financial planning

Setting UIang Pengeluaran

20130625-115247.jpg

Bensin naik hyukkk mareeee.. Yah mari syukuri aja dan dukung program pemerintah. Yang ngaruh banget di idup kita-kita rakyat jelata ini tentu saja takutnya imbasnya ke sembako. Baru naik hari Sabtu kmrn Mama mertua udah terkezut dengan harga Ayam di pasar blok M dari 25ribu jadi 30ribu ajah.. Terus telor ayam biasanya 18rb sekilo jadi 20rb. Gak banyak mungkin, tapi kan dikit-dikit lama-lama jadi bukit.

Buat aku sendiri kenaikan bensin mungkin gak akan ngaruh banyak ke pengeluaran bulanan. Oh tapi kayanya terlalu awal ya ngasih statement gini 😛 Cumaaaa untuk antisipasi kayanya mulai detik ini aku akan berhemat (ciyus? perasaan dari jaman taun Michael Jackson ngmg gitu tapi blm ada bukti grrrr…) dan ngeliat perkembangan pengeluaran bulanan Rumah Tangga di bulan ini.

Sebenernya udah 3 bulan ini aku rajin nulis tiap detail pengeluaran aku di aplikasi iPhone namanya “Spending”. Canggih deh kita bisa input per kategori pengeluaran, misal shopping, kids, entertainment, clothes etc.. trus bisa keluar grafik/bagan nya. Kemana aja yak gue baru tau hehe.. Kliatan deh selama 3 bulan ini rata-rata sisa uang kita segitu, trus paling banyak habis buat Kids (dana pendidikan, beli maenan, biaya weekend maen di playground) sama Entertainment (bulan Juni kita ke Dufan ama ke Trans Studio ternyata mayan juga ya jajan muluk T_____T).

Kenapa harus setting ulang? Soalnya bulan depan Zahra masuk TK. Akhirnya kita milih sekolah alumni Papa nya, soalnya barengan juga sama anak-anaknya kakak ipar. Jadi kita pikir moga-moga jadi gampang kalau ada apa-apa bisa saling bantu. Tapi karena jarak rumah dan sekolah yang mayan walau sama-sama Jakpus, otomatis ada biaya transportasi juga. Kita lagi cari supir, atau lagi pertimbangin si mbak berdua ama si cus bisa gak ya naik bus Trans Jakarta. Tapi kayanya aku masih prefer cari supir yang bisa setengah hari. Ini udah interview sih tapi masih nego.

Zahra udah jauh-jauh hari di kasih tau kalau mau ke sekolah baru. Dia kayanya seneng sama seragam baru nya yang pake rok. Emak babe nye udah harus siap tapi ama iuran bulanan sekolah yang naik hampir 100% dari di playgroup kmrn. Belon lagi katanya suka ada biaya-biaya acara apalah.. moga-moga jangan sering-sering 😛

Soal biaya masuk sekolah yang udah kita hitung dana pendidikan Zahra sampe kuliah, Alhamdulilllah tepat jumlah!! Horeeee!! target Reksadana campuran walau kurang dikiiiit tapi sesuai prediksi bunganya hampir 15% per tahun. Jadi begitu bayar uang pangkal TK, dana nya cair. Bahkan ternyata uang pangkal nya dibawah prediksi kita kmrn. Horeee beli tas ama sepatu buat nambah bayar rumah.

Jumat kemaren Alhamdulillah kita udah kelar akad kredit rumah. Gak bisa banyak cerita tentang KPR soalnya ga tau apa-apa selain bunga nya.. ada biaya profisi, pajak, biaya balik nama en the bre en the bre.. aku pusing, jadi akhirnya Papa aja yang mikir.

Bensin naik..
uang sekolah naik..
sembako naik..
bayar tambahan transport n supir..
bayar KPR…
Kalau mau nambah anak thn ini harus itung lagi juga dana pendidikannya…

…………………………………………………..
…………………………………………….

MAMIIIIIIIIII….

MINTA POHON DUIIIIT… !!!

20130625-115535.jpg

Advertisements

11 thoughts on “Setting UIang Pengeluaran

  1. Apa zahra pake seragamnya kebalik ya. Klo yg Alisha, bagian depannya yang tali gitu aja, bagian belakangnya br kayak yg zahra pake di bag depan dada

  2. Aisssh…selebs emang kena pengaruh kenaikan BBM juga ??
    Tapi kan..tapi kan…yey gak mo buka di sini kalo Honor off-air jadi MC kantor juga naik kan ? hahaha….*lempar pake tas dan sepatu baru dooong*

  3. Wah seragam sekolahku duluuu..kangenn banget (me end up 15 tahun di yayasan itu walaupun beda2 cabang), iya kek-nya kebalik mbak 🙂
    btw salam kenal ya aku suka baca2 blog-nya seruu banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s