traveling

Perdana Antri Cashback di Travel Fair

Sudah beberapa kali ikutan jadi pemburu tiket promo di Travel Fair, dari mulai Garuda Indonesia Travel Fair, Singapore Airline Travel Fair, Kompas Travel Fair dan lain-lain tapi baru kali ini aku ikutan antri untuk mendapatkan cashback. Beberapa kali liat temen yang bolak balik antri cashback, tapi aku baru berani sekarang haha.. telat yah… Yabes sis.. ada yang sampe gelar tikar tidur di venue demi gelang cashback, sebagai emak-emak manja gue jiper lah kalo sampe nginep or dateng ke venue pagi buta.

Travel Fair memang jadi event yang di tunggu soalnya kita bisa mendapatkan harga tiket termurah sepanjang semester. Dan cashback-nya lumayan banget dari mulai 1-1,5juta/per tiket menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan airlines.

Terus gimana sih cara dapet tiket murah? harus dateng ke venue? ordernya di booth airlines? Oke, coba aku bahas satu-satu ya. Ini trik juga sih biar nanti klo ada temen yang nanya lagi gimana cara dpt tiket murah gue tinggal copas link kesini. Sekali dayung, blog stats berdebu ini terlampaui *nyahahaha.

Pertama, perlu di pahami kalau biasanya airlines memberikan harga murah di jam-jam tertentu, biasa mereka sebut happy hour. Tapi ada juga airlines yang nggak pake gimmick happy hour, jadi sebelum hunting baca dengan teliti syarat dan ketentuan mereka.

Caranya? jangan cari informasi dari Airlines, mereka pasti akan merujuk kita ke agen travel yang ikut serta dalam travel fair. Biasanya aku langsung ke agen langganan, atau search beberapa instagram agen untuk membandingkan harga. Nah, perlu di cermati agen akan menampilkan harga yang berbeda-beda, padahal airlines dan eventnya sama. Kenapa? Karena ada 2 tipe harga : dengan cashback dan tanpa cashback.

Lalu putuskan mau ambil cashback atau nggak. Ini penting karena menyangkut venue. Kalau mau harga tanpa cashback, kita gak perlu cape-cape ke venue. Cukup datang saja ke cabang agen travel terdekat. Kita udah bisa dapet harga promo kok. Nah kecuali kalau mau ambil cashback kita harus ke venue untuk ambil gelang cashback yang nanti bisa di redeem saat kita sudah melakukan pembelian tiket.

Okay, setelah tau kisaran harga segera tentukan 2 hal :

  1. Mau kemana
  2. Berangkat kapan

Ini cukup penting karena agen travel akan menanyakan 2 hal tersebut, di saat mungkin kita untuk nanya gitu aja udah antri giliran. Kebayang gak kalau depan kita nanya-nanya harganya lama banget, terus pake galau “duh saya mau ke london atau ke korea ya mba? bagusan mana sih mba? trus enaknya kapan ya kalau ke jepang, musim gugur tuh bulan oktober atau desember? eh jangan-jangan bagusan pas spring ya, bulan apa tuh? maret? aduh tapi saya gak bisa bulan Maret soalnya udah kadung bikin janji sama dokter kulit”. Terus kita yang denger di belakang udah gerah sambil ngeliatin dengan tatapan “Buruuuaaaan… Belanda sudah dekaaaat” (dalam arti yang sebenarnya maksudnya kite juga pengen buru-buru beli tiket promo ke Amsterdam yekan).

Nah, jadi lebih baik udah ngincer negara apa dan kisaran bulan apa demi kesejahteraan dan kenyamanan bersama. Lebih baik lagi kalau emang udah langganan sama agen travel tertentu, jadi nanya harga tiket di tanggal yang kita mau tinggal WA aja *sambil kipasan pake kipas bulu.

Kalau aku flownya gini :

Booking tiket di travel agent langganan, bilang kalau kita mau bayar di venue besok karena mau antri cashback —> besoknya antri cashback di venue —> bayar tiket —-> Redeem cashback ——> pulang dengan tiket di tangan dengan hati yang bahagia.

Kayanya simple ya, tapi sungguh agak drama juga. Karena antrian cashback itu biasanya panjaaaang banget. Kenapa aku kali ini mau antri? Soalnya venue-nya di mall deket rumah, di Puri Indah Mall. Terus pas banget credit card yang kerjasama itu kita punya 2 kartu. Dan denger-denger di hari pertama jam 12 siang aja masih ada yang bisa dapet gelang cashback jadi aku cukup pede sih nggak perlu pake nginep.

Jadilah setelah booking tiket ke travel agent langganan, besoknya jam 7 pagi aku antri gelang cashback. Masih manusiawi banget. Mungkin karena ini pertama kalinya Cathay Pasific bikin Travel Fair offline, karena sebelumnya cuma online aja. Mana ada free flow Starbucks loh.. Kalau cashback GATF atau SQTF gue udah nyerah duluan sama panjang antriannya.

Jam 8 pagi, gelang mulai di bagikan.
Jam 9 pagi, gelang sudah di tangan.

Perjuangan antri 2 jam terbayar sudah? Belum.

Karena setelah kita dapat gelang, terus bayar tiket yang sudah di booking, kita harus antri lagi di booth redeem cashback dan itu kembali panjaaaang dan mengular. Siyal, tau gitu gue sendiri aja tadi bayar di agen, terus si Papa mencar antriin di booth redeem cashback. Gpp, lesson learned ti buat next time. Alhasil kita berdua jadi makan siang jam 3 sore. Terus selonjoran kaki di restoran saking udah mati rasa. Umur emang gak bohong, tapi gapapa kok seru :))

Oiya untuk CXTF ini, 1 card bisa buat 2 gelang cashback. Sedangkan aku sama Papa punya masing-masing 1 kartu, jadi dengan 2 kartu kita bisa dapet 4 gelang cashback deh, #ibubijak dan #bapaksayanganak banget kan :)) Syarat dan tier cashback-nya bisa di cek di website bank partner. Biasanya beda-beda tiap event. Kemarin aku bisa dapet cashback 1,5jt/gelang. Jadi kita 4 gelang kemarin dapet total 6 juta cashback. Lumayan banget.

Emang harus booking tiket duluan ya baru antri gelang cashback? Sebenernya bisa aja sih kita antri gelang duluan, abis itu baru booking tiket. Asalkan transaksi bisa selesai hari itu juga karena gelang cashback hanya berlaku di hari yang sama. Masalahnya gimana kalau ternyata kita gak dapet tiket dengan harga dan waktu yang kita mau? padahal gelang udah di tangan. Udah cape-cape antri taunya tiketnya gak ada.

Demikian cerita perdana antri ria di travel fair. Semoga jadi membangkitkan semangat traveling ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s