Mom's Corner

Hal Penting Saat Baru Bekerja

20140325-133422.jpgSejak bergabung di anak perusahaan ini 3 tahun yang lalu (Hah apah, udah 3 tahun aja gue disini??), banyak banget hal-hal baru yang aku dapet disini yang mungkin nggak bakal aku dapetin kalo masih di perusahaan induk. Salah satunya adalah rekrutasi karyawan baru. Maklum kalo di induk rekrutnya terpusat di kantor pusat jadi kita yang di area tinggal terima aja.

Karena ini hal baru buat aku awalnya agak canggung juga waktu disuruh ikutan interview sama boss. Kalo interview artis sih eike bisa lhaaaa.. udah biasa pas jaman siaran di radio dulu, tapi kalo interview karyawan? Nol besar pengalaman. Tapi karena emang cuma disuruh ngatur dan nemenin doang ya cincay lha ya.. aku pun ngikutin terus aja dari waktu ke waktu sampe tahun ke-3 ini aku mulai dipercaya untuk mewakili boss klo berhalangan nemenin user. Tapi kalo sendirian jujur aje selain emang belum berwenang, aku masih belum berani ngambil resiko menilai seseorang. Untuk wawancara aku gak masalah, tapi bagian penilaiannya itu kadang apa yang aku nilai beda 180 derajat sama boss. Jadi kayanya memang harus training in depth interview dulu.

Dari beberapa interview baik yang rekrut profesional atau fresh graduate menurut aku paling menarik kalo interview fresh graduates. Soalnya kebanyakan masih ‘fresh from the oven’, anak-anak ini (kebanyakan) masih polos, lugu, motivasi juga menggebu, cenderung masih sangat idealis lah..

Aku masih inget jaman awal-awal kerja dan penempatan, temen-temen aku yang kebagian di kantor pusat ngerasa bangga banget, yang daerah apalagi diluar jawa agak-agak lesu haha.. yang kebagian di divisi bisnis juga hepi, yang di support agak mengkerut dahi 😀 Karena bayangan kita anak-anak baru kerja kan pengennya nyari aktualisasi diri, pake baju kantoran yang kece bak profesional, di milis juga lomba-lombaan sibuk dan malem-maleman lembur dan saling cepet-cepetan promosi, sampe lagunya Astrid yang judulnya “Jadikan aku yang kedua” yang hits banget jaman itu, kita plesetin jadi “Jadikan aku officer dua” (promosi maksudnya). Penting ya.. hahahaha.. Sekarang udah hampir mau 10 tahun kerja yang ada (kalo gue) kemaren malah nolak-nolak kalo dikasih kesempatan promosi XD. Sama sekali gak bermaksud nolak rejeki, tapi seiring berjalan waktu prioritas pun jadi berubah.

Kembali ke fresh graduate sebagai orang kantoran baru. Setelah diterima bekerja sebenernya apa saja yg harus kita lakukan untuk survive bahkan bersaing dengan karyawan lain? Kalau untuk masalah itu aku harus setuju sama LiveOlive.com di artikelnya tentang “5 Kemampuan yang Perlu Dimiliki Tenaga Kerja Baru

Universitas ternama dan IPK yang tinggi memang salah satu prioritas yang kita pilih saat merekrut karyawan. Dan saat interview juga menjadi saat penentuan yang penting untuk memilih kandidat. Setelah diterimapun perjuangan masih berlanjut. Coba aja latihan dulu kemampuan-kemampuan yang dipaparkan LiveOlive di artikel diatas. Jadi buat para fresh graduate atau yang baru kerja, semangkaaa!!!

Advertisements

4 thoughts on “Hal Penting Saat Baru Bekerja

  1. Aku kangen nginterview kandidat,,,, 🙂
    Kangen baca2 CV kandidat…

    Iya kalo yang fresh graduate itu masih polos…lugu2 heheheheh 🙂

  2. Hi mbak Darina, salam kenal, selama ini SR aja, padahal dah ngikutin dari zaman siaran di 105,1.. hehehe..
    Tips nya oke nih, buat aku yang freshgrad, tapi belom dapet-dapet juga si kerjaan… Hehehe, hatur nuhun yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s