parenting

Kreatif berkat Permainan Imajinatif

“Mau main apa hari ini Zahra?”
“Mau main Barbie trus jadi kemping-kempingan!”

Maksudnya mau main camping pake sprei yang diiket ke ujung-ujung kursi sama bonekanya πŸ˜€ (ternyata gak perlu ya beliin playhouse haha) kadang peralatan crafting aku dibongkar dan dia pake ber-rol-rol pita untuk menghias tenda “camping” nya. Berantakan memang, tapi gak seberapa dengan berharganya waktu bermain untuk si 5 tahun.

Wajar seumuran Zahra ini lagi suka banget pretend play dengan bonekanya, dia juga suka menggambar, baca buku, bahkan akhir-akhir ini bacain buku buat adiknya. Belum bisa baca sih, cuma dia hafal ceritanya liat dari gambar hihihi.. Jadi aku ngerasa sebagai orang tua perlu merhatiin sarana bermain apa kira-kira yang harus kita sediakan supaya waktu bermainnya lebih bermakna.

Gara-garanya kemarin di event Barbie’s Day Out ada talkshow yang mengingatkan pentingnya permainan imajinatif untuk anak-anak demi mengasah kreatifitasnya. Masih ingeeeet banget betapa Barbie punya pengaruh besar di masa kecil aku dulu. Jadi waktu aku masuk ruang talkshow disambut dengan table setting dengan Barbie yang cantik diatasnya berasa nostalgia banget.

IMG_0324.JPG

Yang lebih happy sih bisa tebak lah ya.. Si 5 tahun yang girang banget boneka faforitnya bertebaran dimana-mana.

IMG_0327.JPG

IMG_0335.JPG

IMG_0334.JPG

Di talkshow Barbie’s Day Out kemaren mbak Ajeng selaku psikolog anak sharing tentang permainan untuk mengasah metacognitif yang nantinya akan menimbulkan imajinasi dan kreatifitas anak. Apalagi setelah kita liat video The Barbie’s Project disini jadi amaze betapa kadang kita akan terkejut bagaimana anak-anak ini bermain dengan Barbie nya. Tiba-tiba si Barbie jadi superhero, terbang, atau menyelam di laut. Kreatif ya anak sekarang, prasaan dulu gue maenan Barbie cuma maen di rumah-rumahannya doang :))

Satu hal penting yang disampaikan oleh video the Barbie’s Project ini adalah jangan mengajarkan anak kita bagaimana memainkan Barbie. Biarin aja ide mereka berkeliaran. Tugas kita sebagai orang tua adalah mendampingi mereka bermain untuk mengasah kemampuan bahasa dan mengarahkan imajinasinya dengan tepat.

Misal dulu Zahra main Barbie nya yang ceritanya jadi pramugari, sekalian aku jelasin kalau tugas pramugari itu memastikan sabuk pengaman terpasang, menyajikan makanan, memastikan semua aman terkendali. Lumayan sih jadinya Zahra selama ini tiap naik pesawat bisa anteng duduk pake seat belt nya tiap take off dan landing.

Kemaren Fifi Alvianto juga sharing dengan mendampingi anak-anaknya bermain, Fifi bisa menyelipkan nilai-nilai positif ke Lola. Dan pastinya mempererat bonding antara ibu dan anak. Komunikasi dengan anak pun lebih lancar.

IMG_0341.JPG

Jia selaku marketing dari mattel pun menjelaskan selama berpuluh-puluh tahun ini Barbie telah meluncurkan berbagai macam karakter dan profesi sebagai sarana berimajinasi anak. Beruntung ga sih kita hidup di jaman dimana mainan kita dulu sama ama anak kita πŸ˜€ I mean.. Mama ku dulu ga main Barbie jadi rasanya beda aja waktu aku main Barbie juga sama Zahra, kaya flashback ke masa kecil.

Waktu talkshow mbak Ivy bagiin hadiah Barbie buat anak yang mau story telling di depan. Zahra mau tunjuk tangan dan maju kedepan, etapi pas udah didepan dia melempem hahaha.. Katanya “tapi ceritanya satu menit aja ya” πŸ˜€ Panitia akhirnya berbaik hati tetep ngasih hadiah ke Zahra karena berani tunjuk tangan. Horee..

Hari itu ditutup dengan face painting di area pameran Barbie’s Day Out di mall Kelapa gading 3.

IMG_0444.JPG
Pic from @besinikel

SERU Banget! Thk u Barbieee

IMG_0443.JPG

IMG_0441.JPG

IMG_0439.JPG

IMG_0440.JPG

Advertisements

2 thoughts on “Kreatif berkat Permainan Imajinatif

  1. Karena baca postingan maen dengan barbie *yang saya tterjemahkan sebagai boneka* saya akhirnya ikutan pretend play pake boneka dan ternyataaaa anak umur 2 tahun lebih dikit juga sukak Mba. πŸ˜€

  2. aih, kece banget face paintingnya.

    bener juga yah, kalo dulu barbie tampaknya cuma cewe cantik yg senang dandan, sekarang barbie punya banyak karir. barbie nya udah re-branding, hehehehe
    bagus juga, sekarang ngeliat barbie jadinya tidak tampak shallow lagi, barbie ternyata cewe pinter πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s