others

Akhirnya Kelar Daftar Haji

Sebenernya udah dari bulan lalu, tapi mau nulis maju mundur.. tapi berhubung kemaren ada beberapa temen yang japri akhirnya yaudh mari ditulis aja sambil nunggu jam pulang kantor. Alhamdulillah akhirnya ada rejeki juga untuk daftar ONH biasa. Sebenernya pengennya yang ONH Plus, tapi nggak mampu.. hiksss.. Jadi kita berdoa aja semoga ada umur ya sampe dipanggil gilirannya.

Cara daftar haji gimana sih?
ini donlod aja brosurnya disini yah

Aduh ga sempet donlod nih, cerita singkat aja deh harus ngapain dulu gitu?
Yang pasti harus buka tabungan haji, trus minimal punya tabungan Rp. 25 juta / orang. Abis itu minta form ke bank untuk pendaftaran ke Depag (wilayah sesuai KTP)

Trus abis itu ke Depag?
Iya betul. Tapi selain form dari bank ada beberapa persyaratan dokumen lain seperti akte nikah (kalo daftar suami istri), surat keterangan sehat dari puskesmas, pas foto 3 x 4 dll. Persyaratannya liat di brosur tadi ya.

Trus di Depag ngapain aja?
Ya gitu deh, makan dulu di kantinnya, solat di musholla nya. Udah aja. Tapi boong. Kita bawa dokumen untuk daftar haji di loket. Abis itu ntar dipanggil disuruh foto dan scan sidik jari.

Oooh udah selesai tuh?
Belum. Dari Depag harus ke bank lagi untuk transfer uangnya dari tabungan ke rek Depag. Abis itu balik ke Depag bawa bukti setor buat dapet nomer porsi. Baru deh nanti klo udah gilirannya di panggil. Pas udah dipanggil untuk berangkat, baru harus ngelunasin dana haji nya (tahun ini sekitar 3500 USD/orang).

Trus kalo ditengah jalan mau ganti ONH Plus gimana?
Harus batalin ONH biasanya, dan daftar ONH Plus ke travel agent. Emang beda jalur soalnya. Nanti uang kita akan dikembalikan penuh kok.

Yah Alhamdulillah akhirnya kelar juga daftar hajinya. Sekarang kita tinggal nunggu giliran karena kebagian tahun… 2025!! Towew wew wewww… hahaha.. Ada secercah harapan sih katanya th 2016 begitu pembangunan di Mekkah selesai kemungkin bisa maju drastis nih. Tadinya mau masang countdown di TurisKece berhubung kayanya aku ga ada rencana liburan kemana-mana selama hamil dan punya bayi (rencananya siy begituuu :P), eetapiiii.. ternyata ticker itu cuma bisa 365 hari sebelumnya yah gak bisa 11 tahun sebelumnya gituh? Hahahaha…

Ya Allaaah moga-moga ada umur yaaaaa… Amiin YRA.

Advertisements

28 thoughts on “Akhirnya Kelar Daftar Haji

  1. Yang penting niatnya dl ya..insyaAlloh niat baik akan dimudahkan jalannya…itu antrian kok lama bener y, ini kl ngumpulin dana awalnya aja br ada bbrp thn lg..trs brgktnya kapan y? Mdh2an dpt rezeki nomplok dr Alloh biar bs brgkt jd tamu Alloh jg… *khusyuk berdoa* πŸ™‚

    1. Iya tabungan haji juga ada. Tp pas aq dulu semua mama yg ngurusin dr tabungan, daftar ke depag, belanja untuk kebutuhan haji. Aq taunya tinggal kirim foto n packing aja. Huhuhu harus sungkem sama nyokap…

    2. Iya pas aq th07 juga udah waiting list lama. Bisa cepet krn aq daftarnya dr jabar (bikin ktp jabar), kl dulu daftar di dki mah baru berangkat tahun ini kayaknya.. hihihi.

      Etapi onh yg biasa lebih enak soalnya d mekkah n madinahnya lama. Puas bgt bolak-balik k masjidil haram. Cuma kangen masakan indo nya ituu yg bikin ga tahan.. saran aq sih nanti bawa lauk2 kering ala indonesia aja yg banyak..hehehe

  2. alhmd ya mbak..untuk kota semarang malah antrian sampai tahun 2027…pengurusan juga ampir sama hanya kemaren saya belum disuruh tes kesehatan…semangat ya mbak…salam kenal…

  3. Ya ampun gw tuh baru tau antrean Haji bisa 11 tahun gituuuu?? My goodness.
    Duh malu juga nih ya udeh keliling semua benua tapi ga kepikiran naik haji, berasa masi cetek imannya, pdhl umur ditangan Allah.
    Duhh..jd stresss sndiri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s