angle yg pas, penncahayaan, sekali jepretan trus langsung dpt foto yang bagus? ga semudah itu..
    belom lagi kalo anak2 tiba2 pada ikutan foto disebelah barang dagangan atau barangnya diambil trus diumpetin dan minta mereka aja yg difoto.. nah selesai foto emangnya qt bisa langsung duduk manis di depan komputer trus edit trus upload?? ga bisaaa!! harus nunggu anak-anak tidur pules dulu baru bisa bebas duduk manis di depan komputer, itu juga kalau kita ga ikut ketiduran krn cape.

    lho koq jadi curcol? maaf yaa.. ๐Ÿ˜€

  3. Jeng, i feel you ๐Ÿ˜ฆ
    tp bener kata ko arman kalo udah di watermark pun,tetep aja ada yg ngambil,
    Kebayang repotnya moto2 dagangan,ngikut curcol dikit,kalo si cilok kan digoreng,harus langsung cepet2 diphoto biar freshnya dapet,trus nunggu sinar matahari pas deket jendela,trus cari angle yg bagus,ehh tiba2 dipake aja sama entahlah siapa itu di twitter. Giliran diksh tau baik2 n sopan, malah nyolot dia nya. Yaudah aku omelin aja. Gering.
    Mudah2an ga kejadian lagi ya jeeeng ๐Ÿ™‚

  4. Aduh aneh betul itu orang. Watermark fotonya sendiri tapi dia majang foto orang lain tanpa izin.
    Aku dulu pas pertama ngeblog juga suka ngambilin foto orang trus ditaro di blogku tanpa bilang-bilang. Tapi itu karena aku ga ngerti. Sekarang insya Allah setiap foto yang aku pinjem, aku link ke blog asalnya. Ga bilang-bilang juga sih ke yang punya foto, langsung link ajah. Setidaknya orang tau itu bukan fotoku dan pemilik foto aslinya tau aku pakai fotonya dia di blog-ku.

    1. iya awalnya aku pikir dia ngga tau, tp klo di watermark fotonya berarti ya tau ya harusnya. yah sudahlah di doakan saja smg ga gitu lagi sama orang lain

  5. Ih kok gitu sich…udah ngambil, eh diwatermark pula. HASTAGAH BANGET. Dulu fotoku juga pernah diambil sama website lain. Udah coba kontak dia tapi ya gak pernah dibales jadi ya…sutralah…sekarang? Tetep males watermark.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s