financial planning

Target Tahun Ini

IMG_7200

 

Awal tahun biasanya jadi fresh start untuk nulis apa aja target baru yang mau kita capai. Kalau tahun-tahun sebelumnya aku mungkin lebih ke pengen traveling kesana kesini, bahkan kadang udah ngantongin tiketnya, tahun 2014 ini kayanya prioritas bergeser nih udah bukan traveling lagi yang utama ๐Ÿ˜€ *sambil liat perut buntiang

 
Entah kesambet apa deh kemaren itu, tiba-tiba aja aku pengen streching my goals sebagai tukang jualan jilbab dan mukena ๐Ÿ˜€ Mungkin karena hamil kedua awal-awal ini aku sempet vakum juga launching koleksi baru, jadi begitu badan enakan aku pengen bikin beberapa strategi baru di tahun ini. Karena banyak hal sebenernya yang aku belajar dari berdagang, penghasilan mungkin ngga seberapa, tapi ilmu nya yang ternyata berharga, pantes aja ya Nabi menganjurkan profesi sebagai pedagang sampai ada yang bilang berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki.

 

Kalau sedikit flash back dipikir-pikir semua ini berawalnya serba gak sengaja. Aku inget dulu pas hamil Zahra aku pengen banget punya baby online shop gitu, soalnya waktu itu emang lagi booming hahahaha.. Tapi trus ngga direalisasikan. Trus pas aku pake jilbab tahun 2011, tiba-tiba jadi narsis sering TO hahaha.. trus sepupu Ican ngasih aku beberapa jilbab yang dijahit sendiri, dan aku pake trus aku publish di sosmed dan blog. Ternyata kok banyak yang tertarik karena chiffon shawl th 2012 waktu itu lagi mulai booming. Lalu mikir kenapa ga gue jualin aja yak? Iseng-iseng buka PO, eh Alhamdulillah animo nya bagus banget. Sampe sepupu keabisan bahan dan nyari di toko-toko lain. Sejak saat itu aku buka online shop hijab kecil-kecilan dan aku namain mirip sama blog ini, karena emang rejekinya juga gara-gara blog ini ๐Ÿ˜€

 
Gak kerasa udah 3 tahun ini aku jualan, dulu cuma jualan chiffon motif, trus nambah chiffon polos, dan sekarang mulai coba mukena katun. Tahun ini aku mulai mikirin serius gimana caranya memperluas market share. Tiba-tiba kemaren ada kesempatan untuk buka toko offline, aku gak mikir dua kali, langsung pengen. Tentu saja buka toko offline effort nya besar. Harus stock barang lebih banyak, bayar pegawai dan bikin brand sendiri (yang harusnya dari dulu udah aku bikin ya) semua itu butuh yang cukup modal besar.

 
Jadi tahun ini aku harus alokasikan dana ke dagangan ๐Ÿ˜€ Yang ternyata itu aja menurut aku masih kurang sih.. *tanem pohon duit
Tapiii demi cita-cita menjadi enterpreneur dan pensiun dini jadi karyawan, bukan gak mungkin kan kita mulai dari yang kecil? Bahkan ternyata tanpa modal aja bisa ๐Ÿ˜€ (dulu pertama kali banget jualan aku buka PO jadi gak pake modal dulu, abis itu baru aku jual ready stock). Banyak cara untuk kita mulai berbisnis asal kita jujur, mau berusaha dan berdoa. Dan yang terpenting ternyata konsistensi. Trus jangan terlalu banyak mikir. Takut ini takut itu.. ntar malah gak jalan-jalan. Udah lakuin aja dulu.. mau gagal mau berhasil yang pasti kita dapet ilmu kok. Lakuin aja selama gak dosa, apalagi syukur-syukur kalo bisa jadi buka pintu rezeki buat orang lain.

 
Jadi gitu kira-kira goal tahun ini yang harus di prioritaskan funding-nya. Kalo kamu gimana? Mumpung ada kuis nih dari LiveOlive.com tentang โ€œFund My Goalโ€, kamu cukup ceritain aja apa target tahun ini, submit di form โ€œFund My Goalโ€ (). Lumayan pemenangnya akan dapet uang tunai Rp. 1.500.000,-. Buruan sebelum tanggal 30 April 2014!!!

Advertisements

8 thoughts on “Target Tahun Ini

  1. amin…sama ya, ada pikiran untuk pensiun diri dan punya usaha sendiri.
    kalau saya jg masih belajar, dagangnya reseller, kulakan barang (baju, jilbab, aksesoris) diskonan yang kira2 kalau ga laku bisa dipake sendiri atau hadiah buat keluarga pas lebaran =).
    belum kepikir kalau punya toko, harus ada stok, karyawan, desain dan jahit sendiri (kalau desain mungkin bisa, cari penjahitnya itu lo..)
    semoga tetap konsisten ya, dan segera tercapai, sehat terus ya bumil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s