mpasi

Perdana #MPASIZayyan

Processed with VSCOcam

Tadinya mau mulai MPASI pas weekend tapi berhubung hari ini aku CAGAP (Cuti Alasan Gak Ada Pengasuh) jadi dimajuin aja hari ini, karena selain Mama nya, tyt kakak nya juga udah ga sabar mau nyuapin adek hihi..

Untuk MPASI pertama aku masih berpikir alpukat yang terbaik kaya kakaknya dulu. Tapi aku kayanya gak ikut aturan tunggu 3 hari untuk ngeliat indikasi alergi. Padahal aku agak curiga sih si adek agak alergi dingin/debu tapi untuk jaga2 aku mungkin bulan pertama masih tahap pengenalan macem-macem makanan per satu hari aja.

Hari ke-1 : Alpukat + ASI

 

Processed with VSCOcam

Untuk daftar tabel makanan apa saja yang bisa dimakan sesuai usia aku donlod dari blognya Bundit, juara bgt deh pokoknyah bundit.

Tapi satu hal yang mau aku antisipasi dari si adek adalah : usaha supaya dia gak jadi picky eater kaya kakaknya. Kakaknya dulu kalo buah lancar banget, karena manis kali ya.. Ntar giliran makan nasi tim males-malesan. Aku sempet stress juga sampe pernah sekali makan aku ganti masakan ampe 3 kali. Semoga kali ini dengan pengalaman sebelumnya aku bisa mensiasati supaya adeknya gak GTM (Gerakan Tutup Mulut) dan yang lebih kejam adalah.. GMM (Gerakan Mulut Melepeh) meh… Itu semacem ngasih harapan palsu ya, makanannya dimakan tapi terus dilepeh lagi, haha..

Cara antisipasinya gimana? Aku mau coba cara dokter anaknya kakak ipar aku, semua bahan makanan dicampur jadi satu. Beras, daging, sayur dan buah. Disatuin semua. Gak dipisah. Katanya sih supaya si anak gak tau rasa. Jadi gak bisa milih-milih juga. Gak tau akan berhasil atau ngga tapi usaha boleh lah yaa..

Tapi yang namanya anak susah makan sih pasti akan dialami tiap anak. Bedanya adalah, orang tuanya santai atau nggak. Rasanya sih karena pengalaman sebelumnya aku jadi lebih santai sekarang. Jauuuuuuh lebih santai hahaha… Hikmah anak kedua kali ya πŸ˜›

Dulu nih pas kakaknya mau makan, beli panci baru, sendok, piring, pisau dipisah khusus buat makanan bayi, semuanya steril direbus trus di masukin dish dryer. Sekarang? Liat alpukat rada jelek yaudah gak apa2, dipilihin aja yang masih bagus diambil, disaring pake saringan yang ada dirumah (tapi tetep direbus dulu sih), piring sendok juga kebetulan aja ada yang kasih kado (ihiy!! Makasih tante Mita, tau aja emaknya gak belanja2 mpasi :P)

Trus anaknya gimana? Alhamdulillah walau suapan pertama rada ngernyit dahinya, tapi mulutnya mangap-mangap teruuuus minta disuapin. Trus giliran berhenti disuapin dia nangiiiiis… Huwaaaa apakah ini pertanda doaku dikabulkaaan? Jadi yah, pas hamil aku doanya minta anak yang makannya gampang hahaha.. Ini yah si adek emang gendut banget deh, trus napsu banget kynya disuapin, mulutnya maju-maju terus. Kemaren2 pas liat kita-kita pada makan juga dia ngeliatiiin aja makanan kita kayak mupeng gitu.

Abis alpukat besoknya kita coba cereals dari Baby Bar. Satu box isi 4 macam : beras coklat, barleys, oat sama kacang hijau. Ini yah lucu banget tokonya di Kemang. Pas mau mpasi emaknya bukannya googling resep malah mupeng website Baby Bar. Jaman Zahra belum ada sih πŸ˜› #bukanendors #bukanpromoberbayar #tapikalodikasihmau

IMG_20150110_170346

IMG_20150115_075551
Hari ke-2 : Tepung beras coklat + ASI

 

IMG_20150115_080053

Rencana jadwal #MPASIZayyan usia 6 bulan :

  • Minggu pertama, makan 1x/hari, menu alpukat dan cereals (kacang hijau, barleys dan tepung beras coklat).
  • Minggu kedua, makan 1x/hari, menu cereals campur puree buah (apel, pear, jeruk, pisang, alpukat, pepaya) atau puree sayuran (kentang, ubi jalar, labu parang, butternut pumpkin, zuchini, kacang hijau, tomat). Misal tepung beras coklat+zuchini, barleys+apel, kacang hijau+pear.
  • Minggu ketiga, makan 2x/hari, menu sama seperti minggu kedua.
  • Minggu keempat, makan 2x/hari, menu sama seperti diatas, kalau bisa udah gak dicampur ASI.

Cara bikin puree dan resep makanan bayi udah pernah aku tulis diblog ini category “mpasi”.

Rencananya waktu 7 bulan baru mulai dikasih nasi tim saring dengan kaldu. Tapi liat-liat juga sih, bisa juga dipercepat. Semoga makannya lahap dan gak ada alergi ya dek :*

Advertisements

3 thoughts on “Perdana #MPASIZayyan

  1. Memberikan MPASI pertama kalinya pada bayi memang seru, ada rasa deg-degan juga apakah nanti anaknya suka. ketika akhirnya dia mau makan rasanya excited sekali, apalagi melihat ekspresinya saat merasakan rasa baru di lidahnya.
    Salam kenal ya dari Keluarga Biru di Malang πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s