Mom's Corner

Monetize Your Blog (Part 2)

sosmed

gambar dari Google

Lanjutan dari sini

Hal lain yang pernah aku coba dalam hal Monetizing Blog adalah :

Sponsored Posts/Paid Posts

Seperti judulnya ini kerjaannya juga simple. Cukup post aja dan review produk atau kasih link website client dan kita dapet fee sesuai negosiasi. Kalau memang produknya berupa barang biasanya kita disediakan produk tersebut untuk dipergunakan. Atau kalau produknya jasa ya minimal kita gunakan dulu jasanya.

Bloggers Gathering

Ini kerjaannya kurang lebih sama ama Paid Posts tapi kita datang ke undangan bloggers gathering terlebih dahulu, lalu setelahnya kita post cerita atau review di blog dan sosmed sesuai negosiasi misal 1 post, berapa twit atau berapa post di Instagram (iya kadang-kadang memang sedetail itu). Kadang pake Surat Perjanjian Kerjasama (SKK) tapi kadang cukup via email aja. Saat event biasanya kita udah dikasih TOR (Term Of Reference) atau semacam mekanisme penulisan blog dan fact sheet tentang produk. Disitu juga biasanya dijelaskan kita harus post Twit atau Instagram dengan hashtag tertentu.

luncheon

Sell Advertising

Kalau ini kurang lebih mirip dengan Adsense tapi kita sendiri yang masang tarif. Biasa kalau di blog-blog seleb gitu ada kotak tulisan “Advertise Here”, semakin tinggi traffic pastinya makin tinggi tarifnya. Kalau yang ini kayanya aku belum pernah sih, eh pernah deng.. tapi sekali doang haha.. itu juga karena ada yang nanyain dan tertarik. Belum terlalu pede sebenernya kalau jualan kotak iklan gitu. Aku mah da apa atuh…

Freelance Writer

Kesempatan luar biasa juga aku rasakan waktu tiba-tiba @nenglita nawarin buat jadi Freelance Writer-nya Mommies Daily. Sempet jiper juga sebenernya soalnya minim banget pengalaman nulis, paling banter nulis diary hahaha.. Tapi aku pikir ini kesempatan bagus buat belajar sama FDers yang beken, kece dan berpengalaman di dunia digital media. Banyak banget ilmu dan manfaat (dan juga gratisan :D) yang aku dapet selama jadi kontributor di MD.

Beberapa travel bloggers juga aku liat banyak yang jadi freelance writer di website traveling atau majalah. Ini pastinya jadi nilai plus juga buat naikin traffic blog dan mengasah kemampuan menulis.

KOL (Key Opinion Leader)

Tugas KOL (Key Opinion Leader) adalah memberikan testimional setelah kita menggunakan produk klien (produk biasanya disediakan), melakukan diskusi di forum, bikin blog post dan beberapa posting di social media (FB, Instagram, Twitter, dll). Kurang lebih memang sama kaya Paid Posts cuma jangka waktunya yang biasanya lebih lama (kontrak jangka waktu tertentu).

And that’s it! Kayanya cuma itu deh, kalau ada yang lain mau ditambahin monggo boleh lhoo ditulis di komen, biar kita share ilmu dan informasi ya. Tulisan ini juga aku buat karena kemaren aku ngerasa dibantu banget ama post Vari tentang affiliate marketing, thank you ya tante!

Yang aku jalankan dalam milih produk adalah yang kira-kira sesuai ama kita. Walau keliatannya gampang tapi effort untuk nulis review itu lumayan juga ternyata. Untuk datang ke bloggers gathering misalnya, kita harus ngeluangin waktu untuk datang, trus nyatet apa yang harus ditulis, dll. Kadang setor tulisan sampe mefeeeet deadline *sungkemmintamaap. Jadi kalau aku sebisa mungkin milih yang sesuai dengan tema blog, untuk family di blog ini dan untuk traveling di TurisKece, syukur-syukur kalo produknya yang memang bisa dinikmati sama anak-anak juga, misalnya mainan anak-anak. Jadi kita dateng ke event di mall sama keluarga, anak-anak dapet mainan, kita dapet fee. Enak kan? Alhamdu? lillah…

Satu hal yang aku berusaha adalah apapun yang aku review adalah emang bener kenyataannya gitu. Mencontoh dari para blogger top yang memang independent, nulis review ya apa adanya, gak dibuat-buat cuma karena dibayar.

Jadi setelah panjang lebar gini pasti kepo emang dibayar berapa sih? Jangan nanya rate aku lhaaaa maluuu.. kecuali kalo mau ngajuin kerjasama boleeeh kakaaa πŸ˜€ *lho ko ujung-ujung promosi haha. Tapi banyak kok bloggers yang rate card-nya terpampang nyata di pages blog nya. Sok ajah google ya kakak. Sekedar referensi sih, yang aku tau salah satu Top of the Top-nya blogger di endonesia inih, rate per post nya 5 juta rupiah ajah. Dengan traffic daily-nya pastinya lebih dari 5000 per hari. Manteb ya kak?

Advertisements

10 thoughts on “Monetize Your Blog (Part 2)

  1. Wah mantabh. Selama ini terima paid post ya terima aja. Kayaknya seru ya Mba kalo bisa dapet job dan blognya menghsilkan. Cuma ya jangan sampe paid post terus. Kemaren sempet ada ditawarin KOL tapi gakjadi. Blognya kurang rame. hahaha.. Makasih ya Mba infonya.. πŸ˜€

  2. Iti, share juga dong tentang pengalaman kerjasama dgn pihak penghubung blogger dengan klien. Soale ternyata ada juga yang gak prof lho. Malah temen gue ada yang gak dibayar sampe bertahun-tahun. Kalo gue gak separah itu sih. Paling pait adalah bayaran baru ditransfer sekitar 1thn setelah perjanjian. Itupun kudu gue kejar-kejar, hahaha πŸ˜€

    1. Buset lama amat ra 1th. gue paling lama 2-3 bulan sih.. itu juga jarang.. mungkin kita lebih selektif aja kali yah, kalo gak trusted gitu mending ga usah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s