review

Mengusir Tamu Tak Diundang di Rumah Baru

Apa siy hal pertama yang harus dikhawatirkan kalau kita pindah rumah?
Takut gak betah? Pipa bocor, genteng bocor, PAM gak nyala, lampu putus, tetangga galau? Alhamdulillah baru seminggu ini kita nempatin rumah baru, dan semua kejadian yang aku sebutin tadi kejadian hahaha.. kecuali bagian takut gak betah, karena syukurnya kita semua betaaaah banget! Rumah ini rasanya menjawab semua kebutuhan kita selama ini.

 
Satu hal yang diluar dugaan sebenernya adalah serangga.
Aku gak terlalu khawatir deh kalau pipa bocor en the bre en the bre masih bisa diperbaiki, tapi kalau lalat sama nyamuk? Wahduh, susye, kontrolnya susah, kalau bawa penyakit apalagi, repot! Kok kebetulan daerah kompleks aku ini banyak lalat dan nyamuk. Tiap hari kita harus usaha ekstra untuk tutupin makanan, gelas, piring, buka jendela juga gak bisa terlalu bebas karena pagi sama malam kok banyak banget nyamuknya.

Trus entah kenapa ya, kok sasaran utama si nyamuk itu justru si adek. Aku emang digigitin juga sih, tapi kok Zayyan kayanya banyak bangeeet bekas gigitannya nyamuknya. Duh benci deh! Mending kalau cuma gatel, aku lebih ngeri kalau kena Demam Berdarah.

Beberapa usaha yang kita lakukan untuk mengatasi lalat dan nyamuk :

Menggunakan lantai dan furniture warna cerah
Memang kebetulan kita suka semua perabotan warna putih, karena selain menurut kita warna putih bagus dan modern, ternyata bisa cukup membantu untuk masalah perburuan nyamuk. Jadi keliatan kalau mau ditepok!


Menghindari tanaman dan kolam di dalam rumah
Padahal si Papa suka banget tanaman, dulu dirumah lama yang kita tinggalin ada kolam ikan dan tanaman-tanaman di dindingnya. Emang jadi asri sih, cuma pagi-pagi ini duilee banyak banget itu nyamuk di area kolam dan tanaman pot.

Buang genangan air
Sebisa mungkin meminimalisir kontur taman yang ada cekungan. Buang semua genangan air di pot, tanah, dll karena bisa jadi potensi sarang nyamuk.

Pencahayaan rumah
Beruntung dirumah sekarang hampir semua kacanya lebar, sehingga akses cahaya matahari cukup melimpah. Nyamuk sangat menyukai tempat gelap, lembab dan dingin, dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk akan meminimalisir nyamuk.

Gunakan Obat Nyamuk Elektrik
Kita menggunakan Baygon LE karena bebas asap dan bau menyengat. Biasanya saat sedang diluar kamar aku nyalakan dulu jadi saat kita kembali ke kamar sudah bebas nyamuk. Selain efektif mengusir nyamuk, Baygon LE juga irit penggunaannya.

Pasang Kasa Nyamuk
Nah ini proyek yang sedang berjalan, rasanya tiap hari aku kerjaannya kalo gak jadi tukang ya ke pasar 😀 Emang ribet ya kalau lagi pindahan. Tapi walau kuno, kasa nyamuk tuh lumayan efektif sih untuk mengurangi lalat dan nyamuk di dalam rumah.

Rasanya kita mau melakukan apapun ya biar si kecil tidur nyenyak, dan bebas penyakit.

Advertisements

5 thoughts on “Mengusir Tamu Tak Diundang di Rumah Baru

  1. Duh belum kelar ke send, tambah pake javan canopy (kelambu) jadi makin manis n sekalian kaya camping musim kering gini nyamuk emang gaharrr klo musim ujan javan canopy bisa di simpen karena jauh berkurang nyamuknya

  2. Hi Iti, salam kenal.. untuk ngusir nyamuk bisa dicoba taruh baskom diisi batang sereh dipotong2 kecil2 atau minyak sereh. Minyak sereh bisa juga ditetesin di obat pel utk ngepel rumah tp emang baunya gak enak sih. Lebih alami dan aman utk anak2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s