financial planning

Mainan Mahal : Worth or Waste?

IMG_7671Beberapa hari yang lalu pas pulang kantor, Mama ngeliat Zahra bawa benda asing di tangannya. “Loh boneka nya baru ya? Zahra dapet darimana?” Zahra jawab dari Tante Lina, jadi pulang sekolah dia dianterin ke Plaza Senayan untuk ke toko mainan, trus dia boleh pilih mainan mana yang dia mau untuk kado ulang tahunnya. Well, she’s one lucky girl. Dari mulai ultah sampe 2 minggu kemudian ada aja yang ngasih kado. Sebagian kasih mentah nya aja, alias dikasih uang hehe..

Si anak 5 tahun sedikit banyak udah ngerti sih arti uang. Dia udah tau bisa dibeliin mainan, buat bayar sekolah, beli makan dan lain-lain. Dia juga udah punya atm tabungan sendiri, tapi untuk arti nabung dia belum terlalu paham. Cuma tau kalo nabung banyak, dia bisa beli mainan. Anak umur segini emang pikirannya kan mainan melulu haha..

Terus pergilah kita kemaren ke toko mainan di mall. Dia langsung pergi ke toko perlengkapan boneka bayi faforitnya. Seperti yang udah aku ceritain disini, si Beb perlengkapannya hampir komplit. Tapi dasar yeee emang toko mainan marketingnya jago, adaaaa aja yang peralatan baru yang bikin anak dan ibunya ngiler. Zahra langsung minta beli baby carrier nya si Beb. Yang mana harganya hampir sama ama baby carrier manusia 😀 Terus aku iseng kasih liat nursery centre-nya. Bagus banget sih.. dan harganya juga mahal. Aku iseng mau tau aja bisa gak ngajarin konsep menabung.

M : Zahra mau tempat ganti pampers nya gak nih? Bagus loh.. ada mainannya, ada lemari, ada tempat cuci tangan. Keren kan?
ZK : Mau deh
M : Tapi harganya mahal banget, uang Zahra sekarang gak cukup untuk beli ini.
ZK : Tapi aku mau beli gendongan (Baby carrier) juga
M : Kalau beli gendongan uangnya cukup, tapi nanti nabung nya jadi lebih lama lagi beli nursery centre-nya
ZK : *diem*
M : Jadi mau gendongan sekarang atau nabung buat nursery centre?
ZK : Tapi itu (nursery centre) ga ada gendongannya?
M : Ga ada
ZK : Yaudah aku mau gendongan aja, gak apa-apa yang itu nabung aja yang lamaaaa banget.

 

gambar dari sini
gambar dari sini

Eaaaaaaaaaaaaaaa… gagal usaha hahaha.. ternyata nursery station ngga se-menggoda itu ya nak? Berarti emaknya aja yang mupeng hahaha.. Aku emang dari kemaren kepikir apa dibeliin aja jadi kado ulang tahun buat Zahra. Tapi masih bingung juga apa worth it beli mainan segitu mahal? Sebagai bahan semedi aku langsung ke website LiveOlive.com, rasanya kemaren aku pernah baca artikel tentang “Saya ingin membeli mainan mahal” Di artikel tersebut ada kuisioner yang bisa kita isi, dan hasilnya bisa kita baca sebagai referensi kalau masih galau beliin anak mainan mahal, disertai tips-tips parenting dan financial planning.

Jadi beli gak nih? 😛

Advertisements

5 thoughts on “Mainan Mahal : Worth or Waste?

  1. hi mba.. selama ini jadi silent reader. dan telaaaatt banget baca jurnal ini. baru 15 menit lalu beliin boneka yang nguras kantong, buat anakku.. hiksss..

    sebenernya bukan anaknya yang ngiler, secara masih 17m, tpi emaknya yang gatel tangannya. #capeeedeh…

  2. kalo masih anak pertama, kaya’nya skali2 gpp ya… soalnya kan ntar masih bisa nurun ke adek2nya..tapi kl mainannya khusus gender gini jadi mikir ya..kalo adeknya cow kan sayang.. 🙂 Kalo Zahra, jadi bisa belajar tar kalo adeknya dah lahir jadi bisa bantuin mamanya jagain adek..

  3. Aku dan Ulil sangat suka beli mainan mahal dan kami berdua suka gak mikir beli mainan mahal, sampai kemudian kami liat mainan Zua udah 1 kamar.. beneran 1 kamar karena kami nggak ada sisa tempat buat naro lemari baju! Sejak itu direm pelan-pelan dan kami beli mainan mahal ketika ada saat spesial, emang yah mainan mahal itu AWET! Imii suka mainan kereta api juga dan kita tinggal pakai mainan Zua yang lama karena masih bagus banget!

  4. Mba mainannya zahra bagus” ya, kalo udah bosen jual aja…jadi bisa jadi investasi buat beli mainan baru lagi hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s