others

Monetize Your Blog (Part 1)

IMG_0420

Kemaren dapet notif dari WordPress diingetin kalo bulan ini genap 6 tahun umur blog ini. Horeee happy birthday blog!! Siapa sangka “tempat sampah” yang dulu aku buat gara-gara lagi bedrest hamil Zahra ini sekarang bisa ngasih begitu banyak pelajaran hidup dari mulai nambah temen, nambah belajar sabar, nambah ilmu, nambah narsis, nambah mengenali diri sendiri, nambah kegiatan kalo bengong, nambah ide pengen gini gitu cuma demi bahan postingan (wahaha.. suer loh ini serius) sampe ternyata bisa juga ya bikin nambah uang jajan 😀 Nah yang terakhir ini yang pengen aku bahas, kemaren juga kebetulan ada beberapa bloggers yang nanya juga. Sebenernya pengalamannya masih minim banget nih, jadi aku tulis berdasarkan pengalaman aja, semoga bisa jadi referensi ya..

Mungkin 1-2 tahun terakhir para pengguna sosial media lagi “panen”. Sosial media sekarang lagi hits banget memang, apalagi di Indonesia yang rata-rata emang socmed junkies.

pengguna-sosial-media-indonesia-2011-2013-2014-dan-Asia-Pasifik

Ga usah jauh-jauh liat saudara sebangsa dan senegara deh, kita liat aja diri sendiri. Dibanding 5 tahun yang lalu seberapa sering sih kita nonton TV? berapa jam dalam sehari kita denger radio? Masih suka beli majalah gak? Sering mana sama cek sosial media? Bangun tidur ngapain? minum air putih atau ambil HP? Mau tidur ngapain dulu? cek HP dulu? ngapain aja? Buka Facebook, tutup, buka Instagram, tutup, ganti lagi buka Twitter, udah selesai ganti lagi cek Path, eh trus ada notif lagi dari Facebook.. gitu aja terus ampe jereng.

Indonesia-social-Media-2011
Pengguna Sosial Media di Indonesia 2011 (Sumber: thomascrampton.com)

Hal inilah yang membuat para pengiklan mulai melirik para social media users ini untuk mengiklankan produk mereka. Ini jadi peluang untuk kita-kita para bloggers dan yang rata-rata juga pasti pengguna socmed (so far belum nemu bloggers yang gak punya sosmed, kalo pun ada mungkin sebagian kecil ya :D). Sebenernya meng-uang-kan blog ini pun aku jalani secara gak sengaja. Orang awalnya iseng-iseng doang kok. Ini beberapa hal yang udah pernah aku jalani dalam hal Monetizing Blog :

Create and Sell Your Own Products

Gara-gara mulai pake jilbab, doyan OOTD, terus ternyata sodara ada yang penjahit aku pikir kenapa gak jualan jilbab aja ya? Terus iseng lah buka PO, eh kok sambutannya bagus banget. Dari situ akhirnya keterusan jualan jilbab trus merambah jualan mukena katun. Walau sekarang udah tutup toko sih hehe.. Kurang lebih aku hampir 3 tahun jualan. Sekarang anaknya udah dua gak kepegang cyin, udah mana kerjaan kantor juga makin banyak. Tapi memang berbekal banyak pembaca dan banyak followers itulah kita bisa mengumpulkan “massa”. Kayanya sekarang lagi tren jualan di Instagram dan ikutan semacem perkumpulan group gitu dan saling promosi ya, bahkan ada yang terang-terangan nulis di bio nya terima paid promote.

Use Adsense

Adsense adalah cara yang paling mudah untuk menghasilkan uang dari blog. Tinggal pasang aja kotak iklan sesuai ukuran yang diinginkan di blog kita. Kalau blogspot bisa pake GoogleAdsense, sedangkan WordPress bisa pake AdWords. Jujur aku belum tertarik menggunakan AdWords di blog ini karena kok tampak kurang menarik. Sedangkan di blog TurisKece aku langsung tertarik ikutan Google Adsense. Kita cukup daftar dan pasang widget di blog dan Voila tiap orang yang nge-klik kita langsung dapet fee. Nggak banyak sih.. tapi kemaren kelupaan tau-tau aja udah 175 USD setelah 2 tahun!! Hahaha.. Lama aje sist 😀 Tapi lumayan lah ya, orang kita gak ngapa-ngapain ini. Semakin tinggi traffic blog kita akan semakin banyak orang yang klik iklan kita ya makin banyak dapet fee. Cairinnya juga gampang banget kok. Kemaren aku milih pembayaran lewat Western Union, trus aku bawa ke bank yang nerima pencairan WU, kebetulan ada Bank Danamon deket rumah. Gak kena pajak, gak kena fee apapun bahkan materei aja gratis!

adsens

IMG_20141230_102753

Affiliate Programs

Affiliate program atau biasa disebut dengan program afiliasi/kemitraan adalah suatu teknik marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website pemasar. Dalam prakteknya para pemasar mendapatkan link khusus yang sudah diberi tracking (pelacak) sehingga setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh system afiliasi penjual. Jika penjualan memenuhi kriteria afiliasi maka pemasar akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi penjualan biasanya berupa persentasi dari harga barang yang telah terjual. Misalnya program afiliasi Lazada.co.id, komisi yang Lazada.co.id berikan sebesar 2,5-10% tergantung dari kategori produk di dalam transaksi yang berasal dari pemasar yang bersangkutan (sumber : Lazada.co.id).

Program afiliasi ini baru akhir-akhir ini aku coba. Selain Lazada banyak juga website yang nawarin program serupa, kaya Agoda, Booking.com, Bilna, dll. Aku juga baru tau Afiliasi Agoda dari Vari The Traveling Cows, bisa baca di blog nya disini ya.

Bersambung dulu yaaa..
Ko pegel

*kretek2in jari

Bersambung ke Part 2

Advertisements

5 thoughts on “Monetize Your Blog (Part 1)

  1. Saya baru ikutannya wordAds Mba. Mau bikin di blogspot blog berniche khusus masih belom bisa rawatnya. Huhuhu. Kapan-kapan aja deh. Untuk ngimbangin tampilan gak kecenya WordAds saya rajin utakutik konten dan tampilannya..

    1. Iya Kurang Mba. Karena blog masih sepi kali ya. Masih dapetnya 10 dollaran dalam 2 bulan (baru diapprove november). Ada yang bisa dapet seharga motor katanya. Cuma cara dia pasang posting sama bikin layout juga keliatan ngiklan banget sih…

  2. Lagi liat Blogger Stats, eh knapa nih kok lagi banyak traffik dateng dari blognya darina, eh ternyata ada backlink postingan gueh, hahaha makasih loch…
    Affiliate Agoda tuh gw lagi KZL banget, kaga dibayar2 udah 2 bulan gw kejar2 affiliate account managernya (kalo agoda ada account manager khusus yg di assign untuk membernya). bolak balik bilang system payment lagi error. Terakhir gw emailin agak nyolot minggu lalu, sampe sekarang kaga dibales loch email gueh!, sebel banget. Pdhl effort gueh lumayan buat agoda tuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s