Mom's Corner

Mompreneur : Smart Mom, Smart Entrepreneur with DELL

Setelah sejak 3 tahun lalu aku coba jualan online kecil-kecilan, terus sekarang mulai jualan online lagi (tapi barangnya beda haha), kok tapi rasanya aku gitu-gitu aja yah progressnya. Jangankan jadi entrepreneur, jadi online seller aja rasanya masih keteteran. Tapi aku penasaran juga dengan makin banyaknya para entrepreneur muda yang sukses di Indonesia, apalagi diantaranya banyak wanita yang sudah memiliki keluarga.

Dengan rasa kekepoan itulah aku semangat berangkat ke event Mommiesdaily hari Kamis kemarin, event Mompreneur : Smart Mom, Smart Entrepreneur with DELL dengan pembicara Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network dan Diajeng Lestari, Founder & CEO Hijup.com. Wow siapa sih yang gak kenal Hani sama Ajeng.

IMG_5464

Aku sendiri kagum banget ama Hani, kok ya bisa awalnya dari sebuah blog sekarang bisa jadi perusahaan dengan revenue milyaran rupiah. Acara dimulai dengan sharing Hani tentang awal mula membangun Female Daily. Hani sendiri mulai ngeblog tahun 2000 ketika masih kuliah di US, itu juga pakenya blog gratisan, tapi Hani udah mulai fokus membahas fashion & beauty. Dan akhirnya saat pulang ke Indonesia, Hani mencoba memulai Fashionese Daily tahun 2005. Siapa sangka ya 10 tahun kemudian membernya udah lebih dari 23.000 orang, udah punya kantor sendiri di kawasan Kemang dan punya beberapa orang karyawan. KEREN!

Hanifa Ambadar, CEO Female Daily (gambar dari sini)
Hanifa Ambadar, CEO Female Daily (gambar dari sini)

Lalu dilanjutkan dengan Diajeng, yang bercerita kalau ternyata dia ngerasa nggak nyaman kerja kantoran. Dia pikir dia pasti gak akan cocok berada di “system” (kantor) manapun, jadi dia memutuskan untuk membuat “system” sendiri. Semuanya berawal dari iseng lho. Ajeng berpikir udah banyak designer baju muslim di Indonesia, tapi dia menemukan ternyata mereka kesulitan untuk memasarkan, menjual dan memanage stock. Dari situ dia membuat Hijup.com, e-commerce B2C (Business to Customer) dengan konsep fashion mall yang khusus menjual barang-barang fashion wanita muslim di Indonesia. Dengan awal mula cuma 11 tenant dan gudang ukuran 3 x 3 meter aja. Sekarang? Udah lebih dari 120 tenant! WOW…

Diajeng Lestari, Founder & CEO Hijup.com (gambar dari sini)
Diajeng Lestari, Founder & CEO Hijup.com (gambar dari sini)

Success story kedua CEO ini juga bukan tanpa kendala. Hani bercerita kalau dulu betapa susah nyari klien untuk beriklan di FD, dan Ajeng pun dulu melakukan semua sendiri dari mulai beli gantungan baju sampai pemotretan. Gak jarang mereka dapet kritik tajam (tau sendiri dunia online memang kejam :D) tapi mereka kembali mengingat visi dan misi kenapa mereka mendirikan perusahaan masing-masing.

Sedikit tips dari Ajeng jika ingin menjadi entrepreneur adalah :

Honest, bahwa segala usaha yang kita lakukan bertanggung jawab dan jujur. Baik pada diri sendiri apakah benar ini passion kita, dan pastinya jujur kepada orang lain yang terkait dengan bisnis kita.

Innovative, lakukan inovasi yang akan menjadi unggulan dalam produk/jasa kita.

Just Do it, jangan kelamaan mikir. Stop thinking & talking about the money. Seek out opportunities & Just do it!

Unique, apa keunggulan produk/jasa kita dibanding kompetitor?

and last but not least is Pray, manusia hanya bisa berencana, tapi semua ditangan ALLAH. Selalu minta untuk ditunjukkan jalan yang terbaik.

Eh baru nyadar kelima tips tadi disingkat HIJUP. Hihi bisa aja ya mbak Ajeng..

Kalau Hani menyarankan untuk berbisnis kita harus menemukan Partner yang tepat. Aku pikir ini memang cukup penting. Untuk menjalankan per(usaha)an pasti harus dengan orang yang punya visi dan misi yang sama dong. Kalau nggak ntar yang satu kemana, satu lagi kemana. Begitu Hani bilang kata “partner” si mimin @ini_dhita langsung mention bilang “Duh mudah-mudahan kita jodoh terus ya partner”, bilangnya online padahal duduknya sebelahan hahaha.. namanya juga kita anak onlen 😛 Amin ya min.. Aku sama Dhita emang baru tahun ini nih coba buka kesempatan baru selain jadi travel bloggers kita sekarang nyobain jadi online seller juga, yang harapannya nantinya bisa jadi personal shopper. Tujuannya sih masih sama saat kita pertama bikin blog TurisKece.com, pengen jalan-jalan gratis XD *eaaaaaaa *misinyacetek *bancigratisan *yangpentinghalal *jualansis *jualankaka

Untuk mendukung aktifitas kita baik online maupun offline, kemarin DELL memperkenal produk unggulannya yang dirasanya paling praktis untuk emak-emak kaya kita : Inspiron I3 7000 Series 2-in-1 Laptop.

IMG_5466

IMG_5475

IMG_5469

Ini mah emang keren bingits, laptop tapi bisa jadi tablet, karena bentuknya bisa di flip, gak terlalu besar, ringan gak sampe 2kg, jadinya praktis dibawa-bawa. Kadang aku emang suka ribet sih kalo bawa laptop karena size nya yang besar. Padahal kegiatan aku sekarang juga menuntut bisa online dimana aja dan kapan aja. Dirumah itu tantangannya lebih besar deh daripada di kantor. Kalau di kantor kan kita bisa fokus di meja kita, kalau dirumah lebih banyak “interupsi” dari anak-anak. Tapi siapa sih Ibu yang gak happy punya waktu yang lebih fleksibel untuk anaknya, udah gitu bisa sambil cari penghasilan. Kalau kaya gitu memang tinggal menemukan tools yang tepat untuk membantu operasional kita. Asli jadi mupeng ini ama DELL Inspiron I3 7000 Series 2-in-1 hahahaha.. mari giat jualan demi laptop idaman dan jalan-jalan *teteup.

Thank you MommiesDaily for having us! Harus sering-sering nih ikutan sharing yang memotivasi gini, biar makin semangat jadi entrepreneur beneran!

IMG_5476

IMG_5488

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s