financial planning

Lagi-Lagi Dana Pendidikan

Hari ini di hari pertama ngantor lagi di tahun baru 2014, aku awali dengan buka laptop dan langsung buka Infovesta.com. Ceritanya lagi kesabet kesadaran financial dan tercetarkan oleh kewajiban ngitung dana pendidikan si Baby#2 di perut. Ha? masih diperut aja udah diitung? Ya itung aja dulu, bayarnya dipikir ntar pake apaan *tanem pohon duit *cabutin gigi taro dibawah bantal

Karena aku udah ngitung dana pendidikan Zahra dulu, dan udah ngeliat perform produk investasi aku selama 4 tahun ini, ternyata aku juga harus rombak lagi itungan dana pendidikan Zahra *jedokin pala ditembok. Jadi mumpung awal tahun baru, mau rapi-rapiin lagi financial planning nya.

Hari gini ngarep return RD saham 25% per tahun itu ibarat ngarep salju di monas (kenapa di monas? soalnya di PIM udah ada salju dan ice skating, *ini apa sih). Jadi pagi-pagi aku udah chatting seru sama miss banking yang sesuai julukannya banyak kasih masukan dan ide brilliant soal per banking-an, makasih ya Mita *kecup basah* Kayanya emang tiada hari di kantor tanpa gtalk ama Mita deh wakakakak..

Trus produk investasi aku apa kabar?
Nggak baik-baik sih, mengingat saham sekarang juga lagi anjlok. Namanya juga invest, ya pasti ada resiko. Salah milih produk ya gitu deeh.. yang penting jadi belajar yaaaa.. aku sekarang lagi switch beberapa produk, jangan nanya produknya apaan yah hehe.. karena aku ga pede, liat aja chart nya di Infovesta.com. Bahkan yang buat SD udah deh aku masukin deposito aja karena so far RD saham aku gak perform.

Ini produk investasi yang aku ambil dari website mengelolakeuangan.com untuk kasih sedikit gambaran kira-kira investasi apa yang cocok

kinerja-instrumen-investasi-300x173

Jadi kira-kira gini sih itungan dana pendidikan si baby#2 yang dipikirin dari pagi, sambil ngopek-ngopekin jerawat di pipi :

  • Dana Playgroup nominalnya sesuai kenyataan playgroup inceran sekarang, karena cuma 2 tahun jadi mungkin beli LM ato nabung di TRM (Tabungan Rencana Mandiri) aja.
  • TK nominalnya dari biaya masuk TK swasta Zahra sekarang. Produk investasi RD campuran, ato entah apa pokoknya target bunga 7% *ga usah muluk2 soalnya waktunya singkat.
  • SD nominal nya juga biasa masuk SD swasta sekarang. Produknya RD saham. bunganya 10% aja soalnya waktunya singkat.
  • SMP aku ga ada bayangan berapa biayanya. Jadi aku masukin aja sesuai data tujuanloapa.com th 2010. Bunga 15% soalnya waktunya utk 12 tahun lagi. Yaaa sukur-sukuuur bisa lebih ya, jadi bisa buat beli tas nombokin sekolah selanjutnya.
  • SMA idem SMP
  • Universitas tujuan di dalam negeri aja. Targetnya Universitas Negeri, tapi biaya disiapin untuk univ swasta. Kok Zahra kmrn univ 150jt, ini si baby #2 120juta? Gpp sih iseng aja, beda dikit aja kan hehe *maap ga membantu *aku bukan financial planner

Ini dia tabel nya.. tadaa.. trek dung cesss…

dapend 2014

So far, biaya TK Zahra sih kelebihan, nah SD nya nih yang deg-deg-an. Soalnya TK salah itung kelebihan, klo SD salah itung karena kurang. wakakaka… Tapi moga-moga ngepas sih. Makanya yaaa.. harusnya sepakat nih gue ama Mita kalo ada lebihan uang sekolah itu disimpen utk sekolah selanjutnya bukan buat liburan yang lain. Tapi nih ya.. gue kan ngitung cuma biaya masuk sekolah aja, si Mita sampe biaya iuran bulanan sekolahnya loh. Hebriing kaaan temen gue yang satu ini. Wakakakak.. *tak sanggup aku mit

