financial planning

Sewakan Property, Pelajari Dulu Trik nya

20140311-123722.jpgMasih inget dulu waktu awal nikah aku terbengong-bengong dengan harga rumah.. Rasanya hampir mustahil beli property dengan jumlah tabungan penganten baru yang minim macem kita. Beruntung kita berdua masih punya orang tua yang bisa diandalkan jadi bisa numpang sana sini πŸ˜›

Tapi tiap penganten baru ya pengennya punya rumah sendiri kan, bayangannya bisa mandiri, trus sebagai istri baru juga pengen ngatur rumah tangga sendiri, ga bisa disangkal biarpun tinggal dirumah orang tua sendiri pun rasanya nggak bisa bebas ngatur (kecuali kamar sendiri :P). Kendala lain selain gak punya duit, kita berdua sama-sama mental sub urban. Udah biasa hidup tenang dan deket kemana-mana di kota kecil, tiba-tiba jreeeng dihadapkan sama kemacetan ibu kota yang lebih kejam daripada ibu tiri. Jadi prinsip kita waktu itu kalo mau cari property prioritas utama adalah : location, location, location.

Trus beli rumah deket kantor aja dong di tengah kota? Ya itu diee cuuy ga punya duit hahahaha.. Susah deh ya mau nya rumah tengah kota tapi ga sadar diri kalo kere!! Akhirnya jalan tengah nya si Papa ngelirik apartemen di tengah kota. Dan alhamdulillah kok ya kebetulan jodoh sama satu apartemen mungil yang sesuai ama kriteria kita. Trus mantab lah beli apartemen itu tahun 2010 dengan pertimbangan kalaupun nggak kita tinggalin kan bisa disewain.. Karena lokasi nya yg strategis kita kebayang Insya Allah pasti laku.. *pede :))

Sambil nunggu apartemen kita tegak berdiri kita sambil semedi juga enaknya ditinggalin atau disewain. Karena benefit kalo kita sewakan udah pasti kita jadi punya income tambahan. Tapi jujur aja buat orang yang pertama kali punya property kita minim banget pengalaman untuk menyewakan property.

Trus gimana dong? Akhirnya jadi disewain? Nggak jadi pemirsah.. Setelah kita pertimbangkan lagi kita putuskan malah dijual aja.. Karena akhirnya mental sub urban kita harus menghadapi kenyataan juga kalo gak mungkin beli landed house ditengah kota jadi kita ngelirik rumah di pinggir jakarta yang affordable. Dan ketemulah rumah yang jodoh, yang diidam-idamkan dan yang kebayang suatu hari pengen ditinggalin. Tapi karena satu dan lain hal kita putuskan untuk disewakan aja dulu.

Dan demi persiapan untuk menyewakan property kita, aku pelototin deh website LiveOlive.com tentang “4 Hal yang harus diperhatikan sebelum menyewakan property” Owalah ternyataaa begituu tho.. Maklum amatiran πŸ˜›

Masih banyak artikel berguna lain di LiveOlive.com yang masih aku pelajari sampe sekarang

Mudah-mudahan langkah kita ini yang terbaik untuk sementara ini. Dipikir-pikir dulu waktu awal nikah ngga kepikir akhirnya kita rumah juga.. Dari mulai kita sedikit-sedikit ngatur financial planning kita, lalu berhasil mencapai financial independent, dan sekarang Insya Allah berusaha terus supaya mencapai financial freedom. Amin!

Advertisements

3 thoughts on “Sewakan Property, Pelajari Dulu Trik nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s