Baiklah sebagai kata penutup mari kita membaca Basmallah..
Bismillahirrahmaanirrahiiim…
percaya kok tiap anak pasti ada rejekinya masing-masing. Kaya dulu 4 tahun yang lalu aku mana ngebayangin bisa kaya sekarang. Orang rizki yang kita nikmatin sekarang itu bukan untuk kita (orang tua) kok, tapi titipan Allah buat anak ^^

Tabel diatas tentunya aku sesuaikan ama kebutuhan dan kemampuan aku ya. Kalo mau itung dana pendidikan mending disesuaikan lagi masing-masing. Tabel excel nya aku attach di paling bawah. Silahkeun gratis, ga usah bayar. Kalo bener itungannya ya Alhamdulillah moga-moga jadi pahala buat aku, kalo salah ya maap 😛

Hitung Dana Pendidikan Baby2

Cara Pengisian Tabel :

  1. Yang perlu diisi adalah Tabel yang di warnain kuning. Kolom Tahun, Biaya Nanti dan Bunga per tahun.
  2. Biaya nanti bisa didapat dari website tujuanloapa.com ato mungkin website FP lain, dengan cara input biaya sekarang.
  3. Bunga per tahun asumsi masing-masing ya tergantung produk investasi apa yang dipakai.
  4. And you’re done!
Advertisements

14 thoughts on “Lagi-Lagi Dana Pendidikan

  1. Mbaaaak. langsung gemeteran inih. Belom lagi ngitung biaya pendidikan anak yang udah 2 tahunan…Huhhuhu..
    Makasih sudah diingetin dan dikasih tabel biayanya pulak.. 😀

  2. Salam kenal mbak 🙂
    Aku jg kmrn ngitung2 biaya pendidikan dedek bayiku yg masih d perut dan fengsan aja lho liat totalnya.. hoho.. mana ada beberapa skolah inceran yg ternyata skrg biaya masuknya lebih tinggi lg dr perkiraan awal jd hrs rombak lg dana pendidikan..
    Smangat nyiapin mbak! Sy percaya jg tiap anak ada rejekinya tugas kita ortu yg nyiapin sesuai kemampuan kita 🙂

    Raras
    Itsbuilttolast.blogspot.com

  3. Hadduuuhhh akuh belom kelar itung2an utk anak pertama eh dimari udah ada yg utk baby #2 *emut kalkulator* 😀 ajegile nih emang yak Mbak dana2an ini *perpanjang program KB sampe 5taon lg*

  4. Aq anaknya mau empat ini gimana ya..

    Tapi yakin aja masing2 ada jatah rezekinya..sambil orangtua terus ikhtiar pastinya.. *pohon duit mana pohon duit

  5. Aku minta yaaa excel-nya, kebetulan lagi ngitung2 buat calon baby dalam perut juga.. *gigit-gigitseprei*
    Eh, btw mbak, maap nanya-nanya, kan di sheet 3 itu ada biaya sekarang dan biaya nanti yah.. cara ngitung biaya nantinya begimana ya..
    Thanks a lot 😀

  6. Salam kenal semuanya… Setuju bgt kita harus siapin dana pendidikan untuk anak2 utk memastikan mereka bs mengenyam pendidikan yang layak. Setuju juga.. Utk mencapai target dana pendidikan itu melalui investasi yang kita lakukan secara rutin, pake time horizon juga sambil preview kinerja investasinya, kalo target dana udah nyampe segera switch ke investasi yang ‘aman’.
    Kalo menurut saya sih ada yang kurang mbak.. Klo boleh beri saran, plan untuk dana pendidikan itu harus di back up dengan asuransi jiwa ayah/ibu/ keduanya dengan uang pertanggungan yang cukup nutupin target dana pendidikan tadi, jaga2 kalau terjadi apa2 sama pencari nafkah, anak2 tetep bisa melanjutkan pendidikan mereka.
    Yuk sama2 memaksimalkan ikhtiar utk anak2.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s